Gambar ikan Tawes

Umpan Ikan Tawes

Umpan Ikan Tawes – banyak pemancing yang memburu ukan tawes karena rasanya yang lezat. Untuk memancingnya, tentu saja membutuhkan umpan yang ampuh. Nah, bagi sobat yang penasaran dengan berbagai umpan ikan yang ampuh, kami akan mengulas ya di bawah ini.

 

Daftar Umpan Ikan Tawes Alami dan Racikan

 

Jangkrik

 

Jangkrik dapat dijadikan sebagai umpan untuk memancing ikan tawes karena aroma amisnya yang khas dan menyengat. Dengan jangkrik, sobat dapat menarik perhatian ikan tawes dengan lebih cepat.

 

Belalang Sawah

 

Belalang sawah juga dapat menjadi umpan yang cocok untuk memancing ikan tawes. Sobat dapat mencarinya di sekitar sawah atau membelinya di penjual umpan, meski cukup jarang ditemui.

 

Cacing

 

Cacing memang sudah menjadi umpan yang wajib dipersiapkan saat memancing ikan. Hampir semua ikan menyukai cacing, termasuk ikan tawes. Mendapatkannya juga cukup mudah, sobat dapat mencarinya sendiri atau membeli di toko umpan.

 

Laron

 

Jenis umpan selanjutnya adalah laron, namun umpan ini tidak tersedia di semua musim. Biasanya laron hanya muncul saat peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

 

Kroto

 

Dari dulu, sudah banyak yang menggunakan kroto atay telur semut rangrang ini sebagai umpan untuk memancing. Sayangnya, sekarang kroto sulit untuk dicari karena populasinya berkurang drastis. Kroto biasanya dicampurkan dengan pelet dan umpan kukus/putih.

Baca Juga :  Harga Ikan Baronang

 

Lumut

 

Ikan tawes sangat menyukai lumut karena merupakan makanan alaminya. Kami sarankan untuk mencampur lumut dengan essen atau garam untuk melembutkan teksturnya agar tidak kasar.

 

Usus atau Jeroan Ayam

 

Bau amis yang khas dari pakan ini membuatnya sangat ampuh. Sebaiknya gunakan pakan ini di area yang airnya jernih dan jangan digunakan di area yang keruh dan kotor.

 

Mie Instan

 

Mie instan juga dapat menjadi umpan alternatif untuk memancing ikan tawes. Untuk membuatnya sobat hanya perlu menghaluskan mie, kemudian tambahkan air panas secukupnya. Kemudian terus remas hingga mengental.

 

Tempe + Putih Telur Mentah + Terigu

 

Racikan ini juga tergolong ampuh untuk memancing ikan tawes. Cukup campurkan bahan tersebut, lalu aduk hingga lembut dan merata sampai pulen dan bisa dibentuk.

 

Biskuit Klik + Kuning Telur Bebek

 

Umpan racikan ini sangat ampuh untuk memancing ikan tawes. Berikut bahan dan cara membuatnya:

 

Bahan:

 

  • 2 bungkus biskuit klik
  • 1 butir kuning telur bebek matang

 

Cara membuat:

 

  1. Masukkan semua bahan ke dalam wadah
  2. Tambahkan sedikit air panas
  3. Aduk adonan sampai pulen

 

Sobat sekalian dapat melihat daftar umpan ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.