Gambar Ikan Neon Tetra

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra – ikan neon tetra merupakan ikan hias yang mudah dipelihara, bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Banyak pecinta ikan hias menjadikan ikan ini sebagai penghias di dalam aquascape mereka. Ikan ini juga cukup tahan terhadap penyakit, jadi resiko kematian ikan ini lebih kecil.

 

Belakangan ini banyak orang membudidayakan ikan neon tetra karena keuntungannya menjanjikan. Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui bagaimana cara budidaya ikan neon tetra, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Neon Tetra

 

Siapkan Akuarium

 

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah menyiapkan tempat untuk pemijahan. Kami sarankan untuk menggunakan akuarium agar sobat dapat dengan mudah memantau perkembangan ikan. Setidaknya siapkan akuarium dengan panjang 40 cm, lebar 20 cm, dan tinggu 20 cm.

 

Sobat juga dapat menambahkan tanaman air, nantinya tanaman air ini berfungsi sebagai tempat telur ikan. Pastikan juga untuk menggunakan air yang bersih agar dapat menjaga kelangsungan hidup anak ikan.

 

Sobat juga harus menjaga suhu air di akuarium, suhu idealnya adalah 22-24°C. Tingkat keasaman air juga perlu diperhatikan, gunakan air dengan pH 6.

 

Memilih Indukan

 

Berikut beberapa tips memilih indukan ikan neon tetra yang berkualitas:

 

  • Pilih ikan yang berwarna cerah, karena cenderung lebih sehat.
  • Tidak terdapat cacat fisik.
  • Minimal berukuran 2,5 cm.
  • Berumur setidaknya 6 bulan.

 

Bedakan Ikan Neon Tetra Jantan dan Betina

 

Baca Juga :  Makanan Ikan Arwana

Berikut perbedaan antara ikan neon tetra jantan dan ikan neon tetra betina:

 

Ikan Neon Tetra Jantan

 

  • Tubuh ikan jantan cenderung lebih kecil dan lebih panjang.
  • Ikan jantan berwarna lebih terang dan kontras.
  • Pergerakan ikan jantan lebih agresif.
  • Pada musim kawin, ikan jantan akan mengejar ikan betina.

 

Ikan Neon Tetra Betina

 

  • Tubuh ikan betina lebih pendek dan lebar.
  • Warna ikan betina tidak secerah warna ikan jantan.
  • Pergerakan ikan betina tidak seagresif ikan jantan.
  • Pada musim kawin, ikan betina akan dikejar oleh ikan jantan.

 

Pemijahan Ikan Neon Tetra

 

Dalam proses pemijahan, sobat dapat menyiapkan indukan dengan perbandingan 1:1. Sobat dapat mengisi akuarium minimal 3 pasang indukan dan maksimal 6 pasang indukan. Setelah indukan siap, sobat dapat memasukannya ke akuarium.

 

Sobat dapat menutup akuarium dengan plastik saat proses pemijahan, hal ini bertujuan agar tidak ada kotoran yang masuk dan mengganggu proses pemijahan. Sebelum menutup akuarium, pastikan untuk memberikan ikan makanan yang bergizi.

 

Biarkan akuarium selama 3 hari, ikan neon tetra biasanya hamil 2 hari setelah perkawinan. Setelah itu, pisahkan indukan dengan anakan dan pindahkan ke tempat yang berbeda. Jika sudah, tutup kembali akuarium dan jangan sampai ada cahaya yang masuk. Lalu tunggu 24 jam atau sampai ikan menetas.

 

Ikan yang baru menetas tidak perlu diberi makan selama 4 hari, karena ikan masih memiliki cadangan makanan berupa kuning telur. Setelah cadangan makanan ini habis, sobat dapat memberi totifera sebagai makanan. Sobat harus menutup akuarium selama 1 minggu untuk menjaga kesehatan ikan, sobat juga harus tetap memberinya makan secara rutin.

 

Pembesaran Burayak Ikan Neon Tetra

 

Baca Juga :  Warna Ikan Neon Tetra Pudar

Setelah berumur 1 minggu, sobat dapat memindahkan anakan ikan neon tetra ke akuarium yang lebih besar. Air pada akuarium lama juga harus ikut dipindahkan ke akuarium baru, dan lakukan pemindahan ini pada pagi hari.

 

Pada usia ini, sobat dapat memberikan pakan berupa cacing beku, cacing sutra, dan micropelet setiap 2 kali sehari. Jaga terus kebersihan air akuarium dengan mengganti airnya setiap 2 atau 3 minggu sekali. Sobat juga dapat menggunakan filter, namun pastikan filter tidak memiliki rongga yang besar agar ikan tidak tersedot.

 

Sobat dapat membaca cara budidaya ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.