Informatika Kelas 7

Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-02 Pengenalan Makey Makey Halaman 245 246 247 248 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-02 Pengenalan Makey Makey Halaman 245 246 247 248 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-02 Pengenalan Makey Makey Halaman 245 246 247 248 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas PLB-K7-02: Pengenalan Makey Makey

 

Ini adalah aktivitas untuk mengenal Makey Makey, mengetahui masukan dan keluaran dari Makey Makey, dan mengetahui objek yang dapat digunakan bersama dengan Makey Makey.

 

Apa yang Kalian Perlukan?

 

  1. Papan sirkuit elektronis Makey Makey
  2. Kabel dan klip buaya
  3. Komputer PC atau laptop yang terpasang sudah terpasang sistem operasi dan peramban
  4. Pisang, wortel, jeruk, koin, pensil, pena, dan lain sebagainya. Adik-adik dapat mengganti pisang, wortel, dan jeruk dengan buah lainnya.

 

Aktivitas 1: terlebih dahulu, Adik-adik harus mengenal papan sirkuit Makey Makey. Pertama, ambillah Makey Makey dan amati papan sirkuit tersebut. Papan sirkuit tersebut adalah pengganti beberapa tombol keyboard. Tancapkan USB, dengan sisi kecil dari USB terhubung ke Makey Makey dan sisi besarnya terhubung ke komputer.

 

Gambar Aktivitas PLB-K7-02 (1)

 

Amati apa yang terjadi ketika Makey Makey terhubung dengan komputer!

…………………………………………………………………………………………………………..

 

 

Sebagai papan sirkuit, alat ini memiliki input dan output. Gambarlah sketsa dari Makey Makey pada catatan Adik-adik dan tentukan mana input dan mana output.

 

Ambil kabel dengan penjepit buaya. Hubungkan dengan earth/ground pada Makey Makey di satu ujung, kemudian pegang ujung logam lainnya dengan tangan.

 

Gambar Aktivitas PLB-K7-02 (2)

 

Apa yang terjadi saat Adik-adik menyentuh kabel yang terhubung dengan earth?

……………………………………………………………………………………………………………………

Baca Juga :  Jawaban Matematika kelas 9 Semester 1 Latihan 1.5 halaman 56

 

 

Cobalah buat teks Makey Makey pada aplikasi notepad/word, letakkan kursor di antara huruf a dan k, kemudian sentuh tulisan “Space” bundar pada Makey Makey.

 

Gambar Aktivitas PLB-K7-02 (3)

 

Apa yang terjadi saat Adik-adik menyentuh space? Amati apa yang terjadi dengan teks Makey.

……………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

 

Aktivitas 2: Dengan kondisi Makey Makey yang sudah terhubung dengan komputer/laptop, bukalah program piano pada tautan http://makeymakey.com/piano untuk mengakses aplikasi piano sederhana yang dirancang khusus untuk Makey Makey. Aktifkan aplikasi piano, dengan klik kiri pada halaman web di atas, dan cobalah dengan menyentuh panah pada Makey Makey dengan tangan kiri dan menyentuh ground dengan tangan kanan.

 

Gambar Aktivitas PLB-K7-02 (4)

 

Saat menyentuh tanda panah, akan muncul suara piano, mengapa demikian?

……………………………………………………………………………………………………………..

 

 

Dapatkah Adik-adik membuat piano manusia? Mengapa saat memegang teman kalian pianonya akan berbunyi?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 

Lanjutan daru aktivitas sebelumnya, hubungkan lubang ⬇️, ⬅️, ⬆️, ➡️, space, dan ground pada Makey Makey menggunakan kabel klip buaya. Mintalah beberapa teman Adik-adik untuk memegang klip buaya tersebut, anak yang memegang ground diminta untuk menyentuh tangan anak yang lain. Amati apa yang terjadi.

 

Aktivitas 3: Benda Apa yang Dapat Digunakan untuk Bermain dengan Makey Makey

Setelah Adik-adik tahu bagaimana cara menggunakan Makey Makey, selanjutnya Adik-adik akan belajar benda apa saja yang dapat bekerja dengan baik atau yang disebut konduktor pada Makey Makey.

 

  1. Siapkan aneka macam benda seperti sayuran dan buah yang dibawa dari rumah, seperti wortel, tomat, jeruk, dan lain sebagainya.
  2. Cari benda yang ada di dalam kelas seperri kertas, pensil, pena, uang logam, dan lain sebagainya.
  3. Dengan menggunakan program bongos yang diakses di https://makeymakey.com/bongos, hubungkan benda-benda tersebut denhan lubang ⬅️, dan space pada Makey Makey dengan klip buaya. Jangan lupa untuk menghubungkan lubang ground dengan tangan.
  4. Amati apa yang terjadi saat benda-benda tersebut disentuh. Tulislah hasil pengamatan Asik-adik ke dalam tabel berikut.
Baca Juga :  Termometer sebagai Alat Pengukur Suhu

 

Gambar Aktivitas PLB-K7-02 (5)

 

Jawaban Aktivitas PLB-K7-02: Pengenalan Makey Makey

 

Aktivitas 1

 

  1. Beberapa LED akan hidup sebentar, sedangkan LES indikator pada Makey Makey hidup yang menandakan arus listrik mengalir pada Makey Makey. Daya listrik telah menghidupkan Makey Makey.
  2. Lampu LED indikator Makey Makey akan tetap menyala.
  3. Karena menggantikan keyboard space, teks Makey akan terpisah menjadi Ma key.

 

Aktivitas 2

 

  1. Saat aplikasi piano berjalan, ada sebuah program yang menunggu tombol panah kiri, panah atas, panah kanan, panah bawah, dan spasi ditekan. Ketika salah satu dari tombol tersebut tertekan, akan terbentuk rangkaian tertutup yang membunyikan sebuah nada.
  2. Manusia adalah konduktor, saat Adik-adik memegang seorang teman, rangkaian tertutup akan terbentuk dan akan membunyikan piano.

 

Aktivitas 3

 

Gambar Aktivitas PLB-K7-02 (6)

 

Adik-adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-02 Pengenalan Makey Makey Halaman 245 246 247 248 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *