Gambar Ikan Neon Tetra

Warna Ikan Neon Tetra Pudar

Warna Ikan Neon Tetra Pudar – ikan kecil mempesona yang satu ini memang sangat menarik, terlebih lagi sisiknya yang bisa menyala. Namun sayangnya warna ikan ini dapat pudar dan membuat kecantikannya berkurang. Ada banyak penyebab pudarnya warna ikan neon tetra, mulai dari lingkungan, pakan, atau karena stres.

 

Jika dibiarkan, memudarnya warna ikan dapat berujung pada kematian, meski tidak terlalu berbahaya, namun patut diwaspadai. Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui penyebab warna ikan neon tetra pudar, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Penyebab Warna Ikan Neon Tetra Pudar

 

Stress

 

Faktor pertama yang menyebabkan pudarnya warna ikan adalah stres. Ikan akan mengalami stres saat sobat menggabungkan ikan ini dengan ikan yang lebih besar atau agresif. Hal ini membuat ikan merasa terganggu, kemudian stres, lalu warnanya menjadi kusam dan pucat.

 

Kebersihan Air

 

Kualitas air akuarium juga sangat mempengaruhi kehidupan ikan neon tetra. Kebersihan yang tidak terjaga akan mengganggu kesehatan sisik ikan. Untuk mengatasi hal ini, kami sarankan untuk menambahkan filter atau beberapa ikan pembersih aquarium.

 

Cahaya Berlebih

 

Meski lampu aquarium dapat menambah keindahan aquarium, namun jika cahayanya berlebihan akan mengganggu ikan. Kami sarankan sobat membuat jadwal untuk menyalakan dam mematikan lampu aquarium. Sobat juga dapat menambahkan tanaman atau hiasan untuk tempat berlindung ikan.

 

Aquarium Terlalu Sempit

 

Ikan neon tetra adalah ikan yang aktif dan agresif, menempatkannya di aquarium kecil akan mengganggu kehidupannya. Ikan ini juga gemar hidup bergerombol, jadi ikan tidak dapat hidup di aquarium yang sempit. Jika terus berada di aquarium sempit, ikan akan merasa tidak nyaman dan kemudian warnanya memudar.

Baca Juga :  Ikan Air Payau

 

Pakan yang Tidak Berkualitas

 

Ikan neon tetra termasuk ikan yang pilih-pilih makanan, tidak semua makanan mau ia makan. Terlebih lagi ikan ini memiliki ukuran mulut yang kecil, jadi sobat harus memilih pakan yang ukurannya sesuai. Sobat juga harus memberikan pakan yang berkualitas jika tidak ingin ikan ini sakit. Pemberian pakan yang kutang bergizi juga dapat menyebabkan warna ikan memudar.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.