Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Halaman 237 Kelas 7

Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Halaman 237 Kelas 7

Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Halaman 237 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Lembar Aktivitas 14 Aktivitas Individu” Muatan Pelajaran IPS kelas VII BAB IV. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Pemberdayaan Masyarakat.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPS Halaman 237 Kelas 7

Lembar Aktivitas 14 Aktivitas Individu

1. Setelah mempelajari materi tentang tabungan dan investasi kalian dapat mengetahui perbedaan di antara keduanya. Apakah perbedaan antara tabungan dan investasi?

Jawaban

Investasi adalah segala macam usaha yang dilakukan seseorang untuk menambah nilai dari aset yang telah dimilikinya.
Sedangkan tabungan lebih ke arah proses menyimpan sebagian hasil pendapatan yang disimpan atau disisihkan untuk kepentingan di masa mendatang, walaupun pada praktiknya menabung bisa meningkatkan nilai aset (uang) kita dalam bentuk tambahan bunga.

Penjelasan

Tabungan, merupakan produk bank yang paling populer dan paling dikenal masyarakat.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 252

Beberapa karakteristik produk tabungan perbankan adalah:

  1. Uang yang tersimpan umumnya untuk tujuan jangka pendek
  2. Pertumbuhan nilai aset sangat lambat
  3. Minim risiko/hampir tidak berisiko apapun
  4. Uang yang tersimpan bisa ditarik/dicairkan secara langsung

Menurut Undang-undang No.10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, definisi tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan sesuai persyaratan tertentu yang telah disepakati. Tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro atau alat lainnya yang disamakan dengan itu

Adapun tujuan menabung di bank adalah untuk menyisihkan sebagian hasil pendapatan nasabah untuk dikumpulkan sebagai cadangan kebutuhan masa depan dan sebagai alat untuk melakukan transaksi bisnis atau usaha baik secara individu maupun kelompok.

Uang yang ada di dalam tabungan bisa ditarik dengan menggunakan: buku tabungan, slip penarikan, kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri), serta sarana lainnya, seperti: formulir transfer, internet banking, mobile banking dan sebagainya.

Berbeda dengan tabungan, produk investasi lebih ke arah peningkatan aset dalam bentuk imbal balik dari dana yang kita investasikan. Beberapa karakteristik investasi bisa kita lihat berikut ini:

  1. Untuk kepentingan jangka panjang, sehingga tidak dapat digunakan untuk kepentingan mendadak atau jaga-jaga
  2. Pertumbuhan atau penambahan nilai aset lebih cepat
  3. Lebih berisiko, namun dapat memberikan banyak keuntungan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Investasi merupakan penanaman uang pada suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Jadi investasi adalah membeli aset yang diharapkan di masa depan dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi.

Sehingga harapan keuntungan di masa depan merupakan kompensasi atas waktu dan risiko atas investasi yang dilakukan. Ada banyak pilihan berinvestasi, antara lain: deposito, membeli tanah dan bangunan, obligasi, membeli emas, saham, reksa dana, obligasi ORI, sukuk dan sebagainya.

Baca Juga :  Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 144 Kelas 7

2. Jika kalian diberikan uang Rp1.000.000 apakah kalian akan menggunakannya untuk menabung atau melakukan investasi? Berikan alasannya!

Jawaban

Saya akan menggunakan dana tersebut untuk investasi. Mengapa saya gunakan untuk investasi karena saya masih pelajar dan masih harus menempuh Pendidikan yang lebih tinggi, jadi dana tersebut saya gunakan untuk persiapan pendidikan saya selanjutnya.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Halaman 237 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Lembar Aktivitas 17 IPS Halaman 249 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *