Wujud dan Sifat-Sifat Zat
Wujud dan Sifat-Sifat Zat

Wujud dan Sifat-Sifat Zat

Berikut.id – Wujud dan Sifat-Sifat Zat. Teman, dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemui barang-barang dengan berbagai wujud.

Amatilah gambar beberapa benda yang sering kita temukan dalam keseharian kita di bawah ini. Kelompokkanlah benda-benda tersebut. Bandingkanlah pengelompokan yang kalian buat dengan teman kalian.

 

Wujud dan Sifat-Sifat Zat

 

Wujud dan Sifat-Sifat Zat

 

Apa dasar yang kalian gunakan untuk pengelompokan benda-benda di atas?

Masih ingatkah kalian mengenai penggolongan benda menjadi benda padat, cair, gas saat kalian di SD? Pembagian benda tersebut adalah berdasarkan wujudnya. Di tingkatan SMP, semua benda kita kenal sebagai materi. Apa itu materi?

Materi adalah setiap objek atau bahan yang membutuhkan ruang, yang jumlahnya diukur oleh suatu sifat yang disebut massa. Secara umum materi dapat juga didefinisikan sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati volume.

Setelah mengetahui apa itu materi, kita akan gunakan istilah materi untuk menunjukkan benda-benda. Menurut wujudnya, materi dibedakan atas zat padat, zat cair dan gas. Kalian telah mempelajari topik ini saat SD. Pasti kalian masih ingat keunikan air karena kita dapat melihat dalam tiga wujud yang berbeda, yaitu es sebagai zat padat, air sebagai zat cair dan uap air sebagai wujud gas. Apakah kalian juga ingat apa saja sifat-sifat zat menurut wujudnya?

 

Sifat-Sifat Zat Menurut Wujudnya

1. Sifat-sifat zat padat sebagai berikut.

a. Bentuk benda tetap.

b. Tidak dipengaruhi oleh tempat benda diletakkan.

 

2. Sifat-sifat zat cair sebagai berikut.

a. Volume (banyaknya) benda-benda tersebut tetap, artinya jika benda-benda tersebut ditempatkan ke dalam berbagai wadah, volumenya tetap.

Baca Juga :  Jawaban Uji Kompetensi PPKn Kelas VII Halaman 20

b. Bentuk benda-benda tersebut tergantung dari bentuk wadahnya. Jika dimasukkan ke dalam botol, berbentuk botol. Jika dimasukkan ke dalam mangkuk, berbentuk mangkuk.

 

3. Sifat-sifat zat gas sebagai berikut.

a. Volumenya tidak tetap, tergantung tempatnya.

b. Bentuknya tidak tetap, tergantung bentuk wadahnya.

c. Selalu memenuhi ruang.

 

Nah teman, itulah wujud zat dan juga sifa-sifat yang dimiliki oleh masing-masing zat. kalian bisa mencoba mengamati barang-barang disekitar kalian, apakah sifat-sifat yang sudah kita bahas sesuai dengan keadaan zat tersebut.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *