Jawaban Buku Siswa IPA Halaman 83 Kelas 7

Jawaban Buku Siswa IPA Halaman 83 Kelas 7

Jawaban Buku Siswa IPA Halaman 83 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Apa yang Dimaksud Dengan Suhu?” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB III. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Suhu, Kalor dan Pemuaian.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 83 Kelas 7

Mengetahui, Apa yang Dimaksud Dengan Suhu?

Saat malam hari menjelang tidur, ibu kalian menyimpan makanan ke dalam lemari es atau kulkas agar dapat dimakan kembali esok harinya. Mengapa lemari es membuat makanan jadi lebih awet? Apakah ada kaitannya dengan nilai suhu yang tinggi atau rendah? Berapa nilai suhu yang termasuk kategori tinggi atau rendah itu?

Alternatif jawaban 1

Karena kondisi didalam kulkas memiliki suhu yang rendah dibandingkan suhu kamar, selain itu di dalam kulkas juga memiliki RH (relative humidity) yang cenderung kering.
Yang perlu kamu ketahui terkait suhu dan kelembapan mengapa dua faktor tersebut mempengaruhi masa simpan dan kebusukan suatu produk adalah:
1. Suhu memiliki peranan terhadap respirasi dan juga pertumbuhan mikroorganisme, contoh: apabila buah mangga disimpan di suhu kamar maka dengan mudah terjadi kerusakan, karena mangga merupakan buah klimaterik yang masih melangsungkan proses metabolis dengan cara respirasi, apabila mangga diletakkan disuhu kamar dengan suhu 35°C maka buah mangga akan cepat berespirasi dan mengaktifkan enzim sehingga metabolisme pada buah mangga berlangsung dan memecah karbohidrat kompleks pada mangga menjadi gula sederhana. apabila substrat dalam hal ini karbohidrat kompleks pada mangga telah habis maka buah mangga tidak dapat melakukan proses metabolisme sehingga trjadi pembusukan akibat tidak ada lagi substrat yang di pecah.
2. RH (relative humidity) berpengaruh terhadap kerusakan produk disebabkan karena apabila suatu produk disimpan di ruangan yang memiliki RH yang tinggi (lembab) maka akan cepat terjadi kerusakan karena ruangan yang lembab memiliki kadar uap air yang tinggi, air merupakan tempat yang sempurna untuk bakteri berkembang biak oleh sebab itu produk makanan yang disimpan di ruangan yang lembab akan mudah rusak karena bakteri suka berada di tempat yang lembab dan bakteri akan menghingapi makanan utuk mendapatkan nutrisis dari makanan tersebut.
Jadi mengapa produk makanan yang disimpan pada kulkas lebih awet karena kulkas memiliki suhu yang rendah sehingga dapat menginaktifkan enzim yang terdapat pada makanan dan kulkas memiliki RH yang rendah sehingga makanan tidak mudah rusak akibat mikroorganisme, karena rata” mikroorganisme dapat dihambat pertumbuhannya pada suhu yang rendah dan juga kadar kelembapan yang rendah.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Uji Kompetensi Halaman 92 93 Kurikulum Merdeka

Alternatif jawaban 2

Sudah menjadi kebiasaan sebagian orang menyimpan makanan atau bahan pangan di kulkas untuk memperpanjang masa simpan makan. Secara alami bahan makanan dalam keadaan alami akan mengalami kerusakan atau pembusukan.
Faktor penyebab kerusakan bahan makanan sangat beragam seperti pertumbuhan dan aktivitas mikroba terutama bakteri, kapang dan khamir.
Bisa juga aktivitas enzim-enzim di dalam bahan pangan, serangga, parasit dan tikus. Faktor suhu termasuk pemanasan dan pendinginan, kadar air, adanya udara termasuk oksigen, sinar dan waktu, juga memberi pengaruh.
Masa simpan bahan makanan atau bahan pangan sangat beragam dari hitungan hari sampai ada yang berbulan-bulan masih mampu bertahan.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Buku Siswa IPA Halaman 83 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 60 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 60 Kelas 7
Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 65 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 1 IPA Halaman 67 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 67 Kelas 7
Jawaban Ayo Identifikasi IPA Halaman 84 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *