Jawaban Lembar Aktivitas 12 IPS Halaman 230 Kelas 7

Jawaban Lembar Aktivitas 12 IPS Halaman 230 Kelas 7

Jawaban Lembar Aktivitas 12 IPS Halaman 230 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Lembar Aktivitas 12 Aktivitas Individu” Muatan Pelajaran IPS kelas VII BAB IV. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Pemberdayaan Masyarakat.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPS Halaman 230 Kelas 7

Lembar Aktivitas 12 Aktivitas Individu

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang

Jawaban

Adik adik membuat kelompok yang terdiri dari 4-5 orang sesuai petunjuk dan arahan dari guru.

2. Carilah data jumlah penduduk miskin di Indonesia dari tahun ke tahun!

Jawaban

Data jumlah penduduk miskin di indonesia 5 Tahun terakhir

TahunData penduduk miskin di Indonesia
Tahun 201727,77 juta orang
Tahun 201825,85 juta orang
Tahun 201924,79 juta orang
Tahun 202027,55 juta orang
Tahun 202126,50 juta orang

Penjelasan

Terdapat beberapa indikator kemiskinan yang digunakan BPS (Badan Pusat Statistik) untuk mengukur kemiskinan.
Indikator kemiskinan tersebut meliputi penduduk miskin, garis kemiskinan, persentase penduduk miskin, indeks kedalaman kemiskinan, indeks keparahan kemiskinan, gini ratio, dan ukuran bank dunia.

Baca Juga :  Berdasarkan catatan Zoro, berapa banyak tempat ruang yang tidak pernah dipinjam pada hari Senin maupun hari Selasa?

Data Kemiskinan di Indonesia 5 Tahun Terakhir

Tahun 2017

Data kemiskinan di Indonesia 5 tahun terakhir dimulai dari tahun 2017. Tepatnya di bulan Maret 2017, jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah Garis Kemiskinan) di Indonesia tercatat 27,77 juta orang atau setara dengan 10,64%.

Data tersebut bertambah sebesar 6,90 ribu orang, jika dibandingkan dengan bulan September 2016 yang tercatat sebesar 27,76 juta orang atau setara dengan 10,70%.

Tahun 2018

Jumlah penduduk miskin 2018 yang tercatat pada bulan Maret, tercatat hingga 25,95 juta orang atau setara dengan 9,82%.

Meskipun termasuk tinggi, namun jumlahnya berkurang sebesar 633,2 ribu orang jika dibandingkan dengan bulan September tahun 2017 yakni sebesar 26,58 juta orang setara dengan 10,12%.

Tahun 2019

Data kemiskinan di Indonesia selanjutnya adalah tahun 2019. Jumlah penduduk miskin di Indonesia pada bulan September 2019 tercatat sebesar 24,79 juta orang.

Data tersebut menurun 0,36 juta orang jika dibandingkan dengan bulan Maret 2019. Selain itu juga menurun 0,88 juta orang jika dibandingkan bulan September 2018.

Tahun 2020

Pada September 2020, jumlah penduduk miskin tercatat hingga 27,55 juta orang. Data tersebut mengalami peningkatan sebesar 1,13 juta orang dari bulan Maret 2020.

Sedangkan jika dibandingkan dengan bulan September 2019, jumlah penduduk miskin meningkat hingga 2,76 juta orang.

Tahun 2021

Berdasarkan data yang tercatat pada bulan September 2021, jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 26,50 juta orang. Jumlah tersebut menurun 1,04 juta orang dibandingkan bulan Maret 2021.

Selain itu jumlah tersebut juga mengalami penurunan sebesar 1,05 juta orang dibandingkan bulan September 2020.

Indikator Kemiskinan di Indonesia

Terdapat beberapa indikator kemiskinan yang digunakan BPS (Badan Pusat Statistik) untuk mengukur kemiskinan.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block Halaman 177 178 179 180 Kurikulum Merdeka

a. Penduduk Miskin

Penggunaan pendekatan ini, akan melihat kemiskinan sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan.

Namun bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran. Penduduk akan digolongkan sebagai penduduk miskin apabila rata-rata pengeluaran per kapita/bulannya di bawah garis kemiskinan.

b. Garis Kemiskinan

Garis kemiskinan (GK) merupakan gambaran dari nilai rupiah pengeluaran minimum yang dibutuhkan seseorang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya selama sebulan.

Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan makanan maupun non makanan. GK dibagi menjadi Garis Kemiskinan Makanan (GKM) dan Garis Kemiskinan Non Makanan (GKNM).

c. Persentase Penduduk Miskin

Persentase kemiskinan ini juga bisa disebut dengan tingkat kemiskinan yang menggambarkan proporsi penduduk miskin di suatu wilayah. Untuk perhitungan dari tingkat kemiskinan ini dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu.

d. Indeks Kedalaman Kemiskinan

Indeks kedalaman kemiskinan adalah rata-rata kesenjangan pengeluaran pada masing-masing penduduk miskin terhadap GK. Jika nilai indeks semakin tinggi, maka semakin jauh juga rata-rata pengeluaran penduduk dari garis kemiskinan (GK).

e. Indeks Keparahan Kemiskinan

Indeks keparahan kemiskinan merupakan gambaran terkait penyebaran pengeluaran di antara penduduk miskin. Apabila semakin tinggi nilai indeksnya, maka akan semakin tinggi pula ketimpangan pengeluaran diantara penduduk miskin.

f. Gini Ratio

Gini ratio merupakan salah satu ukuran ketimpangan pengeluaran yang digunakan. Untuk nilai gini ratio sendiri berkisar di angka 0 dan 1. Jika nilai gini ratio semakin mengarah ke angka 1, maka mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat ketimpangan yang ada.

g. Ukuran Bank Dunia

Ukuran bank dunia juga menjadi salah satu ukuran ketimpangan. Indikator kemiskinan ini mengacu pada persentase pengeluaran kelompok 40% penduduk terbawah. Untuk kriterianya meliputi berikut ini:

– Terdapat ketimpangan tinggi apabila kelompok 40% penduduk terendah lebih kecil dari 12%.
– Terdapat ketimpangan menengah jika kelompok 40% penduduk terendah berkisar antara 12% hingga 17%.
– Terdapat ketimpangan rendah apabila kelompok 40% penduduk terendah lebih besar dari 17%.

Baca Juga :  Jawaban Mari Kita Periksa Matematika Halaman 128 Kelas 7

3. Identifikasi kecenderungannya, apakah mengalami peningkatan atau penurunan

Jawaban

Berdasarkan data diatas angka kemiskinan di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami tren penurunan. Penurunan persentase dan jumlah penduduk miskin tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk terus melindungi masyarakat miskin dan rentan miskin melalui berbagai program bantuan sosial. Beberapa program pemerintah untuk mengatasi kemiskinan antara lain Program penanggulangan kemiskinan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), dan Program Bantuan Pendidikan

4. Buatlah sebuah kesimpulan disertai alasan logis

Jawaban

Terdapat beberapa indikator kemiskinan yang digunakan BPS (Badan Pusat Statistik) untuk mengukur kemiskinan. Indikator kemiskinan tersebut meliputi
a. Penduduk miskin
b. Garis kemiskinan
c. Persentase penduduk miskin
d. Indeks kedalaman kemiskinan
e. Indeks keparahan kemiskinan
f. Gini ratio
g. Ukuran bank dunia.
Berdasarkan data diatas, dalam 5 tahun terakhir angka kemiskinan di Indonesia mengalami penurunan. Penurunan tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah dalam menekan angka kemiskinan dengan berbagai macam program diataranya Program Keluarga Harapan (PKH), Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Program Bantuan Pendidikan.

5. Kumpulkan kepada guru untuk diperiksa kemudian presentasikan di depan kelas

Jawaban

Hasil diskusi dikumpulkan kepada guru kelas dan presentasikan hasil diskusi tersebut dengan benar.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lembar Aktivitas 12 IPS Halaman 230 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Lembar Aktivitas 17 IPS Halaman 249 Kelas 7
Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Halaman 237 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *