Gambar Ikan Lele

Harga Ikan Lele

Harga Ikan Lele – jenis ikan air tawar yang satu ini sangat digemari masyarakat karena selain rasanya yang enak, ikan ini mudah didapatkan dan harganya tergolong murah. Pada hari-hari biasa, harga ikan lele cenderung stabil dan hanya akan naik jika terdapat banyak permintaan atau karena besarnya biaya transportasi.

 

Nah,bagi sobat yang penasaran dengan harga lele dari berbagai jenis yang ada, kami akan ulas harga ikan lele di bawah ini. Sebelum itu, ada baiknya sobat sekalian mengetahui aneka jenis ikan lele yang ada di pasaran, diantaranya:

 

Jenis-Jenis Ikan Lele

 

Ikan Lele Lokal

 

Lele lokal atau lele jawa ini asli berasal dari Indonesia. Ikan dari spesies Clarias Batrachus ini memiliki rasa daging yang gurih, empuk, dan berlemak. Namun pertumbuhan lele ini lebih lambat dari jenis lele lainnya.

 

Ikan Lele Dumbo

 

Lele dumbo merupakan saingan terberat bagi ikan lele lokal. Pertumbuhan lele dumbo sangat cepat, dapat dipijahkan sepanjang tahun dan tahan terhadap penyakit. Namun tekstur daging lele dumbo lebih lembek daripada lele lokal yang bertekstur padat.

 

Ikan Lele Sangkuriang

 

Lele sangkuriang berasal dari persilangan balik (back cross) jenis lele dumbo. Ikan ini dinilai lebih menguntungkan karena lebih produktif dan harganya yang selalu di atas lele dumbo.

 

Ikan Lele Masamo

 

Jenis ikan lele ini merupakan hasil dari pengembangan 7 genetik strain yang berbeda dari berbagai negara. Lele jenis ini memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, lebih tahan penyakit, dan lebih hemat pakan.

Baca Juga :  Logo Resmi HUT RI ke 77 2022

 

Ikan Lele Phyton

 

Jenis lele ini berasal dari inisiatif peternak lele yang menyilangkan ikan lele dumbo f6 jantan dengan ikan lele betina Thailand. Lele jenis ini memiliki ketahanan untuk hidup di cuaca dingin.

 

Ikan Lele Mutiara

 

Lele mutiara juga jenis yang cukup populer di kalangan pembudidaya ikan. Ikan ini merupakan hasil persilangan strain ikan lele mesir,lele phyton, lele dumbo, dan lele sangkuriang.  Lele mutiara merupakan jenis lele terbaik saat ini, yang kualitasnya di atas rata-rata ikan lele lain.

 

Ikan Lele Albino

 

Lele albino atau lele bule ini memiliki sel kulit yang berwarna putih. Ini merupakan jenis lele yang dijadikan sebagai ikan hias dan bukan untuk dikonsumsi. Lele jenis ini lebih susah dibudidayakan sehingga harganya cenderung mahal.

 

Manfaat Ikan Lele

 

  • Memperbaiki jaringan otot
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengurangi depresi
  • Mencegah anemia
  • Meringankan persendian
  • Menyehatkan mata
  • Melindungi paru-paru

 

Sebelum membeli ikan lele, alangkah baiknya sobat sekalian mengetahui tips memilih ikan lele sebagai berikut:

 

  1. Warna ikan cerah dan tidak pucat
  2. Tidak ada bekas luka
  3. Tubuh ikan tidak kaku
  4. Pilih ikan denhan daging yang padat
  5. Jika ada, pilihlah lele yang masih hidup

 

Daftar Harga Ikan Lele

 

JENIS LELE HARGA PER KG
Lele Lokal Rp 15.000 – Rp 25.000
Lele Dumbo Rp 18.000 – Rp 26.000
Lele Sangkuriang Rp 17.000 – Rp 25.000
Lele Masamo Rp 19.000 – Rp 27.000
Lele Python Rp 20.000 – Rp 28.000
Lele Mutiara Rp 20.000 – Rp 25.000
Lampung Rp 700.000 – Rp 900.000
Baca Juga :  Ikan yang Bertelur

 

Sobat sekalian dapat melihat daftar harga ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.