Jawaban Review Bab No 3 IPA Halaman 41 Kelas 7

Jawaban Review Bab No 3 IPA Halaman 41 Kelas 7

Jawaban Review Bab No 3 IPA Halaman 41 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Review Bab” materi IPA kelas VII BAB I semester 1. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobatku semuanya dapat memahami tentang Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah.

Lebih baik adik adik sebelum mengerjakan soal, membaca dan memahami materinya terlebih dahulu yang ada pada halaman sebelumnya. Dengan membaca materinya terlebih dahulu akan memudahkan adik adik dalam menyelesaikan soal.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 41 Kelas 7

Review Bab

3. Apakah nama alat-alat laboratorium di bawah ini? Terbuat dari bahan apakah alat-alat tersebut dan apa saja kegunaan alat-alat itu? Tuliskan jawaban kalian dengan lengkap.

Jawaban

Nama AlatBahan PembuatanKegunaan
Gelas KimiaKacaGelas kimia (gelas beker) terbuat dari kaca dengan berbagai ukuran. Fungsi gelas kimia (gelas beker) yaitu sebagai tempat mereaksikan bahan, tempat menampung bahan kimia berupa larutan, padatan, pasta ataupun tepung, tempat melarutkan bahan dan tempat memanaskan bahan.
Tabung reaksiKacaTabung reaksi berfungsi untuk tempat mereaksikan dua larutan/bahan kimia atau lebih, serta sebagai tempat mengembangbiakan mikroba dalam media cair
Cawan penguapPorseleinCawan penguap adalah sebuah instrumen peralatan laboratorium yang digunakan sebagai wadah atau tempat penguapan bahan dari bahan yang tidak mudah menguap, seperti garam dapur, gula dan sejenisnya.
Gelas UkurKacaGelas ukur, yaitu silinder gelas berskala untuk mengukur volume larutan atau zat cair dengan tepat. Standar deviasinya kira-kira 1% dari volume yang diukur sebenarnya. Standar deviasi adalah nilai akar kuadrat dari suatu varians, di mana teknik ini digunakan untuk menilai rata-rata atau yang diharapkan
Corong KacaKacaCorong Kaca berfungsi sebagai alat bantu untuk memindah / memasukkan larutan ke wadah / tempat yang mempunyaai dimensi pemasukkan sampel bahan kecil.
ErlenmeyerKacaErlenmeyer atau dikenal juga dengan labu erlenmeyer adalah salah satu alat gelas laboratorium yang salah satu fungsinya untuk menjadi wadah dari bahan kimia cair. Gelas ini juga sering digunakan untuk proses titrasi untuk menampung larutan yang akan digunakan.
ThermometerKacatermometer laboratorium berfungsi untuk mengukur titik didih atau titik beku dalam sebuah penelitian. Prinsip kerjanya bermacam-macam, tergantung pada jenis termometer. Namun yang paling sering digunakan ialah termometer air raksa. Sesuai dengan namanya, fungsi termometer mampu mengenali suhu panas.
Segitiga PorseleinPorseleinSegitiga porselen adalah peralatan laboratorium non-gelas yang digunakan sebagai penyangga atau penahan wadah seperti menahan krus saat proses pemanasan api langsung.

Selain peralatan diatas masih ada beberapa peralatan lain yang ada di laboratorium IPA. Sekedar untuk pengetahuan adik adik kelas 7, berikut peralatan yang terdapat di laboratorium IPA selain peralatan yang diatas:

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 173-175 Kelas 10

1. Pengaduk Kaca

Fungsi : Untuk membantu menghomogenkan larutan. Alat bantu mengalirkan larutan kedalam corong ketika memindah atau ketika menyaring larutan

2. Pipet Ukur

Fungsi : Mengambil larutan dan mengukur volume larutan pada berbagai skala / ukuran dengan ketelitian tinggi.

3. Pipet Volume/Pipet Gondok

Fungsi : Mengambil bahan dan mengukur volume larutan hanya satu skala ukuran dengan ketelitian tinggi ( ketelitian lebih tinggi dibanding pipet ukur )

4. Pipet Tetes/Droping

Fungsi : Mengambil bahan dalam jumlah sedikit / tetesan tidak ada skala ukuran volume pada alat ini.

5. Batang Pengaduk Ujung Spiral

Fungsi : Menghomogenkan larutan kimia

6. Spatula Stainlessteel

Fungsi : Mengambil bahan kimia padat

7. Lampu Spirtus dari Logam

Fungsi : Alat pembakar yang terbuat dari logam atau pemanas dengan bahan bakar spirtus.

8. Neraca analitik

Fungsi : Menimbang alat ,bahan dengan ketelitian 0,0001gr dan kapasitas maksimum 210 gr

9. Rak Tabung Reaksi

Fungsi : Tempat meletakkan tabung reaksi

10. Mortar Pastle

Fungsi : Untuk Menghaluskan Bahan.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Review Bab No 3 IPA Halaman 41 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Review Bab No 1 dan 2 IPA Halaman 41 Kelas 7