Jawaban Lembar Aktivitas 8 IPS Halaman 221 Kelas 7

Jawaban Lembar Aktivitas 8 IPS Halaman 221 Kelas 7

Jawaban Lembar Aktivitas 8 IPS Halaman 221 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Lembar Aktivitas 8 Aktivitas Individu” Muatan Pelajaran IPS kelas VII BAB IV. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Pemberdayaan Masyarakat.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPS Halaman 221 Kelas 7

Lembar Aktivitas 8 Aktivitas Individu

1. Bagaimana kekuatan maritim Jepara pada masa Ratu Kalinyamat berkuasa?

Jawaban

Pada masa Ratu Kalinyamat bertakhta di Kerajaan Jepara, kekuatan maritim Jepara begitu kuat dan maju, karena ratu membentuk armada laut dan perdagangan yang kuat.

Penjelasan

Jauh sebelum Presiden Joko Widodo dan Presiden Soekarno, ternyata negeri ini pernah memiliki tokoh wanita yang bukan saja pemikiran, keberanian, dan wawasannya soal kekuatan militer dan maritim melampaui zamannya. Di bawah kepemimpinannya yang singkat dan hanya berusia 30 tahun (1549-1579), ia berhasil membawa Jepara ke puncak kejayaan.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-05-U Konversi Bilangan Biner dan Oktal menjadi Bilangan Desimal Halaman 44 Kurikulum Merdeka

Kemampuan industri dan kekuatan militer yang dibangun di kerajaannya dapat memimpin era industrialisasi maritim Asia Tenggara, serta menjadikannya pelopor aliansi kekuatan negara-negara kawasan untuk menyerang sumber ancaman dan musuh yang besar kala itu, Portugis.

Perempuan pelopor Indonesia sebagai negeri Poros Maritim Dunia dari abad XV ini dikenal begitu gagah berani, hebat, dan digdaya. Portugis pun memberikan gelar yang sangat menggetarkan kepadanya, Rainha de Japara, Senhora Paderosa E Rica, artinya Ratu Jepara Wanita Kaya dan Sangat Berkuasa. Ia adalah Ratu Kalinyamat atau Retno Kencono, yang lahir di bulan Ramadan 1514. Ia merupakan putri dari Kanjeng Sultan Trenggono, Sultan Demak (1504-1546), dengan Roro Purbayan.

Sebelum Ratu Kalinyamat bertakhta di Kerajaan Jepara, ada Pangeran Hadirin suaminya yang merupakan penerus takta, namun ia wafat sebelum itu. Akhirnya takhta Kerajaan Jepara jatuh di tangan istrinya, Ratu Kalinyamat. Pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat, ia terus membangun dan mengembangkan Kerajaan Jepara dibidang maritim pelabuhannya digunakan sebagai tempat persinggahan para pedagang selain itu Jepara terkenal akan kekuatan maritim dan armada perangnya.

Ratu memimpin selama 30 tahun dan Jepara berhasil memasuki masa kejayaannya, hal itu ditandai dengan tumbuhnya Jepara menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan bandar di Pantai Utara Jawa. Bahkan Sultan di Malaka pernah meminta bantuan Jepara untuk melawan Portugis pada abad ke-16 M. Malaka percaya bahwa armada militer Jepara begitu kuat.

Dengan demikia, pada masa Ratu Kalinyamat bertakhta di Kerajaan Jepara, kekuatan maritim Jepara begitu kuat dan maju, karena ratu membentuk armada laut dan perdagangan yang kuat.

2. Bandingkan dengan kekuatan maritim Indonesia pada masa kini!

Jawaban

Perbandingan kekuatan dan kondisi  tentang kemaritiman pada masa sekarang dengan saat atau pada masa Ratu Kalinyamat bertakhta di Kerajaan Jepara ialah pada masa Ratu Kalinyamat, poros maritim digunakan untuk melawan penjajah sedangkan Poros maritim yang dibangun Pemerintah saat ini digunakan bukan untuk melawan penjajah tetapi dugunakan untuk menjaga kedaulatan negara dari sisi laut, lantaran Indonesia di apit Samudera Hindia dan Pasifik.
Untuk perbandingan kekuatan poros maritim pada masa Ratu Kalinyamat dan masa kini adalah poros maritim pada masa kini sudah dilengkapi dengan peralatan yang menggunakan teknologi canggih sedangkan pada masa lalu belum selengkap pada masa sekarang, walaupun pada masa Ratu Kalinyamat armada lautnya sudah dilengkapi dengan teknologi canggih pada masa itu, tetapi teknologi pada masa itu belum secanggih pada masa sekarang.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 158

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lembar Aktivitas 8 IPS Halaman 221 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Lembar Aktivitas 17 IPS Halaman 249 Kelas 7
Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Halaman 237 Kelas 7
Jawaban Lembar Aktivitas 12 IPS Halaman 230 Kelas 7
Jawaban Lembar Aktivitas 11 IPS Halaman 229 Kelas 7
Jawaban Lembar Aktivitas 10 IPS Halaman 225 Kelas 7
Jawaban Lembar Aktivitas 9 IPS Halaman 222 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *