Gambar Ikan Laut

Jenis Ikan Laut

Jenis Ikan Laut – negara Indonesia memiliki wilayah maritim yang sangat luas dan sumber dala lautnya sangat melimpah. Banyak jenis ikan laut yang tersebar di seluruh Indonesia dadi Sabang sampai Merauke.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja jenis ikan laut yang sering ditemui di Indonesia, kamu akan mengulasnya di bawah ini.

 

Daftar Jenis Ikan Laut di Indonesia

 

Ikan Tongkol

 

Jenis ikan yang satu ini memang sangat populer fan pastinya sudah tidak asing di telinga sobat sekalian. Masyarakat Indonesia banyak yang menyukai dan mengkonsumsi ikan ini. Selain ikan segar, olahan dari ikan tongkol juga beragam, seperti ikan asin, ikan asap (fufu), dan asin rebus (pindang).

 

Ikan Bandeng

 

Tidak hanya di Indonesia, ikan ini juga populer di Asia Tenggara. Sobat dapat dengan mudah menemukan ikan yang hidup di air payau dan pantai ini di pasar dan supermarket. Meski harga ikan di supermarket lebih mahal, namun ini sebanding dengan kualitas yang diberikan.

 

Ikan Bawal

 

Bawal juga merupakan ikan air payau, ia dapat hidup di air tawar dan juga air laut. Selain rasanya yang lezat, ikan bawal memiliki banyak gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Biasanya ikan ini dipasarkan dalam keadaan segar dengan harga yang cukup tinggi.

Baca Juga :  Ikan Pembersih Aquarium

 

Ikan Kembung

 

Ikan yang satu ini masih satu keluarga dengan ikan tuna, ikan cakalang, dan ikan tongkol, hanya saja tubuhnya lebih kecil. Harga ikan kembung di pasaran juga relatif murah dan terjangkau. Biasanya orang-orang mengolah ikan ini menjadi ikan kembung goreng, pepes, atau pesmol ikan kembung.

 

Ikan Tenggiri

 

Jenis ikan ini juga sangat terkenal di Indonesia dan sudah menjadi komoditas ekspor. Ikan ini memiliki citarasa yang lezat yang membuat banyak orang menyukainya. Biasanya ikan tenggiri diolah menjadi pempek, tahu, bakso, kerupuk, siomay, tekwan, otah-otak, dan lain sebagainya.

 

Ikan Sarden

 

Ikan sarden pastinya sangat identik dengan ikan kalengan, namun ikan sarden segar memiliki citarasa yang berbeda. Kandungan gizi ikan segar akan lebih baik karena belum mengalami proses pengolahan. Ikan sarden segar juga tidak mengandung pengawet dan zat kimia lainnya, sehingga akan lebih sehat.

 

Ikan Salmon

 

Banyak masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi dan mengolah ikan salmon menjadi masakan yang lezat. Ikan salmon juga dikenal sebagai sumber protein yang baik dan memiliki kandungan omega 3 yang dapat meningkatkan kemampuan daya ingat otak.

 

Ikan Teri

 

Meski berukuran kecil, namun ikan teri memiliki banyak manfaat, seperti baik untuk jantung, tulang, dan dapat mengatur kadar gula darah. Ikan teri banyak terdapat di pasar dalam kondisi segar, kering, maupun berupa olahan ikan asin.

 

Ikan Kakap

 

Ada dua jenis ikan kakap di pasaran, yakni ikan kakap putih dan ikan kakap merah. Ikan kakap merah memiliki harga yang lebih murah dan lebih mudah didapatkan. Chef profesional  juga lebih memilih ikan kakap merah karena lebih mudah untuk memasaknya dan memadukannya dengan berbagai bumbu.

Baca Juga :  Harga Ikan Bandeng

 

Ikan Tuna

 

Indonesia merupakan salah satu penghasil ikan tuna terbesar di dunia, tak heran ikan ini menjadi komoditas ekspor yang menggiurkan. Selain sebagai bahan sushi dan sashimi, banyak orang mengolah ikan tuna dengan kuah kuning, saus teriyaki, sup, saus tiram, tongseng, dan bumbu balado.

 

Ikan Cakalang

 

Tubuhnya yang mirip dengan ikan tongkol dan warnanya yang lebih cerah membuat banyak orang menyebut ikan ini ikan tongkol putih. Namun sobat dapat mudah membedakannya, karena ikan ini memiliki tubuh yang lebih berisi daripada ikan tongkol.

 

Ikan Kerapu

 

Jenis ikan laut dengan rasa yang lezat dan gurih ini juga memiliki banyak peminat. Banyak yang menjual ikan ini dalam keadaan segar, kering, dan asinan denhan harga yang beragam.

 

Ikan Makarel

 

Makarel juga menjadi salah satu ikan laut yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Ikan berukuran kecil panjang ini memiliki asam lemak omega 3 dan omega 6 yang cukup tinggi. Selain dalam keadaan segar, banyak yang menjual ini dalam bentuk fillet, asinan, dan ikan kering.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.