Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 99 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 99 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 99 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Mari Uji Kemampuan Kalian” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB III. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Suhu, Kalor dan Pemuaian.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 99 Kelas 7

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Air akan lebih cepat mendidih jika panci yang digunakan untuk memasak air tersebut dalam keadaan tertutup. Jelaskanlah menurut pemahaman kalian, mengapa air akan lebih cepat mendidih jika panci yang digunakan untuk memasak air tersebut dalam keadaan tertutup.

Jawaban

Pada saat memasak air, Panci yang tertutup saat memasak air berguna untuk mengurung panas yang dihasilkan permukaan air saat proses pemanasan. Panas yang tejebak di bawah tutup panci selain membantu dalam mengurangi tekanan udara di atas permukaan juga membantu membuat pemanasan air berjalan dalam dua arah, atas dan dari bawah.

Baca Juga :  Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 2)

Penjelasan

Titik didih suatu zat adalah suhu yang tekanan uap jenuhnya sama dengan tekanan di atas permukaan zat cair. Titik Didih suatu zat cair dipengaruhi oleh tekanan udara, artinya makin besar tekanan udara makin besar pula titik didih zat cair tersebut. Pada tekanan dan temperatur udara standar (76 cmHg, 25ºC) titik didih air sebesar 100ºC.

“Dengan menutup panci tersebut, kita sama saja dengan menaikkan suhu udara di dalam panci. Sehingga tekanan udara di dalam panci juga akan naik. Nah, dengan naiknya tekanan udara di dalam panci, maka titik didih air akan ikut naik juga, mungkin 110ºC atau 115ºC.

Seharusnya air sudah mendidih saat mencapai suhu 100ºC, namun karena titik didihnya naik maka air akan lebih lama mendidih.

2. Mengapa air yang dilarutkan garam mendidih lebih lama jika dibandingkan dengan air biasa? Berikan penjelasannya berdasarkan konsep kalor yang telah kalian pelajari.

Jawaban

Sebab garam termasuk bahan dengan kalor jenis yang kecil sehingga memerlukan kalor yang lebih banyak untuk melarutkannya. Air yang ditambahkan garam dapat meningkatkan titik didihnya, sehingga waktu yang dibutuhkan dalam merebus air sampai mendidih lebih lama

Penjelasan

Ketika garam ditambahkan dalam air yang direbus, akan terjadi fenomena yang disebut elevasi titik didih. Elevasi titik didih terjadi ketika zat yang dapat larut, yaitu garam, ditambahkan ke zat pelarut, yaitu air. Sehingga campuran keduanya membentuk larutan garam, teman-teman.

Larutan garam membutuhkan lebih banyak paparan panas agar bisa mendidih, dibandingkan air biasa tanpa campuran garam. Supaya bisa mendidih, tekanan uapnya harus sama dengan tekanan atmosfer. Molekul air yang ditambahi garam lebih sulit menguap, teman-teman.

Baca Juga :  Jawaban Penerapan Hak dan Kewajiban PPKn Kelas VII Halaman 33

Ini membuat titik didihnya naik, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk merebus air sampai mendidih juga lebih lama.

Air tawar bisa mendidih pada 100 derajat Celcius, sementara titik didih air garam adalah 102 derajat Celcius. Jadi, kalau ingin membuat air mendidih dengan lebih cepat, lebih baik tidak menambahkan garam pada air itu.

Namun kalau air itu akan digunakan untuk memasak dan memerlukan garam, tambahkan saja, teman-teman. Tapi ingat bahwa larutan air itu memiliki titik didih yang lebih tinggi

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 99 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Buku Siswa IPA Halaman 83 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 91 Kelas 7
Jawaban Percobaan Aktivitas 3.3 IPA Halaman 95 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *