Jawaban Ayo Buat Aktivitas 3.4 IPA Halaman 103 Kelas 7

Jawaban Ayo Buat Aktivitas 3.4 IPA Halaman 103 Kelas 7

Jawaban Ayo Buat Aktivitas 3.4 IPA Halaman 103 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Ayo Buat Aktivitas 3.4” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB III. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Suhu, Kalor dan Pemuaian.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 103 Kelas 7

Ayo Buat Aktivitas 3.4

Saat salah satu bagian diberikan panas dari api, ke arah mana pita membangkok? Mengapa pita ganda tersebut (bimetal buatan) membengkok ketika dipanaskan? Jika pita tunggal yang dipanaskan, akan membengkokkah? Apa yang akan terjadi jika dua potong yang sama jenisnya ditempelkan satu dengan yang lain dipanaskan?

Jawaban

Pemuaian dapat terjadi pada zat padat, cair dan gas. Sebuah logam atau benda yang dipanaskan pada suhu tertentu akan mengalami pemuaian. Pemuaian tersebut dapat berupa pemuaian Panjang, luas dan volume.
Pemuaian panjang adalah yang terjadi pada satu bagian sisi pada benda, misalnya pemuaian yang
terjadi pada panjang suatu logam.
Pemuaian luas adalah pemuaian yang terjadi pada kedua arah sisi-sisi benda. Pemasangan pelat-pelat
logam selalu memperhatikan terjadinya pemuaian luas. Pemuaian luas memiliki koefisien muai sebesar dua kali koefisien muai panjang.
Pemuaian ruang atau volume memiliki koefisien muai tiga kali koefisien muai panjang.
Jika dikaitkan dengan pertanyaan diatas, bimetal buatan akan mengalami pemuaian jika dipanaskan dan akan melengkung. Bimetal akan melengkung ke bawah apabila koefisien muai logam bagian atas lebih besar dari koafisien bagian bawah, begitu pula sebaliknya.

Baca Juga :  Jawaban Post Test Modul 1 Merdeka Belajar

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Ayo Buat Aktivitas 3.4 IPA Halaman 103 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Buku Siswa IPA Halaman 83 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 91 Kelas 7
Jawaban Percobaan Aktivitas 3.3 IPA Halaman 95 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 99 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *