Gambar Ikan Air Tawar

Ikan Air Tawar

Ikan Air Tawar – Indonesia memiliki banyak sekali spesies air tawar, mulai dari ikan konsumsi, sampai ikan hias. Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja ikan air tawar yang sering ditemui di Indonesia, kami akan mengulas ya di bawah ini.

 

Daftar Ikan Air Tawar Konsumsi

 

Ikan Lele

 

Lele merupakan ikan konsumsi yang populer di kalangan masyarakat, tak heran sekarang banyak orang berlomba-lomba membudidayakannya. Selain karena dagingnya yang lembut dan lezat harga ikan lele yang murah membuat banyak orang memilih ikan ini.

 

Ikan Patin

 

Ikan dengan tubuh memajang berwarna putih perak dan kebiruan di bagian punggungnya ini merupakan ikan asli Indonesia. Banyak orang mengkonsumsi ikan patin dan mengolahnya menjadi masakan yang enak dan lezat. Harga ikan patin di pasaran juga tidak terlalu mahal.

 

Ikan gurame

 

Ikan bertubuh pipih dan melebar ini juga termasuk salah satu ikan air tawar yang disukai banyak orang. Gurame memiliki daging yang sangat padat dan duri yang cukup besar. Karena durinya cukup besar, sobat dapat dengan mudah memisahkannya dari daging ikan.

 

Ikan Mas

 

Ikan mas air tawar memiliki 2 jenis, yakni ikan mas konsumsi dan ikan mas hias. Untuk ikan mas konsumsi tubuhnya tegak dan pipih denhan ukuran sisik yang normal dan sirip yang panjang. Tekstur dagingnya yang lembut sangat cocok diolah menjadi gulai dan pepes.

Baca Juga :  Jenis Ikan Laut

 

Ikan Bawal

 

Ikan yang bertubuh pipih dan lebar dengan tubuh berwarna hitam dan oranye ini masih satu keluarga denhan ikan piranha. Bawal memiliki daging yang cukup tebal dan duri halus yang cukup banyak. Jadi sobat harus berhati-hati saat mengkonsumsinya.

 

Ikan Mujair

 

Banyak orang menyukai ikan ini karena rasanya yang sangat enak jika dimasak. Ikan ini banyak terdapat di perairan air tawar, namun ikan ini juga dapat hidup di air payau. Sekarang sudah banyak orang yang membudidayakan ikan mujair dan menghasilkan ikan yang berkualitas.

 

Ikan Sidat

 

Jenis ikan yang satu ini memiliki tubuh seperti ikan belut, bahkan banyak orang sering kali tertukar antara ikan sidat dan belut. Perbedaannya adalah ikan sidat memiliki kepala yang pipih dan kumis yang pendek. Sedangkan belut memiliki kepala dan kumis yang cenderung runcing ke depan.

 

Ikan Gabus

 

Sobat dapat menjumpai ikan ini dengan mudah di sungai, rawa, dan danau. Ikan ini memiliki tubuh yang cukup besar dengan kepala menyerupai kepala ular. Tubuhnya berwarna hitam keabuan dan terdapat bercak putih di seluruh tubuhnya. Selain karena dagingnya uang gurih dan lembut, banyak orang mencari ikan ini karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

 

Ikan Nila

 

Ikan ini masih satu keluarga dengan ikan mujair, sehingga bentuk tubuh dan warnanya sangat mirip dan banyak orang kesulitan membedakannya. Harganya yang cukup terjangkau membuat ikan ini menjadi ikan favorit banyak orang.

 

Ikan Tawes

 

Jenis ikan ini memiliki tubuh yang cukup besar dan daging yang cukup tebal. Ikan tawes atau ikam lawak ini banyak ditemukan di sungai, anak sungai, hingga waduk. Tawes akan sangat lezat saat diolah menjadi pecak, ikan tawes pedas manis, ikan tawes goreng dan ikan tawes bakar.

 

Daftar Ikan Hias Air Tawar

 

Ikan Pelangi (Rainbow Fish)

 

Seperti namanya, ikan ini memiliki tubuh yang penuh warna seperti pelangi. Banyak pecinta ikan hias mencari ikan ini karena corak ya yang indah, namun ikan ini sudah mulai langka. Meski begitu, harga ikan ini sangat murah dan terjangkau.

Baca Juga :  Harga Ikan Mujair

 

Ikan Black Ghost

 

Ikan hias yang satu ini memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya dengan sedikit warna putih di kepala dan ekor. Jenis ikan ini memiliki sifat pemalu dan pendiam, bahkan ikan ini sering menghabiskan waktunya untuk bersembunyi.

 

Ikan Buntal Kerdil

 

Jenis ikan ini berasal dari India, ikan ini memiliki ciri bertubuh kecil dengan bola mata yang cukup besar. Meski kecil, ikan ini sangat aktif bahkan terkadang ia menyerang ikan yang lebih besar.

 

Ikan Neon Tetra

 

Ikan yang dapat menyala saat terkena cahaya ini sangat ikonik di kalangan pecinta aquascape. Memelihara ikan ini dalam jumlah banyak juga dapat menambah keindahan aquarium karena ikan ini gemar bergerombol.

 

Ikan Guppy

 

Ikan kecil dengan corak warna yang menarik ini juga sangat cocok untuk menghias aquascape. Banyak orang yang merekomendasikan ikan ini setelah ikan neon tetra.

 

Ikan Cupang

 

Ikan ini merupakan ikan yang paling populer dan pastinya sudah tidak asing lagi. Karena perawatannya yang mudah, banyak orang akhirnya memilih untuk membudidayakan ikan ini. Sobat dapat dengan mudah menemukannya di toko ikan hias, pasar, bahakan di pinggir jalan.

 

Ikan Molly

 

Ikan ini memiliki tubuh yang bundar dan buncit, sehingga ia sering disebut ikan balon. Jenis Ikan ini bersifat kalem dan tidak menyerang ikan lainnya, jadi sobat dapat menggabungkannya dengan ikan hias lain. Harga ikan ini juga sangat murah dan ramah di kantong.

 

Ikan Platy

 

Ikan mungil yang satu ini juga memiliki sifat cinta damai yang membuatnya banyak dipilih orang. Jenis ikan ini juga cocok untuk sobat yang masih belajar memelihara ikan hias karwna ikan ini dapat mudah beradaptasi dan kebal terhadap penyakit.

 

Ikan Mas Koki

 

Ikan cantik dengan perut yang buncit ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Harga ikan ini juga cukup murah dan banyak terdapat di toko ikan hias.

Baca Juga :  Ikan Botia

 

Ikan Louhan

 

Ikan dengan jenong di kepalanya ini banyak menarik perhatian pecinta ikan hias. Banyak orang bahkan menyebut ikan ini ikan jenong. Namun ikan yang bagus adalah yang jenongnya ideal, karena jika terlalu besar kecantikan dan harganya akan menurun.

 

Ikan Oscar

 

Jenis ikan ini masuk ke keluarga chicild yang merupakan ikan rakus dana akan memakan apapun yang ada di sekitarnya. Corak warnanya yang cantik membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Harga ikan ini juga cukup tinggi namun masih cukup terjangkau.

 

Ikan Arwana

 

Ikan dengan corak warna yang indah ini merupakan ikan hias predator purba yang paling populer. Arwana merupakan ikan yang sangat agresif dan gemar memakan ikan kecil di sekitarnya. Banyak orang memelihara ikan ini karena dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

 

Ikan Aligator

 

Jenis ikan ini memiliki tubuh yang unik, yakni menyerupai buaya. Sobat perlu menempatkannya pada aquatium yang cukup luas karena ikan ini dapat tumbuh hingga 1 meter.

 

Ikan Datnoid

 

Ikan predator yang cantik dan menarik ini memiliki corak warna kuning dan hitam layaknya harimau. Oleh karena itu, banyak orang menyebut ikan ini ikan tigerfish. Ikan ini sangat agresif, ia dapat menyerang ikan yang berukuran lebih kecil darinya. Bahkan ikan ini tidak segan untuk bertarung dengan ikan yang seukuran dengannya.

 

Ikan Tiger Shovelnose Catfish (TSN)

 

Ikan yang masih satu keluarga dengan ikan lele ini memiliki tubuh yang sangat kecil dan cantik. Namun ikan ini bersifat ganas dan dapat memakan ikan lainnya yang dapat masuk ke mulutnya. Saat dewasa ikan ini dapat tumbuh hingga 1 meter.

 

Ikan Arapaima Gigas

 

Jenis ikan yang satu ini merupakan ikan predator terbesar yang ada di dunia saat ini. Belakangan ini banyak yang menjadikan monster air tawar ini sebagai ikan hias. Ikan ini juga memiliki harga jual yang sangat tinggi.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.