Bongkar Rahasia Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1


Bongkar Rahasia Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1

Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1 merupakan sebuah perangkat ajar yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka. Perangkat ini berisi berbagai materi dan kegiatan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa kelas 4 semester 1.

Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

Disusun berdasarkan prinsip-prinsip kurikulum merdeka, yaitu berpusat pada peserta didik, sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik, serta fleksibel.Menyediakan berbagai materi dan kegiatan pembelajaran yang menarik dan inovatif.Membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Dengan menggunakan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka, diharapkan proses pembelajaran di kelas 4 semester 1 dapat berlangsung lebih efektif dan menyenangkan. Siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka, serta mengembangkan kompetensi sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1

Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1 merupakan perangkat penting yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka. Perangkat ini memiliki beberapa aspek penting, yaitu:

  • Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
  • Kegiatan Pembelajaran: Merinci langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
  • Materi Pembelajaran: Menyajikan materi atau bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran.
  • Penilaian Pembelajaran: Menjelaskan teknik penilaian yang akan digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa.
  • Media Pembelajaran: Mencantumkan media atau alat bantu yang akan digunakan dalam pembelajaran.
  • Sumber Belajar: Mencantumkan sumber belajar yang dapat digunakan siswa untuk mendalami materi.
  • Glosarium: Menjelaskan istilah-istilah penting yang digunakan dalam pembelajaran.
  • Lampiran: Berisi dokumen pendukung atau tambahan yang melengkapi perangkat pembelajaran.

Semua aspek tersebut saling terkait dan membentuk kesatuan yang utuh dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1. Dengan menggunakan perangkat ini, guru dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien, serta membantu siswa mencapai kompetensi sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

Tujuan pembelajaran merupakan komponen penting dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1. Tujuan pembelajaran berfungsi sebagai acuan atau arah yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur akan membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang efektif.

Dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1, tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara spesifik, terukur, dan sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Tujuan pembelajaran yang spesifik akan memudahkan guru dalam menentukan indikator keberhasilan belajar siswa. Tujuan pembelajaran yang terukur akan memudahkan guru dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa. Sedangkan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar akan memastikan bahwa pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Dengan merumuskan tujuan pembelajaran yang baik, guru dapat mengarahkan pembelajaran secara lebih efektif dan efisien. Guru dapat memilih materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Selain itu, tujuan pembelajaran yang jelas juga akan membantu siswa dalam memahami tujuan belajar mereka dan memotivasi mereka untuk belajar.

Kegiatan Pembelajaran: Merinci langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

Kegiatan pembelajaran merupakan komponen penting dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1. Kegiatan pembelajaran berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran yang dirancang dengan baik akan membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

  • Perencanaan Kegiatan Pembelajaran

    Dalam menyusun kegiatan pembelajaran, guru perlu mempertimbangkan beberapa aspek, seperti tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, materi pembelajaran, dan sumber daya yang tersedia. Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran, seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah, dan eksperimen.

  • Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran

    Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru harus mengikuti langkah-langkah yang telah direncanakan. Guru harus menciptakan suasana belajar yang kondusif dan memotivasi siswa untuk belajar. Guru juga harus memberikan bimbingan dan fasilitasi kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

  • Evaluasi Kegiatan Pembelajaran

    Setelah kegiatan pembelajaran selesai, guru perlu melakukan evaluasi untuk mengetahui efektivitas kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti tes tertulis, tes lisan, pengamatan, dan penilaian portofolio. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Dengan merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang baik, guru dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kegiatan pembelajaran yang efektif akan membuat siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam belajar.

Materi Pembelajaran: Menyajikan materi atau bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Materi pembelajaran merupakan komponen penting dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1. Materi pembelajaran berfungsi sebagai bahan atau materi yang akan dipelajari oleh siswa dalam suatu kegiatan pembelajaran. Materi pembelajaran yang baik akan membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Rahasia menyusun RPP Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka yang Powerful

  • Relevansi dengan Tujuan Pembelajaran

    Materi pembelajaran harus relevan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Materi pembelajaran yang relevan akan memudahkan siswa dalam memahami konsep dan keterampilan yang akan dipelajari. Selain itu, materi pembelajaran yang relevan juga akan membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar.

  • Sesuai dengan Karakteristik Siswa

    Materi pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik siswa, baik dari segi usia, tingkat perkembangan kognitif, maupun latar belakang budaya. Materi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa akan memudahkan siswa dalam memahami dan menguasai materi pembelajaran.

  • Variatif dan Inovatif

    Materi pembelajaran harus variatif dan inovatif agar siswa tidak merasa bosan dan tetap termotivasi untuk belajar. Guru dapat menggunakan berbagai jenis media pembelajaran, seperti buku teks, video, gambar, dan permainan untuk membuat materi pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

  • Dapat Diakses

    Materi pembelajaran harus dapat diakses oleh semua siswa, termasuk siswa yang berkebutuhan khusus. Guru dapat menyediakan materi pembelajaran dalam berbagai format, seperti cetak, digital, dan audio untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda.

Dengan menyediakan materi pembelajaran yang baik, guru dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Materi pembelajaran yang efektif akan membuat siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam belajar.

Penilaian Pembelajaran: Menjelaskan teknik penilaian yang akan digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa.

Penilaian pembelajaran merupakan komponen penting dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1. Penilaian pembelajaran berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa dan memberikan umpan balik kepada siswa dan guru untuk memperbaiki proses pembelajaran.

  • Relevansi dengan Tujuan Pembelajaran

    Teknik penilaian yang digunakan harus relevan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Teknik penilaian yang relevan akan memberikan informasi yang akurat tentang pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran.

  • Sesuai dengan Karakteristik Siswa

    Teknik penilaian harus sesuai dengan karakteristik siswa, baik dari segi usia, tingkat perkembangan kognitif, maupun latar belakang budaya. Teknik penilaian yang sesuai dengan karakteristik siswa akan memudahkan siswa dalam menunjukkan kompetensinya.

  • Variatif dan Inovatif

    Teknik penilaian harus variatif dan inovatif agar siswa tidak merasa bosan dan tetap termotivasi untuk belajar. Guru dapat menggunakan berbagai jenis teknik penilaian, seperti tes tertulis, tes lisan, pengamatan, dan penilaian portofolio untuk mengukur hasil belajar siswa.

  • Objektif dan Adil

    Teknik penilaian harus objektif dan adil agar hasil penilaian dapat dipercaya. Teknik penilaian yang objektif dan adil akan memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk menunjukkan kompetensinya.

Dengan menggunakan teknik penilaian yang baik, guru dapat memberikan umpan balik yang tepat kepada siswa dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian pembelajaran yang efektif akan membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Media Pembelajaran: Mencantumkan media atau alat bantu yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1, media pembelajaran merupakan komponen penting yang mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

  • Media Visual

    Media visual, seperti gambar, grafik, dan video, dapat membantu siswa dalam memahami konsep dan informasi yang abstrak. Media visual juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

  • Media Audio

    Media audio, seperti musik, rekaman suara, dan podcast, dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan dan pemahaman mereka. Media audio juga dapat digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif.

  • Media Manipulatif

    Media manipulatif, seperti benda-benda nyata, model, dan permainan, dapat membantu siswa dalam memahami konsep dan keterampilan melalui pengalaman langsung. Media manipulatif juga dapat mengembangkan keterampilan motorik dan kreativitas siswa.

  • Media Digital

    Media digital, seperti komputer, tablet, dan smartphone, dapat membantu siswa dalam mengakses informasi secara cepat dan mudah. Media digital juga dapat digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan kolaboratif.

Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, guru dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Media pembelajaran dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan lebih baik, meningkatkan motivasi belajar, dan mengembangkan berbagai keterampilan.

Sumber Belajar: Mencantumkan sumber belajar yang dapat digunakan siswa untuk mendalami materi.

Dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1, sumber belajar memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran siswa. Sumber belajar berfungsi sebagai referensi atau bahan tambahan yang dapat digunakan siswa untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran.

Baca Juga :  Panduan RPP Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD: Temukan Inovasi Pembelajaran!

  • Jenis Sumber Belajar

    Sumber belajar dapat berupa buku teks, buku nonteks, jurnal ilmiah, artikel, website, video, dan sumber belajar lainnya yang relevan dengan materi pembelajaran. Guru dapat menyediakan sumber belajar yang beragam untuk mengakomodasi gaya belajar yang berbeda-beda pada siswa.

  • Aksesibilitas Sumber Belajar

    Sumber belajar harus mudah diakses oleh siswa. Guru dapat menyediakan sumber belajar di perpustakaan sekolah, menyediakan tautan ke sumber belajar online, atau meminta siswa untuk membawa sumber belajar sendiri dari rumah.

  • Rekomendasi Sumber Belajar

    Guru dapat merekomendasikan sumber belajar tertentu yang dianggap relevan dan berkualitas. Rekomendasi sumber belajar dapat diberikan dalam bentuk daftar bacaan, daftar website, atau rekomendasi buku.

  • Pemanfaatan Sumber Belajar

    Guru dapat memberikan panduan kepada siswa tentang cara memanfaatkan sumber belajar secara efektif. Siswa dapat diarahkan untuk membaca sumber belajar sebelum atau sesudah pembelajaran, membuat catatan dari sumber belajar, atau mendiskusikan sumber belajar dengan teman sebaya.

Dengan menyediakan sumber belajar yang beragam dan mudah diakses, serta memberikan panduan tentang cara memanfaatkannya secara efektif, guru dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri dan memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran.

Glosarium: Menjelaskan istilah-istilah penting yang digunakan dalam pembelajaran.

Glosarium merupakan komponen penting dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1. Glosarium berfungsi untuk menjelaskan istilah-istilah penting yang digunakan dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan mendalam.

Dalam konteks kurikulum merdeka, glosarium menjadi semakin penting karena kurikulum ini menekankan pada pengembangan kompetensi siswa melalui pembelajaran yang bermakna dan holistik. Siswa dituntut untuk memahami konsep-konsep mendasar dan istilah-istilah penting dalam berbagai mata pelajaran. Tanpa glosarium, siswa mungkin akan kesulitan memahami materi pembelajaran dan mencapai kompetensi yang diharapkan.

Selain itu, glosarium juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan belajar mandiri. Siswa dapat menggunakan glosarium untuk mencari tahu arti istilah-istilah yang belum mereka ketahui, sehingga mereka tidak perlu selalu bergantung pada guru atau orang lain untuk mendapatkan penjelasan. Hal ini akan mendorong siswa untuk menjadi lebih aktif dan bertanggung jawab dalam proses belajar mereka.

Oleh karena itu, keberadaan glosarium dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1 sangatlah penting. Glosarium dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah, mengembangkan kompetensi, dan menjadi lebih mandiri dalam belajar.

Lampiran: Berisi dokumen pendukung atau tambahan yang melengkapi perangkat pembelajaran.

Dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1, lampiran merupakan komponen penting yang berfungsi untuk melengkapi dan memperkuat materi pembelajaran. Lampiran dapat berisi berbagai dokumen atau bahan tambahan yang relevan dengan topik yang dibahas dalam perangkat pembelajaran.

Beberapa jenis dokumen yang dapat disertakan dalam lampiran antara lain:
– Lembar kerja siswa
– Lembar penilaian
– Pedoman penilaian
– Materi pengayaan
– Sumber belajar tambahan

Lampiran memiliki beberapa manfaat penting, di antaranya:
Memberikan informasi tambahan yang tidak dapat dimuat dalam perangkat pembelajaran utama.
Memperkaya pengalaman belajar siswa dengan menyediakan bahan-bahan yang dapat memperluas wawasan dan pemahaman mereka.
Membantu siswa dalam mengerjakan tugas atau kegiatan pembelajaran, seperti lembar kerja dan lembar penilaian.
Memberikan panduan yang jelas bagi guru dalam melaksanakan penilaian dan menilai hasil belajar siswa.

Dengan demikian, lampiran merupakan komponen penting dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka kelas 4 semester 1 yang dapat mendukung proses pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi siswa.

Pertanyaan Umum tentang Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya seputar Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1:

Pertanyaan 1: Apa itu Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka?

Jawaban: Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah seperangkat dokumen yang berisi panduan dan bahan ajar untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Pertanyaan 2: Apa saja komponen utama dalam Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka?

Jawaban: Komponen utama dalam Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka meliputi Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Glosarium, dan Lampiran.

Pertanyaan 3: Apa manfaat menggunakan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka?

Jawaban: Menggunakan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka dapat membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien, serta membantu siswa dalam mencapai kompetensi sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Baca Juga :  Temukan Rahasia RPP Kurikulum Merdeka Kelas 2 Semester 2 untuk Pembelajaran Efektif

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mendapatkan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka?

Jawaban: Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka dapat diunduh secara gratis dari situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pertanyaan 5: Apakah Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka bersifat wajib digunakan?

Jawaban: Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka tidak bersifat wajib digunakan, namun sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Pertanyaan 6: Apakah Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka dapat dimodifikasi?

Jawaban: Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di masing-masing sekolah.

Dengan menggunakan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka, diharapkan proses pembelajaran di kelas 4 semester 1 dapat berlangsung lebih efektif dan menyenangkan. Siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka, serta mengembangkan kompetensi sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Artikel Terkait:

  • Panduan Penggunaan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka
  • Contoh Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1
  • Tips Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka yang Efektif

Tips Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka (P3K) merupakan perangkat penting yang digunakan guru untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Berikut beberapa tips menyusun P3K Kelas 4 Semester 1 yang efektif:

Tip 1: Pahami Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila
– Pelajari dan pahami secara mendalam tentang Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila.
– Identifikasi kompetensi dan capaian pembelajaran yang ingin dicapai dalam satu semester.

Tip 2: Libatkan Murid dalam Penyusunan P3K
– Tanyakan kepada murid tentang minat dan kebutuhan belajar mereka.
– Ajak murid berdiskusi dan berkolaborasi dalam menentukan topik dan kegiatan pembelajaran.

Tip 3: Buat Tujuan Pembelajaran yang Jelas dan Terukur
– Tujuan pembelajaran harus mengacu pada kompetensi dan capaian pembelajaran.
– Tujuan pembelajaran harus dapat diukur dan dievaluasi secara objektif.

Tip 4: Rancang Kegiatan Pembelajaran yang Variatif dan Menarik
– Gunakan metode, teknik, dan media pembelajaran yang bervariasi.
– Sesuaikan kegiatan pembelajaran dengan karakteristik dan kebutuhan murid.

Tip 5: Kembangkan Materi Pembelajaran yang Bermakna
– Pilih materi pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
– Kemas materi pembelajaran secara menarik dan mudah dipahami oleh murid.

Tip 6: Buat Penilaian Pembelajaran yang Komprehensif
– Gunakan berbagai teknik penilaian untuk mengukur pencapaian murid.
– Penilaian harus berorientasi pada proses dan hasil belajar murid.

Tip 7: Siapkan Sumber Belajar yang Memadai
– Pastikan ketersediaan sumber belajar yang cukup dan mudah diakses oleh murid.
– Manfaatkan teknologi dan sumber belajar digital untuk memperkaya proses pembelajaran.

Tip 8: Lakukan Refleksi dan Evaluasi Berkala
– Lakukan refleksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan P3K secara berkala.
– Lakukan penyesuaian dan perbaikan P3K berdasarkan hasil refleksi dan evaluasi.

Dengan mengikuti tips di atas, guru dapat menyusun P3K Kelas 4 Semester 1 yang efektif dan berkualitas. P3K yang baik akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada murid, sehingga tercapai kompetensi dan Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan.

Kesimpulan

Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka (P3K) kelas 4 semester 1 merupakan instrumen penting yang memberikan panduan bagi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka secara efektif. P3K berisi komponen-komponen penting yang saling berkaitan, meliputi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran, penilaian pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, glosarium, dan lampiran.

P3K yang disusun secara komprehensif dan tepat akan memudahkan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum merdeka. Penggunaan P3K yang efektif akan berdampak positif pada proses dan hasil belajar siswa, sehingga mereka dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan berkembang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Images References


Images References, Modul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *