Gambar Ikan Air Payau

Ikan Air Payau

Ikan Air Payau – air payau adalah campuran dari air tawar dan air laut, perairan payau terletak di muara sungai yang dekat dengan pesisir. Banyak sekali hewan dan tumbuhan yang hidup di air payau, termasuk ikan.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja jenis ikan air payau, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Daftar Ikan Air Payau

 

Ikan Kerapu Bebek

 

Jenis ikan yang masih satu keluarga ikan serranidae ini banyak terdapat di perairan China, Australia, Guam, Hongkong, India, Jepang, Kepulauan Mariana Utara, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Ikan ini lebih dikenal dengan nama Humpback Grouper atau Pabther Grouper dapam bahasa inggris dan Barramundi cod di Australia.

 

Ikan Kakap Putih

 

Kakap putih merupakan ikan yang populer di Indonesia karena rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh. Ikan ini memiliki banyak sebutan, seperri Barra, Barramund, Giant Perch, Nile Perch, Palmer Perch, san Ikan Gelam. Kakap putih merupakan ikan predator yang dapat memangsa ikan kecil, ia dapat hidup dalam waktu yang lama, dan dapat tumbuh hingga 1,8 m dengan bobot mencapai 60 kg.

 

 

Ikan Patin

 

Meskipun banyak orang membudidayakan ikan patin di air tawar, namun di alam liar ikan ini juga dapat hidup di air payau. Ikan yang berasal dari keluarga ikan berkumis ini sangat populer karena dagingnya yang lembut dan rasanya yang khas.

Baca Juga :  Ikan Corydoras

 

Ikan Bandeng

 

Bandeng merupakan ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ikan ini sangat populer karena tekstur dagingnya yang tebal dan harganya yang cukup murah. Selain hidup di air laut ternyata ikan ini dapat hidup di air payau, bahkan bandeng merupakan ikan air payau unggulan.

 

Ikan Bawal

 

Selain hidup di air tawar, ikan agresif yang masih satu keluarga dengan ikan piranha ini juga dapat hidup di air payau. Banyak orang membudidayakan ikan ini karena pertumbuhannya terbilang cukup pesat.

 

Ikan Sidat

 

Selain dapat hidup di air tawar dan laut, ikan sidat juga dapat hidup di air payau. Banyak orang yang salah mengira ikan ini adalah belut, namun sebenarnya sidat berbeda denhan belut.

 

Ikan Belanak

 

Ikan belanak adalah ikan uanh hidup di perairan payau, perairan laut tropis dan sub tropis, mungkin nama ikan ini masih terdengar asing. Bentuk fisik ikan ini sangat mirip dengan ikan bandeng. Banyak petani ikan yang sudah membudidayakan ikan ini karena permintaan yang cukup menggiurkan.

 

Ikan Mujair

 

Mujair juga  yang dapat hidup ddapat hidup di air payau. Bahkan hasil pembudidayaan mujair yang dilakukan di air payau menghasilkan bibit yang lebih berkualitas.

 

Ikan Nila

 

Sama seperti ikan mujair, banyak orang mengira jika ikan nila hanya bisa hidup di air tawar. Namun faktanya, Nila juga dapat hidup di air payau. Ikan ini sangat populer di kalangan pemancing ikan.

 

Ikan Kiper

 

Jenis ikan ini memiliki tubuh pipih berwarna putih perak dan memiliki bintik hitam di hampir seluruh tubuhnya kecuali mulut hingga sirip bawah. Karena unik dan menarik, banyak orang menjadikan ini sebagai ikan hias.

Baca Juga :  Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

 

Ikan Penyumpit

 

Ikan yang sering disebut ikan pemanah ini memiliki keahlian untuk menyemburkan air dari dalam mulutnya yang ia gunakan untuk mencari mangsa. Jenis ikan ini banyak terdapat di perairan hutan bakau karena pada pohon bakau banyak terdapat serangga yang merupakan mangsa ikan ini. Uniknya, ikan ini dapat menyemprot air sebanyak 7 kali berturut-turut tanpa jeda dan jika masih tidak mengenai sasaran ikan ini akan melompat untuk menangkapnya.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.