Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 65 Kelas 7

Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 65 Kelas 7

Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 65 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Perubahan Fisika dan Kimia” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB II Semester 1. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Zat dan Perubahannya.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 65 Kelas 7

Ayo Amati Aktivitas 2.7

Selama 24 jam ke depan, amatilah perubahan yang terjadi di sekeliling kalian dan daftarkanlah perubahan fisika dan kimia yang terjadi. Diskusikan pengamatan kalian dengan teman kalian dalam kelompok kecil. Kemudian berbagilah dengan teman sekelas kalian.

Jawaban

Contoh perubahan fisika yaitu:
– Proses pembekuan: perubahan air menjadi es batu
– Pengembunan: perubahan uap air menjadi air
– Penguapan: perubahan air menjadi uap air
– Mencairnya es batu
– Lilin yang meleleh
– Perubahan kayu menjadi meja
– Perubahan kain menjadi baju dan celana
– Gula yang larut dalam air
– Garam yang larut dalam air
– Beras menjadi tepung beras
– Menguapnya kapur barus dan kamper menjadi gas di ruang terbuka.
– Terbentuknya kabut di kaca jendela
Contoh perubahan kimia yaitu:
– Pembakaran kayu menjadi arang
– Besi berkarat
– Pembusukan makanan
– Susu menjadi asam
– Petasan yang meledak
– Proses bernafas, mengubah oksigen (O2) menjadi karbon dioksida (CO2)
– Proses fotosintesis, terjadi perubahan gas karbondioksida dan air menjadi karbohidrat dan gas oksigen
– Roti menjadi berjamur
– Perubahan singkong menjadi tape
– Proses memasak makanan
– Perubahan makanan menjadi feses karena mengalami pembusukan di usus
– Nasi membusuk atau menjadi basi
– Penguraian sampah
– Susu diubah menjadi keju
Penjelasan
Perubahan fisika dan kimia dapat kita kenali dari keadaan awal materi yang berbeda dengan keadaan akhirnya setelah materi tersebut telah mengalami perubahan. Perbedaan dari kedua gejala tersebut dapat dilihat dari sifat dan komposisinya. Hal tersebut menandakan sifat- sifat setiap materi memiliki gejala sebelum dan sesudah terjadinya perubahan.
Perubahan Fisika
Perubahan fisika adalah bentuk perubahan pada zat suatu benda yang hanya dapat dilihat dan diamati dari tampilan fisiknya saja atau penampilan luar. Jadi perubahan fisika tidak mengubah komposisi kimianya dalam zat benda tersebut. Perubahan fisika tidak sama sekali merubah materi atau membentuk zat yang jenisnya baru pada sebuah benda.
Sifat perubahan fisika adalah dapat dilihat dan diamati perubahannya dari luar dan juga dapat kembali menjadi keadaan semula setelah zat tersebut berubah. Misalnya saat Grameds mencairkan es batu dari freezer, kemudian cairan tersebut bisa menjadi es kembali jika dimasukan lagi  ke dalam freezer.
Perubahan Kimia
Perubahan kimia adalah salah satu perubahan yang terjadi pada bentuk dan ukuran zat yang kemudian menghasilkan zat baru. Perubahan materi ini menghasilkan jenis dan sifat materi yang berbeda atau baru dari zat semula dan kemudian disebut juga dengan istilah reaksi kimia atau reaksi. Reaksi kimia ini menimbulkan substansi atau komposisi penyusun zat yang berubah menjadi rumus kimia yang baru.
Reaktan adalah unsur dari suatu reaksi, sedangkan hasil akhir dari reaksi tersebut adalah produk. Dalam praktiknya perubahan kimia akan mengalami penyusutan zat saat berubah. Contohnya pada campuran hidrogen dan oksigen akan menghasilkan air

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 239 Bagian 2

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 65 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 60 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 60 Kelas 7

Pencarian Populer : https://berikut id/jawaban-ayo-amati-ipa-halaman-65-kelas-7/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *