Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 91 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 91 Kelas 7

Jawaban Uji Kemempuan IPA Halaman 91 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Mari Uji Kemampuan Kalian” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB III. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Suhu, Kalor dan Pemuaian.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 91 Kelas 7

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Mengapa telapak atau punggung tangan tidak dapat mengukur suhu bagian tubuh secara pasti?

Jawaban

pengukuran suhu tubuh menggunakan telapak tangan atau punggung tangan tidak tepat karena jauh dari suhu tubuh inti. Akibatnya, hasil pengukuran suhu tubuh menjadi tidak akurat.
Penjelasan
Sedangkan suhu tubuh adalah ukuran dari kemampuan tubuh dalam menghasilkan dan menyingkirkan hawa panas. Suhu tubuh bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya suhu lingkungan. Tinggi atau rendahnya suhu tubuh seseorang juga bisa menjadi indikator kondisi kesehatannya
Dalam hal ini berkaitan dengan pertanyaan, mengapa telapak atau punggung tangan tidak dapat mengukur suhu bagian tubuh secara pasti? Suhu merupakan ukuran kuantitatif terhadap temperatur panas dan dingin, diukur dengan termometer. Kulit tidak bisa menjadi alat ukur suhu yang baik karena bersifat kualitiatif sehingga tidak dapat menentukan secara pasti tingkat tinggi atau rendah suhu suatu benda secara kuantitatif. Disamping itu juga karena tingkat metabolisme dan mekanisme sirkulasi darah tiap individu berbeda, maka mengukur suhu badan seseorang dengan punggung atau telapak tangan menjadi tidak akurat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 199 Kelas 10

2. Gunakan alat ukur suhu yang kalian punya di rumah atau di sekolah. Ukurlah berapa besar suhu di dalam ruang saat ini? Ubahlah ke skala Fahrenheit.

Jawaban

Misal: suhu di sekolah adalah 30°C, maka suhu dalam Fahrenheit:
tF = 9/5tF + 35
= (9/5 x 30) + 32
= 54 + 32 = = 86°C

3. Gambarkanlah skala perbandingan termometer buatan kalian sendiri dengan skala termometer Celcius, Fahrenheit, dan Kelvin.

Jawaban

Untuk jawaban soal nomor  3 dapat bervariasi sesuai dengan hasil karya yang telah dibuat masing-masing siswa.

4. Ukurlah suhu ruangan kelas dengan menggunakan termometer buatan kalian sendiri.

Jawaban

Jawaban soal nomor 4 dapat bervariasi sesuai dengan hasil karya yang telah dibuat masing-masing siswa.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 91 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 60 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 60 Kelas 7
Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 65 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 1 IPA Halaman 67 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 67 Kelas 7
Jawaban Ayo Identifikasi IPA Halaman 84 Kelas 7
Jawaban Buku Siswa IPA Halaman 83 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *