Informatika Kelas 7

Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas JKI-K7-04 Proteksi File pada Pengolah Kata Halaman 132 133 Kurikulum Merdeka

Berikut.id – Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas JKI-K7-04 Proteksi File pada Pengolah Kata Halaman 132 133 Kurikulum Merdeka. Halo Adik-adik! Kali ini Berikut.id akan membahas Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas JKI-K7-04 Proteksi File pada Pengolah Kata Halaman 132 133 Kurikulum Merdeka.

 

Aktivitas JKI-K7-04: Proteksi File pada Pengolah Kata

 

Pada aktivitas kali ini, Adik-adik akan belajar untuk memproteksi sebuah file dari aplikasi pengolah kata dengan menggunakan fitur enkripsi dengan password pada Microsoft Word.

 

Apa yang Kalian Perlukan?

 

Komputer yang sudah terpasang sistem operasi dan perangkat lunak Microsoft Word.

 

Apa yang Kalian Lakukan?

 

Aktivitas 1:

 

Warung Gudeg Mbah Joyo di Jogja mempunyai resep rahasia, dan rencananya resep ini akan diberikan ke warung cabang di Solo. Resep Gudeg ini ditulis dalam file pengolah kata (doc) dan kemudian dikirim melalui surel. Untuk menghindari ada orang lain yang mengakses file ini, maka file word harus dienkripsi dengan password terlebih dahulu sebelum dikirimkan. Hal ini bertujuan agar tidak ada yang dapat mengakses file ini jika bocor ke orang lain.

 

Fitur dari aplikasi yang dipakai adalah menggunakan aplikasi Microsoft Word. Jika menggunakan aplikasi lain, maka langkah-langkah aktivitasnya juga akan berbeda. Eksplorasi fitur ini sesuai denhan aplikasi apa yang ada di sekolah.

 

1. Gunakan aplikasi Microsoft Word untuk membuat file doc yang berisi teks berikut:

 

Resep Rahasia Gudeg Mbah Joyo Bagian 2

Resep rahasia gudeg mbah Joyo yang terkenal sangat enak dan gurih adalah:

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas AD-K7-02 Laporan Data Halaman 169 170 Kurikulum Merdeka

Bahan-bahan: (sudah dikirimkan di file sebelumnya)

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Potong nangka muda menjadi bentuk dadu besar dengan ukuran sekitar 4 cm.
  2. Rebus nangka muda dalam air atau air kelapa tua secukupnya hingga lunak.
  3. Angkat dan tiriskan nangka muda.
  4. Haluskan semua bahan bumbu denhan blender atau ulekan hingga benar-benar halus.
  5. Masukkan nangka muda dan telur ke dalam panci. Tuang santan, masukkan bumbu yang telah halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan gula merah.
  6. Masak dengan api sedang hingga bumbu meresap dan kuah menyusut.
  7. Tuang santan kental, kemudian tunggu sampai kuah benar-benar susut.
  8. Gudeg nangka siap disajikan.

 

2. Simpan file tersebut dengan nama ResepGudeg2.doc.

 

3. Proteksi file tersebut dengan enkripsi dengan password, caranya: pilih menu file > info > protect document > encrypt with password > isikan password > tekan OK.

 

Gambar Aktivitas JKI-K7-04

 

Ingat, password ini sangat penting. Jika sampai lupa, file tidak dapat diakses lagi. Gunakanlah password yang tidak mudah ditebak, password juga bersifat case sensitive. Tips membuat password yang tidak mudah ditebak ialah: gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter simbol, serta panjang minimal 8 karakter.

 

4. Kirim file tersebut menggunakan surel ke cabang warung gudeg di Solo dalam bentuk attachment (dalam kasus latihan mengirim surel ini, salah satu siswa akan berperan sebagai pemilik warung di Solo)

 

Adik-adik akan belajar untuk membuka kembali file yang terenkripsi dengan password. Aktivitas ini dilakukan oleh penerima pesan, dengan langkah:

 

  1. Buka surel file resep yang telah dikirim.
  2. Unduh attachment file.
  3. Simpan dalam folder yang sesuai.
  4. Buka file doc yang dikirim dengan mengisikan password.

 

Baca Juga :  Jawaban Latihan 3.1 Soal No 5 Matematika Kelas 10 Halaman 70

Adik-adik, itulah kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas JKI-K7-04 Proteksi File pada Pengolah Kata Halaman 132 133 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Berikut.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *