Jawaban Review Bab No 1 dan 2 IPA Halaman 41 Kelas 7

Jawaban Review Bab No 1 dan 2 IPA Halaman 41 Kelas 7

Jawaban Review Bab No 1 dan 2 IPA Halaman 41 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Review Bab” materi IPA kelas VII BAB I semester 1. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobatku semuanya dapat memahami tentang Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah.

Lebih baik adik adik sebelum mengerjakan soal, membaca dan memahami materinya terlebih dahulu yang ada pada halaman sebelumnya. Dengan membaca materinya terlebih dahulu akan memudahkan adik adik dalam menyelesaikan soal.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 41 Kelas 7

Review Bab

1. Ada enam cabang utama ilmu Sains, yaitu Astronomi, Biologi, Fisika, Kimia, Geologi dan Ekologi. Sebutkan fokus masing-masing cabang ilmu tersebut.

Jawaban

1. Astronomi

Salah satu cabang ilmu sains adalah astronomi. Astronomi merupakan ilmu tentang planet, bintang, dan alam semesta. Semua benda langit dipelajari dalam astronomi termasuk Matahari dan terjadinya komet, asteroid, dan gerhana. Astronomi, juga disebut ilmu bintang atau ilmu falak.

2. Biologi

Biologi atau ilmu hayat merupakan ilmu tentang makhluk hidup dan memiliki cabang ilmu, yaitu zoologi, botani, entomologi, dan mikrobiologi. Ilmu biologi modern membahas pengetahuan yang sangat luas, eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang dan subdisiplin

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas JKI-K7-01 Membuat Koneksi ke Internet melalui Wi-Fi atau Wireless LAN Halaman 120 121 122 Kurikulum Merdeka

3. Ekologi

Ekologi ialah ilmu tentang hubungan timbal balik antar makhluk hidup dengan lingkungan di sekitarnya. Cabang ilmu sains ini membahas tentang masalah lingkungan, seperti polusi air, udara, tanah, dan perubahan iklim, serta kepunahan hewan tertentu. Dalam ilmu lingkungan, ekologi dijadikan sebagai ilmu dasar untuk memahami interaksi di dalam lingkungan.

4. Fisika

Fisika merupakan cabang ilmu sains yang berfokus pada gejala dan fenomena alam serta sifat-sifat benda di sekitar termasuk tentang perpindahan dan energi. Ada beberapa cabang ilmu fisika, seperti elektronika, mekanika, dan optika geometris. Sebagai salah satu ilmu sains paling dasar, tujuan utama fisika adalah memahami bagaimana alam semesta berkerja

5. Geologi

Ilmu Geologi merupakan kelompok ilmu yang membahas tentang sifat-sifat dan bahan-bahan yang membentuk bumi, struktur, proses-proses yang bekerja baik di dalam maupun diatas permukaan bumi, kedudukannya di Alam Semesta serta sejarah perkembangannya sejak bumi ini lahir di alam semesta hingga sekarang. Adapun beberapa cabang ilmu geologi, seperti paleontologi, seismologi, dan vulkanologi.

6. Kimia

Kimia ialah ilmu yang mempelajari tentang berbagai hal mengenai materi, yaitu terbuat dari apa, sifat, dan perubahan dalam suatu reaksi kimia. Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi, dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda. Cabang ilmu kimia ialah, kimia organik, radiokomia, kimia anorganik, dan farmasi.

2. Identifikasikan lima hal yang akan menimbulkan masalah keselamatan di laboratorium IPA dalam gambar berikut ini. Berikan alasan kalian mengapa hal tersebut menjadi masalah.

Baca Juga :  Jawaban Modul 1 Asesmen Pembelajaran

Jawaban

Berlarian di laboratorium bisa membahayakan: berlarian di lanoratorium dapat menyebabkan kecelakaan kerja, jatuhnya benda-benda di dalam laboratorium yang dapat membahayakan.
Mengarahkan tabung reaksi ke wajah: ketika memanaskan cairan di dalamnya.
Tidak menggunakan jas lab, kacamata pengamat, dan sarung tangan: Jas lab, kacamata dan sarung tangan termasuk Alat Pelindung Diri (APD) atau Personal Protective Equipment (PPE) adalah peralatan yang digunakan oleh orang yang beraktivitas di laboratorium untuk melindungi atau meminimalkan terekspos dengan subtansi yang berbahaya baik biologis, kimia, fisika
Mencampurkan bahan kimia tanpa instruksi guru.
Rambut yang panjang tidak diikat ketika menggunakan api. Rambut bisa terbakar dengan mudah.
Bercanda di laboratorium, sama dengan berlarian di laboratorium.
Makan dan minum di laboratorium karena memudahkan mikroorganisme masuk ke dalam tubuh melalui mulut.
Tumpahnya bahan-bahan kimia. Bahan kimia merupakan zat yang mempunyai potensi bahaya dalam kondisi-kondisi tertentu seperti mudah meledak, mudah terbakar, menyebabkan iritasi dan gangguan pernafasan jika terhirup.
Menghirup bahan kimia secara langsung. Sebagian besar bahan kimia dapat akan membahayakan tubuh jika terhirup secara langsung. Seperti dapat menyebabkan gangguan pernafasan, iritasi pada saluran nafas, dan lainnya.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Review Bab No 1 dan 2 IPA Halaman 41 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :  5 Desa “Dikenal karena Menari”

Baca Juga

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 40 Kelas 7