gambar ikan kerapu

Harga Ikan Kerapu

Harga Ikan Kerapu – ikan kerapu adalah salah satu jenis ikan laut yang sering dijumpai di perairan laut dangkal dan muara sungai. Ikan kerapu banyak digemari orang-orang karena tekstur daging yang empuk dan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

 

Karena hal ini, tidak heran jika ikan kerapu memiliki harga yang mahal. Saat ini banyak nelayan yang membudidayakan ikan kerapu karena banyaknya peminat dan harganya yang tinggi.

 

Ikan kerapu ini merupakan ikan predator karena memiliki banyak gigi tajam dan rongga mulut yang cukup lebar. Nah, bagi sobat yang penasaran dengan harga ikan kerapu di pasaran, kami akan ulas harga dari ikan kerapu di bawah ini.

 

Sebelum kita membahas harga ikan kerapu, ada baiknya sobat sekalian mengetahui jenis ikan kerapu yang ada di pasaran, yakni diantaranya:

 

Jenis-Jenis Ikan Kerapu

 

Ikan Kerapu Kertang

 

Kerapu kertang merupakan jenis ikan kerapu yang terbesar jika dibandingkan jenis lainnya. Ukurannya bisa mencapai lebih dari 1,5 meter dengan bobot lebih dari 100 kg.

 

Ikan kerapu ini memiliki ciri khas berwarna hitam di seluruh tubuhnya dengan bintik polkadot berwarna putih yang merata di seluruh tubuhnya.

 

Ikan Kerapu Tikus

 

Kerapu tikus merupakan jenis yang sangat jarang ditemui dan memang sudah hampir punah, hal ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membudidayakannya.

Baca Juga :  Harga Ikan Sembilang

 

Ikan kerapu ini memiliki ciri ciri bentuk kepala yang menyerupai kepala tikus dan memiliki permukaan berwarna abu-abu keputihan dengan bintik berwarna hitam.

 

Ikan Kerapu Macan

 

Ikan kerapu macan hidup di sela sela terumbu karang, hal ini dikarenakan warna kulitnya yang menyerupai terumbu karang membuatnya mudah mencari mangsa.

 

Ikan kerapu ini memiliki corak warna seperti macan dengan gabungan antara warna abu-abu dengan coklat dan bintik berwarna orange.

 

Ikan Kerapu Lumpur

 

Ikan kerapu lumpur ini suka hidup di perairan yang berlumpur, sesuai dengan namanya. Namun tidak jarang juga ikan ini ditemui di perairan dangkal atau terumbu karang, ikan ini juga sering ditemukan di muara sungai atau pada pertemuan air laut dan air sungai.

 

Harga ikan kerapu ini masih terjangkau, karena pertumbuhan ikan ini tergolong cepat. Maka tidak heran jika banyak pemancing yang mendapatkan ikan kerapu jenis ini dengan ukuran yang besar.

 

Ikan kerapu Kustang

 

Kerapu kustang merupakan hasil persilangan dari ikan kerapu tikus dan ikan kerapu kertang. Hasil perkawinan silang ini cukup baik menghasilkan keturunan yang bagus dan pertumbuhan yang pesat.

 

Tekstur daging ikan kerapu ini empuk dan memiliki citarasa yang enak, membuat siapapun yang memakannya akan merasa ketagihan. Karena itu, harga ikan kerapu ini cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kerapu sebelumnya.

 

Ikan Kerapu Cantang

 

Kerapu cantang merupakan hasil perkaeinan silang  ikan kerapu macan dan ikan kerapu kertang. Hasil persilangan ini menghasilkan ikan dengan bentuk tubuh menyerupai kedua induknya namun dengan pertumbuhan yang lebih baik dari induknya.

 

Hasil persilangan yang berbuah manis ini menghasilkan bibit ikan yang memiliki rasa enak dan memiliki banyak peminat. Membuat kerapu jenis ini memiliki harga yang lumayan mahal.

Baca Juga :  Ikan Corydoras

 

Ikan Kerapu Sunuk

 

Ikan kerapu jenis ini sering disebut dengan kerapu merah, ikan ini memiliki warna dasar merah dengan bintik biru di seluruh tubuh. Ikan ini termasuk spesies langka dan sulit untuk dibudidayakan membuatnya memiliki harga yang cukup mahal.

 

Ikan Kerapu Batu

 

Ikan ini memiliki corak warna yang mirip dengan kerapu tikus, perbedaannya adalah ikan kerapu ini memiliki kepala yang lebih besar dan warna hitam yang lebih pekat dan dominan.

 

Ikan Kerapu Cantik

 

Ikan kerapu ini adalah hasil perkawinan silang dari kerapu macan dan kerapu batik. Ikan kerapu jenis ini masih tergolong mudah didapatkan sehingga harganya tidak terlalu mahal jika dibandingkan jenis sebelumnya.

 

Ikan Kerapu Batik

 

Ikan Kerapu ini memiliki tubuh berwarna coklat pucat dengan bintik di seluruh tubuhnya. Jenis kerapu ini cukup langka dikarenakan kerusakan alam dan penangkapan terus menerus yang tidak diimbangi dengan pelestarian alam. Namun ikan ini masih bisa dibudidayakan denhan mudah di keramba.

 

Manfaat Ikan Kerapu

 

  • Menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, dan trigliserida yang berbahaya untuk jantung
  • Mengurangi resiko peradangan dan pembekuan darah
  • Meningkatkan kecerdasan otak
  • Cocok dikonsumsi pasien pasca operasi
  • Cocok untuk diet
  • Mengurangi rasa nyeri karena angina pectoris
  • Meningkatkan imunitas tubuh

 

Harga Ikan Kerapu

 

Bagi sobat yang ingin membeli ikan kerapu, berikut kami hadirkan daftar harga ikan kerapu menurut jenis yang ada:

 

Jenis Ikan Kerapu Harga Ikan
Ikan Kerapu Tikus  Rp  390.000
Ikan Kerapu Kertang  Rp  170.000
Ikan Kerapu Lumpur  Rp  150.000
Ikan Kerapu Macan  Rp  130.000
Ikan Kerapu Cantang  Rp  150.000
Ikan Kerapu Kusatang  Rp  380.000
Ikan Kerapu Batu  Rp  250.000
Ikan Kerapu Sunu  Rp  360.000
Ikan Kerapu Batik  Rp  200.000
Ikan Kerapu Cantik  Rp  150.000
Ikan Kerapu Fillet  Rp  160.000
Ikan Asin Kerapu  Rp  120.000
Baca Juga :  Harga Ikan Bandeng

 

Sobat sekalian dapat membaca artikel kami lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.