Jawaban Ayo Identifikasi IPA Halaman 84 Kelas 7

Jawaban Ayo Identifikasi IPA Halaman 84 Kelas 7

Jawaban Ayo Identifikasi IPA Halaman 84 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Ayo Identifikasi Aktivitas 3.1” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB III. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Suhu, Kalor dan Pemuaian.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 84 Kelas 7

Ayo Identifikasi Aktivitas 3.1

Cobalah letakkan punggung telapak tangan kalian pada beberapa bagian tubuh seperti pipi, kening, leher, bahu, ketiak dan rambut. Apakah kalian merasakan panas yang berbeda dari bagian tubuh tersebut? Bagian mana yang dirasakan paling panas? Mengapa bisa demikian? Apakah kalian dapat membedakan secara akurat besarnya suhu yang dirasakan pada masing-masing bagian tubuh tesebut?

Jawaban

Ya, benar, saya merasakan panas yang berbeda dari bagian tubuh, seperti pipi, kening, leher, bahu, ketiak, dan rambut.
Bagian yang paling panas saya rasakan adalah bagian ketiak. Hal ini karena ketiak adalah bagian tubuh yang terisolasi atau tertutup oleh lengan bagian atas, sehingga panas terjebak di bagian tersebut. Kalau dibagian yang lainnya panas tubuh langsung teradiasi atau terserap oleh luar atau lingkungan.

Baca Juga :  Penjelasan Karakteristik Makhluk Hidup (Part 3)

Apakah kalian dapat membedakan secara akurat besarnya suhu yang dirasakan pada masing-masing bagian tubuh tersebut?

Jawaban

Tidak, kita hanya dapat membedakan bahwa tiap-tiap bagian tubuh memiliki panas yang berbeda, seperti ketiak memiliki suhu lebih panas dibandingkan bagian-bagian tubuh lainnya.
Penjelasan
Suhu tubuh adalah perbedaan antara jumlah panas yang diproduksi oleh proses tubuh dan jumlah panas yang hilang ke lingkungan luar. Manusia adalah homoioterm, artinya suhu tubuhnya konstan meskipun suhulingkungan berfluktuasi jauh di atas atau di bawah suhu tubuhnya. Kulitmemegang peranan penting dalam mempertahankan suhu tubuh. Di dalam kulitterdapat jaring-jaring pembuluh darah dan kelenjar keringat yang dikendalikanoleh sistem saraf.
Bila tubuh merasa panas, ada kecenderungan tubuh meningkatkankehilangan panas ke lingkungan; bila tubuh merasa dingin, makakecenderungannya menurunkan kehilangan panas. Jumlah panas yang hilang kelingkungan melalui radiasi dan konduksi-konveksi ditentukan oleh perbedaansuhu antara kulit dan lingkungan eksternal.
Suhu tubuh dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu:
1. Exercise : semakin beratnya exercise maka suhunya akan meningkat 15x,sedangkan pada atlet dapat meningkat menjadi 20 x dari basal rate-nya.
2. Hormon: Thyroid (Thyroxine dan Triiodothyronine) adalah pengatur pengaturutama basal metabolisme rate. Hormon lain adalah testoteron, insulin, dan hormon pertumbuhan dapat meningkatkan metabolisme rate 5-15%.
3. Sistem syaraf: selama exercise atau situasi penuh stress, bagian simpatis darisystem syaraf otonom terstimulasi. Neuron-neuron postganglionik melepaskannorepinephrine (NE) dan juga merangsang pelepasan hormon epinephrine dannorephinephrine (NE) oleh medulla adrenal sehingga meningkatkan metabolismerate dari sel tubuh.
4. Suhu tubuh: meningkatnya suhu tubuh dapat meningkatkan metabolisme rate,setiap peningkatan 1 % suhu tubuh inti akan meningkatkan kecepatan reaksi biokimia 10 %.
5. Asupan makanan: makanan dapat meningkatkan 10 – 20 % metabolisme rateterutama intake tinggi protein.
6. Berbagai macam faktor seperti: gender, iklim dan status malnutrisi

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Uji Kompetensi Halaman 164 165 166 167 Kurikulum Merdeka

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Ayo Identifikasi IPA Halaman 84 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 60 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 60 Kelas 7
Jawaban Ayo Amati IPA Halaman 65 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 1 IPA Halaman 67 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 2 IPA Halaman 67 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *