Informatika Kelas 7

Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas DSI-K7-02-U Identifikasi Informasi Pribadi Halaman 235 236 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas DSI-K7-02-U Identifikasi Informasi Pribadi Halaman 235 236 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas DSI-K7-02-U Identifikasi Informasi Pribadi Halaman 235 236 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas DSI-K7-02-U: Identifikasi Informasi Pribadi

 

Apakah Adik-adik pernah mendengar sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter YouTube, Vidio, dan TikTok? Saat Adik-adik ingin menggunakan aplikasi tersebut, biasanya Adik-adik harus mengisi formulir pendaftaran sebagai pengguna. Ada beberapa informasi yang umumnya aman untuk dibagikan di internet dan ada juga yang tidak. Namun, Adik-adik juga tidak boleh membagikan informasi yang Adik-adik aman kepada orang yang belum Adik-adik kenal secara fisik/offline. Informasi pribadi ada yang bernama informasi privat (private information) dan informasi personal (personal information). Informasi personal adalah informasi yang tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Adapun informasi privat adalah informasi tentang seseorang yang dapat mengidentifikasi seseorang.

 

Biasanya Adik-adik dapat membagikan informasi personal dengan aman secara online. Namun, membagikan informasi privat tidaklah aman karena berpotensi disalahgunakan. Jika Adik-adik ingin membagikan informasi privat, Adik-adik harus mendapatkan izin dari orang tua atau wali terlebih dahulu. Potensi penyalahgunaan informasi privat atau pencurian identitas (identity theft) adalah: pencurian uang, pemalsuan identitas menggunakan informasi curian, dan tindak kejahatan lainnya. Adik-adik mungkin pernah melihat informasi nama anak, ayah, dan ibu dalam bentuk stiker di kaca belakang mobil, hal ini berpotensi menjadi informasi untuk melakukan penculikan anak.

 

Biasanya pencuri identitas memanfaatkan jenis informasi privat seperti: nama lengkap, alamat, alamat surel, nomor telepon, kata sandi, nomor kartu kredit, nomor KTP/SIM dan lain sebagainya. Jenis informasi personal yang dapat dibagikan tanpa menunjukkan identitas yaitu: umur, jenis kelamin, jumlah saudara, makanan dan minuman favorit, pendapat tentang sesuatu, dan lain-lain.

Baca Juga :  Jawaban Eksplorasi 7.3 Matematika Halaman 187-188 Kelas 10

 

Saat berinteraksi dengan orang lain, Adik-adik harus berhati-hati saat memberikan informasi pribadi, baik personal maupun privat. Adik-adik tidak boleh membagikan informasi privat kepada orang yang tidak Adik-adik kenal, baik di dunia nyata maupun dunia maya.

 

Diskusi 1: Berdiskusilah dengan teman dan tuliskan pada lembar kerja siswa 1 mana saja yang masuk dalam informasi personal dan informasi privat.

 

Diskusi 2: Berdiskusilah dengan teman dan tuliskan pada lembar kerja siswa 2 apa saja informasi personal dan privat yang boleh tercantum dalam situs media sosial.

 

Lembar Kerja 1

 

Menentukan Informasi Personal dan Privat, gunakan (✓) atau (×).

 

Lembar Kerja 1 Aktivitas DSI-K7-02-U

 

Lembar Kerja 2

 

Anggaplah Adik-adik mempunyai profil media sosial yang mana banyak orang dapat melihatnya. Tentu saja ada orang yang Adik-kenal dan yang tidak.

 

Tuliskan informasi personal yang ingin Adik-adik bagikan. Pastikan semua informasi tersebut aman dan bukan informasi privat yang dapat mengungkapkan identitas.

 

Jawaban Aktivitas DSI-K7-02-U: Identifikasi Informasi Pribadi Halaman

 

Lembar Kerja 1

 

Jawaban Lembar Kerja 1 Aktivitas DSI-K7-02-U

 

Lembar Kerja 2

 

  1. Screen Name (Nama Layar)
  2. Umur
  3. Jenis kelamin
  4. Nama hewan peliharaan
  5. Kota tempat tinggal

 

Adik-adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas DSI-K7-02-U Identifikasi Informasi Pribadi Halaman 235 236 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dpaat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *