Gambar Ikan Guppy

Umur Ikan Guppy

Umur Ikan Guppy – siapa saja pasti akan sedih saat melihat ikan hias kesayangan mereka tiba-tiba mati. Kita memang tidak tahu sampai kapan ikan yang kita pelihara akan hidup. Tapi kita dapat melakukan beberapa hal agat ikan dapat tetap sehat dan hidup lebih lama.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui berapa lama umur ikan guppy dan apa saja yang mempengaruhi umur ikan guppy, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Umur Ideal Ikan Guppy

 

Ikan guppy adalah ikan yang mudah dalam perawatan dan pemeliharaannya, ikan ini juga mudah untuk dibudidayakan. Biasanya ikan guppy dapat hidup 1 sampai 3 tahun. Namun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ikan guppy mati. Berikut akan kami bahas dan bagaimana cara mengatasinya.

 

Hal-Hal yang Mempengaruhi Umur Ikan Guppy

 

Suhu Air

 

Sebenarnya ikan guppy dapat beradaptasi dan mentolerir suhu air, namun sobat harus tetap memperhatikan agar suhu air tidak terlalu rendah. Suhu air yang tinggi akan menyebabkan metabolisme tinggi pada ikan, ikan akan cepat makan dan cepat tumbuh namun juga cepat mati.

 

Normalnya, ikan guppy akan hidup dengan baik pasa suhu 25-28°C. Jika lebih dari itu ikan akan stres dan jika lebih rendah akan memperlambat pertumbuhan ikan dan ekornya tidak membuka sempurna.

 

Jaga Agar Ikan Tidak Stres

 

Stres pada ikan guppy dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti perubahan suhu yang mendadak, pencahayaan, pakan yang tidak cocok, dan aquarium uanh terlalu padat.

Baca Juga :  Harga Bibit Ikan Lele

 

Maka dari itu, sobat harus meletakkan aquarium pada tempat yang tidak mudah berubah suhu secara mendadak. Sobat juga harus memberi makanan yang bergizi, dapat juga bervariasi agar ikan tidak bosan.

 

Ukuran aquarium juga harus diperhatikan, jangan sampai terlalu sempit. Sebagai contoh, sobat dapat mengisi aquarium dengan ukuran 40×40×60 cm maksimal sebanyak 50 ekor. Jika sobat ingin mencampurnya dengan ikan lain, maka sobat memerlukan aquarium yang lebih besar.

 

Kualitas Air Aquarium

 

Selain berpengaruh pada kesehatan ikan, kualitas air juga berpengaruh pada pertumbuhan dan warna ikan guppy. Untuk menjaganya agar tetap bersih, sobat harus menggunakan sistem aerasi yang baik. Tidak hanya itu, sobat juga harus mengganti air aquatium setidaknya seminggu sekali, cukup ganti ⅓ air ya saja.

 

Hindari Perkawinan Sedarah

 

Menurut sebagian peternak ikan guppy, ikan ini tidak boleh dikawinkan dengan saudaranya. Jadi selama pemeliharaannya ikan harus dipisah antara jantan dan betina agar tidak terjadi perkawinan sedarah.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.