Jawaban Lembar Aktivitas 9 IPS Halaman 222 Kelas 7

Jawaban Lembar Aktivitas 9 IPS Halaman 222 Kelas 7

Jawaban Lembar Aktivitas 9 IPS Halaman 222 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Lembar Aktivitas 9 Aktivitas Individu” Muatan Pelajaran IPS kelas VII BAB IV. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Pemberdayaan Masyarakat.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPS Halaman 222 Kelas 7

Lembar Aktivitas 9 Aktivitas Individu

Bagaimana sebab-sebab dan akibat dari konflik Aceh dan Portugis?

Jawaban

Kedatangan bangsa barat di Indonesia memengaruhi adanya berbagai penaklukan yang dilancarkan satu sama lain. Perlawanan tersebut, salah satunya datang dari Aceh yang berperang melawan Portugis.

Pada 1511, bangsa Portugis di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque berhasil menaklukkan Malaka. Kala itu, Malaka, Aceh, dan Johor memegang peranan penting sebagai bandar perdagangan rempah-rempah internasional.

Berbeda dengan kerajaan Islam di wilayah tersebut, sejak awal Aceh tidak pernah berkompromi dengan Portugis, bahkan cenderung melakukan tindakan militer melawan mereka. Pada tiga dekade awal abad ke-16, rakyat Aceh melakukan perlawanan terhadap Portugis dan berhasil mengusirnya dari Daya (1520), Pidie (1521), dan Pasai (1524).

Baca Juga :  UUD 45 sebagai Dasar Hukum Tertulis

Kemenangan yang diraih itu berhasil menyelamatkan Sumatera bagian utara dari laju intervensi bangsa Eropa untuk beberapa abad. Hal ini juga telah membawa Aceh menjadi sebuah kekuatan yang besar, bahkan senjata altilerinya diduga lebih banyak daripada yang dimiliki oleh benteng Portugis di Malaka.


Sebab konflik Aceh dan Portugis
Kedudukan Malaka yang sangat penting dalam perdagangan dunia menarik bangsa asing untuk memperebutkan wilayah ini. Aceh sebagai wilayah yang berdekatan dengan Malaka melihat keuntungan politik dan ekonomis apabila menguasai daerah ini. Meskipun demikian, upaya Aceh menguasai Malaka tidak mudah karena harus berhadapan dengan portugis yang telah berkuasa di Aceh sejak tahun 1511.
Portugis dianggap sebagai ancaman yang dapat menggagalkan cita-cita Aceh dan mengganggu kadaulatan Aceh. Pertumbuhan Aceh sebagai kekuatan baru yang begitu pesat menimbulkan kehawatiran Portugis. Portugis menganggap Aceh sebagai sumber kekayaan sekaligus ancaman. Oleh karena itu, pada tahun 1523 dan 1524 Portugis mengirim pasukan untuk menyerang Aceh. Akan tetapi, kedua serangan tersebut berhasil dikalahkan oleh pasukan Aceh.
Dengan demikian, latar belakang terjadinya perlawanan kesultanan Aceh adalah tindakan Portugis yang menjadi pesaing berat dalam perdagangan di Malaka yang melakukan monopoli perdagangan sehingga Portugis dianggap sebagai ancaman yang dapat menggagalkan cita-cita Aceh dan mengganggu kadaulatan Aceh.

Akibat konflik Aceh dan Portugis
Setelah Aceh mengalami kekalahan perang yang berkali-kali membuat Aceh tidak mempunyai pengaruh lagi diperdagangan dan pengaruh di kerajaan di tanah Melayu dan membuat Portugis semakin besar, walaupun Aceh kalah perang dengan Portugis tapi Aceh tidak bisa dikuasai oleh Portugis.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lembar Aktivitas 9 IPS Halaman 222 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 8 Aktivitas BK-K8-03-U Pupuk Ajaib Halaman 28 29 Kurikulum Merdeka

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Lembar Aktivitas 17 IPS Halaman 249 Kelas 7
Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Halaman 237 Kelas 7
Jawaban Lembar Aktivitas 12 IPS Halaman 230 Kelas 7
Jawaban Lembar Aktivitas 11 IPS Halaman 229 Kelas 7
Jawaban Lembar Aktivitas 10 IPS Halaman 225 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *