Gambar Ikan Aquascape

Penyebab Ikan Aquascape Sering Mati

Penyebab Ikan Aquascape Sering Mati – semua pecinta ikan hias pasti menginginkan aquascape yang cantik. Namun ikan yang sering mati secara tiba-tiba pastinya membuat kita kesal. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini terjadi, apalagi jika sudah berulang kali.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja penyebab ikan aquascape sering mati, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Faktor Penyebab Ikan Aquascape Sering Mati

 

Langsung Menaruh Ikan Setelah Aquascape Selesai Diatur

 

Banyak orang yang langsung menaruh ikan hias mereka sesaat setelah mengatur aquascape, hal ini tentu saja berbahaya karena kondisi airnya belum stabil. Hal ini akan membuat ikan stres dan dapat mengakibatkan kematian.

 

Kondisi Air yang Kotor

 

Setiap ikan hias pasti akan hidup sehat di air yang bersih, bahkan ada sebagian ikan yang langsung mati jika air di dalam aquarium keruh. Maka dari itu, sobat harus menjaga kebersihan air aquarium. Sobat dapat menambahkan filter atau ikan yang dapat membantu membersihkan aquarium.

 

Lampu yang Menyala 24 Jam Penuh

 

Sobat juga perlu mengatur kapan lampu aquarium harus dinyalakan dan dimatikan. Karena di alam bebas ikan juga memerlukan waktu untuk beraktifitas dan beristirahat. Meski tanaman dalam aquarium memerlukan cahaya untuk fotosintesis, namun proses ini tidak berlangsung terus menerus.

Baca Juga :  Ikan Sepat

 

Menggabungkan Ikan dengan Ikan yang Agresif

 

Saat sobat hendak memelihara ikan hias, sobat harus memperhatikan karakteristik ikan terlebih dahulu. Apakah itu ikan yang cinta damai atau ikan yang agresif dan dapat menyerang ikan lain. Ikan yang agresif dapat mengganggu ikan lain, ia akan terus mengejar ikan lain dan membuat ikan yang dikejar menjadi stress kemudian mati.

 

Pemberian Pakan yang Tidak Steril

 

Sonat juga harus memperhatikan pemberian makanan pada ikan hias, apalagi jika berupa bakan hidup seperti cacing-cacingan. Karena bisa saja pakan ini membawa bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

 

Aquarium yang Terlalu Sempit atau Ikan yang Terlalu Banyak

 

Sebelum memelihara ikan hias, sobat juga harus memperhatikan ukuran aquarium. Hal ini agar ikan dapat leluasa berenang dan tidak berdesakan dengan ikan lainnya. Aquarium yang terlalu sempit akan membuat ikan stres dan beresiko membawa kematian.

 

Arus Air Terlalu Besar

 

Sobat perlu mengatur agar arus air dalam aquarium tidak terlalu besar, karena banyak ikan hias yang rentan mati jika terkena arus yang terlalu besar. Sobat dapat menggunakan filter yang dapat diatur semburan airnya.

 

Suhu Air Terlalu Dingin

 

Suhu air yang terlalu dingin dapat menimbulkan penyakit white spot atau bercak putih. Jika penyakit ini tidak segera diatasi akan menyebabkan ikan mati secara mendadak. Untuk itu, sobat dapat menggunakan heater khusus aquarium untuk mengatur suhu air aquarium.

 

Sobat sekalian dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.