Gambar Iakan Nila

Harga Ikan Nila

Harga Ikan Nila – ikan nila adalah salah satu jenis ikan yang banyak banyak diminati dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini berasal dari benua Afrika bagian timur pada tahun 1969 dan masih satu kerabat dengan ikan mujair. Harganya yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

 

Kemampuan beradaptasi yang tinggi membuat ikan ini dapat hidup di lingkungan yang ekstrim. Ikan ini juga berpotensi menjadi ikan invasif seperti ikan mujair jika dilepas ke perairan alami alami. Nah, bagi sobat yang ingin membeli ikan nila di pasaran, kami akan ulas harga ikan nila di bawah ini.

 

Sebelum itu, ada baiknya sobat sekalian mengetahui aneka jenis ikan nila yang ada di pasaran, diantaranya:

 

Jenis-Jenis Ikan Nila

 

Ikan Nila GIFT

 

Nila GIFT (Genetic Improvement of Farmed Tilapia) merupakan nila pertama yang dibudidayakan pada tahun 1987. Ikan nila jenis ini berasal dari persilangan ikan nila Kenya, Israel, Senegal, Ghana, Singapura, Thailand, Taiwan, dan Mesir. nila ini memiliki keunggulan dari segi pertumbuhannya.

 

Ikan Nila Gesit

 

Jenis ikan nila ini banyak diminati pembudidaya ikan karena dikenal subur dan tidak mudah mati. Induk nila gesit dalat melahirkan larva jantan dengan presentase bertahan hidup mencapai 98%.

 

Ikan Nila BEST

 

Nila BEST (Bogor Enhanced Strain Tilapia) lahir dari hasil seleksi 4 strain, yakni nila lokal, nila danau tempeh, nila GIFT generasi 3, dan nila GIFT generasi 6 pada tahun 2008. Selain memiliki keunggulan pada segi pertumbuhan, kan ini dapat bertahan di lingkungan yang buruk dan tahan penyakit. Ikan ini juga lebih gesit dari jenis ikan nila lain.

Baca Juga :  Umpan Ikan Nila

 

Ikan Nila Merah

 

Nila merah juga populer di kalangan masyarakat, ikan ini memiliki tubuh berwarna merah denhan garis hitam di siripnya. Rasa nila ini lebih gurih jika dibandingkan dengan nila lokal. Namun pembudidayaannya masih tergolong langka sehingga harga nilai merah di pasaran cenderung mahal.

 

Ikan Nila Hitam 69

 

Nila jenis ini berasal dari negara Taiwan. Ikan nila ini memiliki tubuh dengan sisik yang didominasi warna hitam dan keabu-abuan. Jenis nila ini memiliki mampu tumbuh dan berkembang biak di air denhan pH 5.

 

Ikan Nila Larasati

 

Jenis nila ini merupakan hasil persilangan dari ikan nila hitam dan ikan nila merah. Ikan nila ini dapat berkembang biak dalam kurun waktu yang singkat. Kualitas daging ikan nila ini juga jauh lebih baik dari jenis ikan nila lainnya.

 

Ikan Nila Nirwana

 

Nila nirwana berasal dari hasil perkembangan yang dilakukan balai benih ikan Wanayasa di Purwakarta, Jawa Barat. Ikan ini memiliki pertumbuhan yang cukup cepat, yang dapat mencapai bobot 1kg dalam waktu 6 bulan.

 

Manfaat Ikan Nila

 

  • Membantu pertumbuhan
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Membantu kerja otak
  • Menjaga berat badan
  • Mencegah kanker prostat

 

Sebelum membeli ikan nila, alangkah baiknya sobat sekalian mengetahui tips memilih ikan nila sebagai berikut

 

  1. Pilih nila dengan mata terang dan jernih
  2. Nila segar akan memiliki insang berwana merah segar
  3. Kulit dan sisik nila segar terlihat mengkilap dan terang

 

Daftar Harga Ikan Nila

 

Nama Daerah Harga
Jakarta Rp 25.000
Bali Rp 25.000
Balikpapan Rp 24.500
Semarang Rp 25.000
Malang Rp 24.000
Batam Rp 26.500
Samarinda Rp 25.000
Lampung Rp 24.000
Padang Rp 23.000
Tanggerang Rp 23.500
Baca Juga :  Ikan Louhan Stres

 

Daftar Harga Bibit Ikan Nila

 

Ukuran Jumlah (Ekor) Harga
2-3 cm 8000 Rp 1.250.000
3-4 cm 6000 Rp 1.250.000
3-5 cm 5000 Rp 1.300.000
4-6 cm 4000 Rp 1.300.000
5-7 cm 3000 Rp 1.350.000

 

Sobat sekalian dapat melihat daftar harga ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.