Gambar Ikan Louhan

Ikan Louhan Stres

Ikan Louhan Stres – tidak hanya manusia, ikan juga dapat mengalami stres, termasuk ikan louhan. Ada banyak penyebab ikan menjadi stres, seperti linkungan yang kotor dan perawatan yang kurang baik. Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin akan berujung pada kematian.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui bagaimana ciri-ciri ikan louhan stres dan cara mengatasinya, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Ciri-Ciri Ikan Louhan Stres

 

Berikut beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa ikan louhan sedang stres:

 

  • Nafsu makan ikan berkurang bahkan menurun drastis, ikan yang biasanya lahap menjadi tidak mau makan sama sekali.
  • Saat ikan stres, warnanya akan memudar dan pucat.
  • Ikan terlihat gelisah dan akan terkejut saat ada sesuatu mendekatinya. Contohnya saat sobat mendekati aquarium, ikan ini akan ketakutan.
  • Jenong ikan yang tadinya ideal dapat berubah dan kempis.
  • Ikan yang stres akan sering menyendiri di sudut aquarium.

 

Itulah beberapa ciri-ciri umum ikan louhan stres. Nah setelah mengetahui ciri-cirinya, kami akan membahas bagaimana cara mengatasinya.

 

Cara Mengatasi Ikan Louhan Stres

 

Menjaga Suhu Aquarium

 

Suhu aquarium yang tidak stabil atau berubah-ubah dapat membuat ikan merasa tidak nyaman dan mengakibatkan stres. Maka dari itu, sobat dapat memasang water heater dan mengontrolnya pada suhu 28-31°C, ini adalah suhu ideal untuk ikan louhan.

 

Memantau Keasaman Air Aquarium

 

Air yang terlalu asam juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan stres. Untuk itu, sobat dapat mengontrol keasaman air aquarium menggunakan pH meter. Jika air terlalu asam, sobat dapat memberi rendaman daun ketapang agar pH dalam air naik.

Baca Juga :  Cara Memelihara Ikan Louhan

 

Pindahkan Ikan ke Aquarium Karantina

 

Jika cara-cara sebelumnya sudah dilakukan namun belum berhasil, sobat dapat memindahkan ikan louhan ke aquarium lain. Siapkan aquarium yang ideal dan pasang perlengkapan aquarium seperti filter dan lampu. Lampu aquarium juga dapat memberikan efek positif untuk mengurangi stres pada ikan.

 

Beri Makan Secara Teratur

 

Memberi makanan yang bernutrisi juga dapat menghilangkan stres pada ikan dengan cepat. Jika ikan tidak nafsu makan, sobat dapat memberinya obat penambah nafsu makan atau multivitamin.

 

Sobat sekalian dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.