Apa itu Chromebook apa Saja Keunggulannya

berikut.id – Chromebook pertama dijual di Amerika Serikat di tahun 2011. Sedangkan di Indonesia Chromebook mulai diperkenalkan Acer di tahun 2014.

Bagi yang belum pernah mendengar Chromebook dan ingin mengetahui kelebihannya, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Chromebook adalah laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS buatan Google. Sistem operasi laptop ini didesain oleh Google untuk memudahkan penggunaan, dapat beroperasi dengan cepat, berlapis sistem keamanan, dan dapat digunakan oleh banyak pengguna yang berbeda akun (shareable). Laptop Chromebook diproduksi oleh brand-brand ternama yang tidak asing di telinga kita seperti Asus, Acer. Dell, HP, Lenovo, Samsung, dan lain-lain.

Chrome OS

Sistem operasi pada Chromebook menggunakan Chrome OS. Chrome OS diciptakan oleh Google dan berbasis cloud, dengan Chrome Browser dan Google Workspace sebagai antarmuka aplikasinya. Aplikasi, data, dan juga perintah seperti mengakses, menyimpan, berbagi, dan memproses data diutamakan dilakukan pada infrastruktur server jarak jauh (cloud) milik Google, yang membutuhkan internet. Walaupun demikian, Chromebook juga dapat digunakan tanpa internet karena aplikasi yang penting untuk bekerja seperti Gmail, Google Keep, Docs, Sheets, Slides, Calendar, photo editormedia player dapat berjalan secara offline

chromeOS 101 hadir dengan perubahan nama dan layar pemuatan baru | Pecandu Linux

Selain penggunaan Chrome Browser, di tahun 2016 Google menambahkan fitur Google Play Store sehingga Anda dapat menginstall aplikasi Android ke memori internal dan menjalankannya secara online maupun offline. Lalu pada tahun 2018 Google menambah fitur yang memungkinkan program linux berjalan di Chrome OS. Mulai tahun 2020 pengguna Chromebook dapat menginstall sistem operasi Windows menggunakan aplikasi berbayar bernama Parallels Desktop yang didukung oleh Google sehingga Anda memiliki beragam pilihan platform dalam bekerja dan mengisi waktu luang.

Baca Juga :  Rekomendasi Cloud Storage Yang Bisa Kalian Pakai

Chromebook Lebih Fokus Untuk Komputer Edukasi Siswa

Di sekolah ini siswa pakai chromebook, belajar jadi lebih menarik

Fungsi edukasi pada Chromebook lebih baik daripada komputer biasa karena lebih compact dan fokus. Anda tidak perlu takut siswa lebih sering main game menggunakan gadget ini karena penggunaanya lebih terbatas. Siswa tidak akan bisa install game dengan bebas dalam alat ini. Karena itu, siswa akan lebih mudah belajar dan mengerjakan tugas tanpa harus terganggu dengan godaan kegiatan lain.

Chromebook untuk siswa juga lebih baik karena ada integrasi program Google Workspace for Education. Program ini memastikan kebutuhan mengerjakan tugas, menghadiri kelas online dan kebutuhan pembelajaran lain lebih mudah dilakukan. Fitur ini sudah terintegrasi dan tidak perlu settingan sulit seperti pada laptop biasa.

Bisa dibilang Chromebook untuk edukasi lebih mendekati smartphone tapi dengan kemampuan kerja seperti laptop. Siswa pasti tahu cara menggunakan smartphone, jadi mereka bisa mudah mempelajari penggunaan gadget ini dan menjadi lebih produktif dibandingkan laptop biasa.

 

Berbagai Kelebihan Chromebook Dibanding Laptop Biasa

Samsung Chromebook 4 Laptop | View Specs | Samsung Business Indonesia

Chromebook berguna bagi pendidikan siswa dan memang pilihan lebih tepat dibandingkan laptop. Bagi Anda yang ingin tahu kelebihan lainnya dari gadget ini, berikut adalah beberapa penjelasannya:

1. Harga yang Lebih Terjangkau

Saat melihat Chromebook vs laptop biasa, Anda akan melihat perbandingan harganya terlebih dahulu. Laptop Windows rata – rata lebih mahal dan menawarkan spec lebih tinggi. Sedangkan laptop Google ini bisa memiliki spek yang lebih rendah tapi performanya tetap baik digunakan.

Hal ini karena OS Windows lebih demanding daripada Google OS. Karena spek tidak perlu terlalu tinggi, tentu saja harga bisa ditekan jadi lebih terjangkau. Memang OS khusus pada laptop Google akan terasa aneh saat pertama menggunakan. Namun jika sudah terbiasa, kemampuannya menyaingi work PC di kantoran pada umumnya.

Baca Juga :  Cara Cek Hardisk Apakah Masih Bagus Atau Tidak

2. Lebih Mudah Digunakan dan Dipelajari

OS dan interface dari laptop Google ini lebih mendekati Android. Jadi Anda tidak perlu bingung cara menggunakannya. Baik anak – anak dan orang tua pasti lebih dekat dengan smartphone mereka. Jadi transisi mempelajari dan menggunakan gadget ini tidak akan terlalu menyulitkan.

3. Bebas Malware

Kelebihan Chromebook yang lainnya adalah bebas masalah malware. Kebanyakan virus dan malware lebih sering menyerang OS Windows. Karena hal ini, Windows memiliki proteksi tersendiri. Tapi program jahat yang menyerang Windows tersebut tidak bisa menginfeksi OS Chromebook. Jadi penggunaan Laptop Google ini jauh lebih aman.

4. Penggunaan Aplikasi Lebih Mudah

Dibandingkan Windows, aplikasi lebih mudah digunakan dan diinstal pada laptop Google ini. Selama Anda mengerti cara install aplikasi di smartphone Android, caranya akan sama di laptop Google ini. Kemudahan ini membuat masalah instalasi jarang terjadi. Mulai dari anak – anak dan orang tua pasti lebih mudah mempelajari proses instalasi program di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *