Gambar Aquarium

Ikan Pembersih Aquarium

Ikan Pembersih Aquarium – seiring berjalanya waktu, di dalam aquarium pasti akan tumbuh lumut dan terdapat banyak kotoran. Maka dari itu, sobat harus rajin membersihkan aquarium agar kotoran dan lumut ini tidak menumpuk. Sobat juga dapat memasukkan beberapa jenis ikan yang dapat membersihkan aquarium dari lumut dan kotoran.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja ikan pembersih aquarium, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Aneka Ikan Pembersih Aquarium

 

Ikan CAE (Chinesse Algae Eater)

 

Selain berperan sebagai pembersih aquarium, ikan berwarna kuning keemasan juga dapat menghias aquarium sobat. Ikan ini sangat gemar memakan lumut dan kotoran yang ada di dalam aquarium. Namun sobat perlu berhati-hati karena ikan ini dapat memangsa ikan yang berukuran lebih kecil, jadi sebaiknya gabungkan ikan ini dengan ikan hias yang lebih besar.

 

Ikan SAE (Siamese Alga Eater)

 

Jenis ikan yang satu ini juga cukup populer di kalangan ikan pembersih aquarium. Berbeda dengan ikan CAE, ikan ini tidak memakan ikan kecil, jadi sobat dapat menggabungkan ya dengan ikan hias kecil lainnya. Selain memakan lumut dan kotoran, ikan ini juga memakan cacing pipih uang dapat mengganggu kesehatan ikan.

 

Ikan OTO (Otocinclus Affinis)

 

Meski ikan ini hanya berukuran sekitar 5cm dan lebih kecil dari ikan pembersih sebelumnya, namun kemampuan ikan ini tidak kalah hebat. Ikan OTO juga tidak menyerang jenis ikan kecil lain. Sayangnya ikan ini cukup susah didapatkan dan harganya cukup mahal.

Baca Juga :  Perbedaan Ikan Nemo Air Tawar dan Laut

 

Ikan Corydoras

 

Jenis ikan yang satu ini masih satu keluarga dengan ikan lele yang merupakan sub-family Coradinae. Ikan ini gemar memakan lumut, alga, dan sisa-sisa makanan yang ada di dasar aquarium. Ukuran ikan ini cukup kecil dan tidak mengganggu ikan hias lainnya karena sifatnya yang pendiam.

 

Ikan Pleco (Bristlenose Plecos)

 

Ikan yang dikenal dengan sebutan ikan sapu-sapu ini juga dapat membantu urusan kebersihan aquarium. Sifat ikan ini beragam, ada yang aktif dan ada yang pasif. Sobat dapat dengan mudah menemukan ikan ini, atau dapat membelinya dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Ikan Brushmouth

 

Jenis ikan pembersih yang satu ini juga masih satu keluarga dengan ikan sapu-sapu. Ikan ini dapat membersihkan aquarium dengan baik dan gemar menempel pada dinding aquarium dan tumbuhan yang ada. Warna ikan ini juga cukup menarik dan dapat menambah keindahan aquarium.

 

Ikan Siamese Flying Fox

 

Jenis ikan ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai pembersih kaca aquascape. Ikan ini juga memiliki warna yang cukup menarik dan sobat dapat menggabungkan ya dengan ikan hias kecil. Jenis ikan ini masih satu keluarga dengan ikan SAE, harganya juga tidak jauh berbeda.

 

Ikan Bunglon Pasir

 

Ikan bunglon pasir ini sangat berguna bagi sobat yang memiliki aquarium ikan hias air laut. Harga ikan ini memang cukup tinggi tapi masih terjangkau.

 

Daftar Harga Ikan Pembersih Aquarium

 

Jenis Ikan Pembersih Akuarium Harga
Ikan CAE (Chinesse Algae Eater) Rp 5.000
Ikan SAE (Siamese Alga Eater) Rp 7.500
Ikan OTO (Otocinclus Affinis) Rp 35.000
Ikan Corydoras Rp 5.000
Ikan Pleco (Bristlenose Plecos) Rp 5.000
Ikan Brushmouth Rp 10.000
Ikan Siamese Flying Fox Rp 8.000
Ikan Bunglon Pasir Rp 35.000
Baca Juga :  Penyebab Ikan Molly Mati

 

Sobat dapat melihat artikel kami lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.