Kunci Jawaban Sifat dan Difusi Zat

Berikut.id – Kunci Jawaban Sifat dan Difusi Zat. Teman, kalian sudah mempelajari tentang sifat-sifat zat dan juga difusi yang terjadi pada zat cair. Untuk menggali pengetahuan kalian tentang hal-hal yang sudah kita pelajari, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

 

Kunci Jawaban Sifat dan Difusi Zat.

Kunci Jawaban Sifat dan Difusi Zat

1. Jelaskanlah peristiwa-peristiwa di bawah ini dari segi keadaan partikel-partikelnya.

a. Kalian tidak dapat menghancurkan baja dengan tangan kalian.

Jawaban: Tangan tidak bisa menghancurkan baja karena tangan bersifat lunak dan baja bersifat keras

b. Susu dapat mengalir dan mengikuti bentuk gelas atau cangkir atau termos.

Jawaban: Susu bersifat cair yang dapat mengikuti bentuk wadahnya

c. Kalian dapat merasakan hembusan angin di wajah kalian.

Jawaban: Angin bisa menembus karena gas gas yang dapat membuat kita merasakanya

 

2. Apakah difusi terjadi lebih cepat dalam cairan atau gas? Jelaskan.

Jawaban: Difusi atau pembauran ialah peristiwa berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari konsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Difusi dapat terjadi lebih cepat dalam gas karena partikel gas bergerak lebih secara acak lebih cepat dan menyebar ke berbagai bagian dalam ruangan yang ditempati. Tumbukan antara partikel lebih sering terjadi dibandingkan pada zat cair.

 

3. Apabila gula pasir dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, apa yang terjadi? Apakah gula pasir termasuk zat padat atau zat cair? Jelaskan alasan kalian.

Jawaban: Apabila gula pasir dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, yang terjadi adalah gula pasir sebagai suatu kesatuan tidak akan berubah bentuk sesuai dengan wadahnya namun sebagai satuan gula pasir, tidak ada perubahan bentuk sehingga gula pasir termasuk zat padat.

 

Baca Juga :  Tahapan-tahapan dalam Metode Ilmiah (Part 3)

4. Bayangkanlah kalian dan teman-teman kalian adalah partikel air. Buatlah cerita tentang diri kalian, mulailah dengan wujud air sebagai zat padat atau es, uraikanlah perubahan yang terjadi pada diri kalian saat kalian berubah menjadi cair dan kemudian kalian berubah wujud menjadi gas.

Jawaban: Perubahan cair ke padat merupakan suatu istilah membeku, dan membuat susunan partikel dari sebuah air menjadi lebih rapat atau padat. Sedangkan, perubahan cair ke gas akan membuat susunan partikel menjadi lebih berjauhan atau renggang.

 

5. Ketika Dewi baru pulang sekolah dan hendak memasuki rumahnya, ia sudah dapat merasakan wangi melati padahal sumber pengharum ruangan tersebut diletakkan di ruangan keluarga, yang berada di bagian belakang rumah. Jelaskan mengapa hal ini bisa terjadi.

Jawaban: Ketika Dewi baru pulang sekolah dan hendak memasuki rumahnya, ia sudah dapat merasakan wangi melati padahal sumber pengharum ruangan tersebut diletakkan di ruangan keluarga, yang berada di bagian tengah rumah. Hal ini bisa terjadi karena wangi melati tersebut sudah menguap dan tersebar ke udara.

 

Nah teman, itulah kunci jawaban sifat dan difusi zat yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Semoga bermanfaat..

You might also like