Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 60 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 60 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 60 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Wujud Zat dan Model Partikel” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB II Semester 1. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Zat dan Perubahannya.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 60 Kelas 7

Mari Uji Kemampuan Kalian

2. Berikut ini adalah data titik leleh beberapa bahan. Jawablah pertanyaan (a) – (d) berdasarkan data tersebut.

BahanTitik leleh ( °C)
Kaca1400
Aluminium660
Coklet36
Besi1525
Minyak zaitun-20
Air raksa-39
BahanTitik leleh ( °C)
Emas1064
Perak962
Garam801
Lilin60
Gula185
Es

(a) Bahan manakah yang membutuhkan panas yang paling tinggi agar meleleh?
(b) Bahan-bahan mana sajakah yang akan mencair pada suhu di bawah titik leleh air?
(c) Suhu rata-rata di aerah Arktik, Kutub Utara adalah –30 °C. Bahan manakah yang tetap berwujud cair apabila ada di daerah Arktik tersebut?
(d) Suhu rata-rata di planet Venus adalah 432 °C. Bahan-bahan manakah yang wujudnya akan tetap sama dengan wujud pada suhu ruang di bumi? (suhu ruang adalah 25 °C)

Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Kompetensi Pengukuran

Jawaban

a. Besi yang memiliki titik leleh 1525 derajat C.
b. Titik leleh air adalah 0 derajat C. Jadi yang akan mencair pada suhu di bawah titik leleh air adalah minyak zaitun (-20 derajat C) dan air raksa (-39 derajat C).
c. Bahan yang tetap berwujud cair adalah air raksa.
d. Emas, Garam, Perak, Besi, Alumunium, dan Kaca

Pembahasan
Tiga wujud materi yaitu padat, cair, dan gas bisa berubah jadi kondisi berbeda tergantung suhu yang diberikan. Ketika dipanaskan, benda padat bisa mencair namun jika terus dipanaskan maka bentuknya akan berubah jadi gas. Sebaliknya jika senyawa gas didinginkan bisa berubah jadi cair dan memadat jika terus didinginkan.
Titik leleh merupakan properti yang padat ketika suhu menyebabkan benda padat berubah menjadi cair atau mencair. Titik leleh terjadi ketika kondisi cari dan padat tetap berada dalam kesetimbangan termal satu sama lain. Ikatan antarmolekul dan berat molekul sebagian besar menentukan titik leleh. Beberapa benda padat seperti kaca enggak punya titik leleh yang spesifik. Titik lebur hanya punya transisi mulus dari materi padat ke cair.
Titik didih merupakan suhu ketika tekanan uap cairan sama dengan tekanan eksternal pada cairan. Tekanan dan faktor utama ini memengaruhi titik didih, makin tinggi tekanan eksternal pada suatu zat, maka makin tinggi titik didih. Cairan bisa mendidih ketika melebihi suhu saturasinya pada tekanan saturasi yang sesuai.
Suhu saturasi adalah suhu yang berkaitan dengan energi termal tertinggi yang bisa ditahan cairan tanpa mengubah kondisinya jadi uap pada tekanan yang diberikan. Temperatur saturasi juga akan setara dengan titik didih cairan.
Perebusan terjadi ketika energi termal cairan cukup untuk memutuskan ikatan antar molekul. Titik didih normal adalah suhu saturasi pada tekanan atmosfernya.

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Halaman 237 Kelas 7

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 60 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 60 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *