Gambar Ikan Hias

Makanan Ikan Hias

Makanan Ikan Hias – pakan merupakan bagian yang paling penting saat memelihara ikan hias. karena pakan menunjang pertumbuhan dan kesehatan ikan. Terdapat banyak pilihan pakan, mulai dari yang alami sampai buatan.

 

Sobat juga dapat mencampurkan keduanya, menggunakan pelet sebagai pakan pokok dan makanan alami sebagai selingan. Dalam memilih pelet juga tidak sembarangan, sobat harus menyesuaikan dengan ukuran mulut ikan. Jika pelet terlalu besar, ikan tidak bisa memakannya dan pelet yang menggenang akan mengotori aquarium.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja makanan ikan hias yang baik, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Makanan Alami Ikan Hias

 

Jentik Nyamuk

 

Jentik nyamuk mengandung banyak protein yang berguna untuk membantu ikan hias saat proses reproduksi. Makanan ini merupakan makanan favorit banyak ikan hias kecil.

 

Kutu Air

 

Kutu air juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain membantu pertumbuhan ikan, protein ini juga dapat mencerahkan warna ikan hias.

 

Cacing Surta

 

Cacing sutra juga memiliki kandungan protein yang dapay mencerahkan warna ikan hias, terutama untuk ikan hias kecil seperti ikan neon, ikan guppy, ikan molly, dan lain sebagainya.

 

Artemia

 

Hewan yang masih satu keluarga dengan udang ini biasanya diberikan untuk anakan ikan hias. Saat memberikannya, sobat harus menyesuaikan takaran dan ukuran mulut ikan.

 

Timun

 

Timun berfungsi sebagai vitamin bagi ikan hias yang dapat menambah energi dan gizi. Selain itu, timun juga dapat dijadikan sebagai penambah nafsu makan untuk ikan hias sehingga dapat tumbuh dengan lebih baik.

Baca Juga :  Makanan Ikan Cupang

 

Wortel

 

Warna oranye pada wortel menandakan bahwa wortel memiliki kandungan beta karoten. Sama seperti cacing sutra dan kutu air, kandungan ini berguna untuk mencerahkan warna ikan hias. Sebelum memberikan wortel pada ikan, sobat harus memotongnya hingga kecil dan lembut agar mudah dimakan oleh ikan.

 

Kacang Polong

 

Pemberian kacang polong berguna untuk meningkatkan stamina ikan hias. Seperti wortel, sobat harus melembutkan kacang polong terlebih dahulu agar dapat ikan dapat dengan mudah memakannya.

 

Makanan Buatan

 

Pelet

 

Pakan yang satu ini merupakan makanan ikan yang sudah sangat populer. Pelet untuk ikan hias terbagi menjadi dua, yakni pelet apung dan pelet tenggelam. Pelet memiliki tekstur yang padat dan biasanya diberikan untuk ikan hias dewasa.

 

Flake

 

Flake merupakan pakan yang berbentuk lembaran dan sobat harus menghancurkannya terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada ikan. Pakan ini bersifat mengapung, jadi sangat cocok untuk ikan uang gemar berenang ke permukaan.

 

Tablet

 

Jenis pakan yang berbentuk seperti obat ini memiliki tekstur yang padat dan biasanya diberikan untuk ikan hias dewasa yang gemar bergerombol. Hal ini karena tekstur padatnya yang sulit untuk hancur, akan sangat pas jika dimakan secara bersama-sama.

 

Granule

 

Jenis pakan ini memiliki bentuk bulat dan sangat padat. Pakan ini cepat tenggelam saat berada di air dan sangat cocok bagi ikan yang gemar berada di dasar aquarium.

 

Sobat dapat melihat daftar makanan ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.