Jawaban Lembar Aktivitas 17 IPS Halaman 249 Kelas 7

Jawaban Lembar Aktivitas 17 IPS Halaman 249 Kelas 7

Jawaban Lembar Aktivitas 17 IPS Halaman 249 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Lembar Aktivitas 17 Aktivitas Individu” Muatan Pelajaran IPS kelas VII BAB IV. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Pemberdayaan Masyarakat.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPS Halaman 249 Kelas 7

Lembar Aktivitas 17 Aktivitas Individu

Identifikasi komunitas yang ada di Indonesia, kerjakan di buku tulis kalian seperti LKPD berikut!

Jawaban

NoNama Komunitas Pemberdayaan MasyarakatBidangLokasi
1.Indonesia Mengajar

emerdekaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa menginspirasi program ini. Janji kita semua itu, yang hingga kini belum bisa kita wujudkan secara sempurna. Ada sebagian bangsa Indonesia yang terlunasi Janji Kemerdekaan-nya. Dengan pendidikan yang mereka raih, mereka dapat mencapai kehidupan yang lebih baik untuk diri dan keluarganya. Tetapi, tidak sedikit saudara kita yang masih menunggu lunasnya janji itu. Mereka belum mendapat pendidikan yang layak, mereka belum terangkat kehidupan ekonomi dan sosialnya.Indonesia Mengajar tak berambisi hadir sebagai solusi yang menyelesaikan seluruh persoalan pendidikan di Indonesia. Namun begitu, kami meyakini bahwa kehadiran putra-putri terbaik Indonesia sebagai guru akan ikut mendorong peningkatan kualitas pendidikan kita. Melalui Indonesia Mengajar, para calon pemimpin memiliki kesempatan mengembangkan pemahaman akar rumput Indonesia, yang beraneka ragam dan memiliki persoalan-persoalan yang juga kompleks. Selain itu, masa petualangan ini merupakan wahana pendewasaan diri dan latihan kepemimpinan yang alami

PendidikanJl. Senayan Bawah No. 17,

 

Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran

Baru, Jakarta Selatan 12180

2.Komunitas 1001 Buku

Komunitas 1001buku merupakan organisasi nirlaba, sebuah jaringan relawan dan pengelola taman bacaan anak. Berangkat dari keprihatinan atas kurangnya ketersediaan akses atas bahan bacaan bagi anak-anak Indonesia, komunitas ini telah berkembang menjadi yayasan dengan jaringan taman baca yang tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara dan Sulawesi. Komunitas 1001Buku berangkat dengan mengumpulkan dan mendistribusikan bahan bacaan anak serta penguatan taman baca. Sejalan dengan perkembangannya, 1001buku memfasilitasi penguatan taman-taman bacaan anak yang tergabung dalam Jaringan Taman Bacaan Anak 1001buku melalui pengembangan kapasitas, penyediaan materi dan acara yang dibutuhkan agar Taman Baca menjadi lebih berkelanjutan. 1001buku juga melakukan kampanye-kampanye literasi dan memperkokoh jiwa kerelawanan di seluruh nusantara

PendidikanJl. Menara Air no 19 RT07/11 Manggarai

 

 

Kota Administrasi Jakarta Timur, DKI Jakarta

3.Save Street Child

Save Street Child adalah komunitas skala nasional yang berupaya menjadi wadah penggerak yang peduli terhadap permasalahan anak jalanan. Kegiatan yang dilakukan banyak, dengan lebih berfokus pada diseminasi dan kampanye kepedulian tentang anak jalanan.Komunitas Save Street Child berusaha untuk memanusiakan mereka kembali dengan berfokus pada kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti semua lapisan masyarakat supaya bisa bergerak bersama, misalnya even-even, dan program pemberdayaan melalui pendidikan.Komunitas ini juga bekerja sama dengan berbagai pihak tanpa ingin bergantung secara jangka panjang, dan memiliki kegiatan galang-dana (fundraising) untuk menopang keuangan secara mandiri dan independen.

Permasalahan Anak JalananJl. Jagiran no.64, Surabaya , Jawa Timur , Indonesia , Surabaya , Jawa Timur , Indonesia
4.Transformasi Hijau

Transformasi Hijau adalah komunitas relawan yang bergerak pada isu pendidikan lingkungan dengan mendorong para generasi muda sebagai pemeran utama dalam upaya pelestarian lingkunganegiatan yang dilakukan TRASHI merupakan kegiatan sosial, karena TRASHI tidak dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu, selain melibatkan sekolah, TRASHI juga menggandeng komunitas dan organisasi lingkungan di Jakarta seperti GEF, Yayasan KEHATI, Rimbawan Muda Indonesia, Jakarta Green Monster, River For Life, Biotiful Jakarta, Teens Go Green, Jakarta Birdwatcher’s Society, Kelompok Studi Ekologi Perairan Universitas Nasional, dan UKF Institut Pertanian Bogor.

Pendidikan lingkungan 
5.Komunitas Jendela

Komunitas Jendela adalah sebuah komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan anak, khususnya untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Namun kegiatannya tidak terbatas perpustakaan saja. Sesuai dengan tagline mereka yaitu “We are not just building a library, we are building a future”.Sebenarnya basis Komunitas Jendela itu di Jogja, namun saat ini mereka buka “cabang” di Jakarta. Kegiatan rutin yang sudah dijalankan Komunitas Jendela di Jogja adalah “Bermain Sambil Belajar” bareng anak-anak di shelter Merapi.Untuk yang di Jakarta konsep kegiatan Komunitas Jendela konsepnya sama, namun sasaran mereka adalah anak-anak dari keluarga pemulung yang tidak mempunyai kesempatan untuk bersekolah. Aktivitasnya adalah mengajar membaca, menulis, dan berhitung, sambil tetap memperkenalkan buku ke anak-anak tersebut.

Pendidikan AnakAlamat: Jl. Manggarai Utara VI No.17 RT, RT.VI RT/RW.1, Manggarai, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12850

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lembar Aktivitas 17 IPS Halaman 249 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mengenal Akar Lebih Jauh

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca juga

Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 124 Kelas 7
Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 118 Kelas 7
Jawaban Siswa Aktif PPKn Halaman 115 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *