Gambar Tanaman Aquascape

Tanaman Aquascape

Tanaman Aquascape – aquascape adalah sebuah seni menghias aquarium, mulai dari menata tanaman air, karang, batuan, dan sejenisnya. Seni ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias, mereka berlomba-lomba memperindah aquarium dengan dekorasi yang unik dan menakjubkan.

 

Selain untuk memperindah aquarium, tanaman aquascape juga dapat menjadi tempat persembunyian untuk ikan. Tanaman aquascape memiliki banyak jenis, jika sobat seorang pemula sobat dapat dapat memilih tanaman yang perawatannya sederhana.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui tentang macam-macam tanaman aquascape, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Aneka Tanaman Aquascape

 

Java Moss

 

Tanaman ini banyak digunakan oleh pecinta aquascape dan perawatannya mudah. Tanaman ini juga tidak memerlukan banyak karbondioksida dan intensitas cahaya tinggi dari lampu aquarium.

 

Lilaropsis Brasiliensis

 

Tanaman yang mirip dengan rumput ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai karpet aquarium. Banyak orang memilih tanaman ini karena perawatannya yang mudah. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 5 cm, jadi sobat harus rajin memangkasnya agar tidak mengganggu ekosistem di aquascape.

 

Water Wisteria

 

Tanaman dengan nama latin Hygrophila Difformis ini sangat mudah untuk dirawat dan juga mudah ditemukan. Sobat dapat dengan mudah menemukannya di tepi sungai. Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh dan menyebar, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman karpet alami.

 

Baca Juga :  Harga Ikan Gabus

Amazon Sword

 

Seperti namanya, ikan ini memiliki daun yang panjang seperti pedang. Karena bentuk uniknya ini, tanaman amazon sword biasanya diletakkan di pojok atau di bagian belakang aquarium.

 

Java Fern

 

Tanaman dengan nama latin Microsorum pteropus ini juga cocok bagi pemula, karena tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus. Tanaman ini tidak menuntut substrat khusus, pupuk, atau CO2 tambahan. Karena tanaman ini menyerap nutrisi menggunakan daun, sobat dapay menanamnya pada kayu daripada menanamnya pasa substrat.

 

Anubias Coffeefolia

 

Tanaman yang satu ini tumbuh menyebar dan sangat cocok untuk diletakkan di bagian tengah aquascape. Banyak orang memilih tanaman ini karena bentuk daunnya yang unik dan warnanya yang cantik. Sayangnya pertumbuhan tanaman ini cukup lambat, jadi sobat harus sabar saat memeliharanya.

 

Monte Carlo

 

Tanaman yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai karpet akuarium karena tanaman ini menjalar dan pertumbuhannya cepat. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah, semakin terkena cahaya, tanaman ini dapat tumbuh lebih cepat dan lebat.

 

Dwarf Baby Tears

 

Tanaman yang berasal daru Kuba ini juga cocok untuk pemula karena perawatannya yang mudah. Tanaman jenis carpet ini memiliki pertumbuhan yang tergolong lambat. Namun jika kebutuhan cahayanya tercukupi, tanaman ini dapat tumbuh lebih cepat.

 

Small Water Clover

 

Tanaman ini merupakan tanaman air yang populer dikalangan pegiat aquascape. Tanaman ini tumbuh menjalar dengan cukup cepat, daunnya berwarna hijau segar dan berbentuk bulat. Namun tanaman ini akan tumbuh ke atas bahkan sampai ke permukaan jika pencahayaannya kurang.

 

African Water Fern

 

Tanaman yang satu ini memiliki perawatan yang mudah dan dapat tumbuh hingga beberapa tahun. Tanaman ini juga dapat hidup denhan baik meski dengan pencahayaan yang minim. Untuk menanamnya, sobat dapat mengikatnya pada batu.

 

Anubias Nana

 

Baca Juga :  Harga Ikan Patin

Tanaman ini memiliki daun berbentuk elips yang berwarna hijau dengan diameter mencapai 2cm. Banyak aquascaper menyukai tanaman ini karena perawatannya yang mudah dan tahan banting. Selain mempercantik aquarium, tanaman ini juga dapat meningkatkan kualitas air.

 

Bacopa Pink

 

Jenis tanaman ini cocok untuk diletakkan di tengah aquarium karena tampilannya yang mencolok. Jika ingin memelihara tanaman ini, sobat harus menyediakan pencahayaan dan karbondioksida yang cukup.

 

Bucephalandra Black Phantom

 

Tanaman yang berasal dari genus bucephalandra ini sangat cocok untuk diletakkan di bagian depan aquarium. Banyak yang mengatakan kalau tanaman ini berasal dari Kalimantan, Indonesia. Tanaman ini juga cukup mudah hidup dan tidak memerlukan perawatan khusus.

 

Cryptocoryne Pontederiifolia

 

Tanaman ini juga berasal dari Indonesia yang banyak ditemukan di Sumatera dan kawasan Singapura. Tanaman ini dapat beradaptasi dengan dalam berbagai keadaan dan perawatannya cukup mudah.

 

African Onion Plant

 

Tanaman yang satu ini juga dapat menghiasi aquascape sobat sekalian, sayangnya belum banyak yang memelihara tanaman ini. Tanaman ini memerlukan pencahayaan, CO2 dan nutrisi yang tinggi. Saat tanaman ini tumbuh melewati permukaan air, ia akan menghasilkan bunga yang cantik.

 

Cabomba Caroliniana

 

Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini juga merupakan tanaman aquascape yang cantik. Tanaman ini dapat tumbuh cukup cepat pada suhu 15-26° C. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah, tidak memerlukan cahaya dan CO2 yang banyak.

 

Elatine Triandra

 

Jenis tanaman yang masuk kategori carpet plant ini juga cukup bagus jika ditempatkan di bagian depan. Namun perawatannya susah susah gampang, karena memerlukan cahaya dan nutrisi yang tinggi.

 

Marsilea Hirsuta

 

Jenis tanaman karpet yang satu ini hidup menyebar dan dapat mengelilingi seisi aquarium. Untuk mendapatkan daun yang bagus, sobat harus memberinya pencahayaan yang cukup tinggi.

 

Didiplis Diandra

 

Baca Juga :  Harga Ikan Bandeng

Tanaman aquascape ini memiliki daun yang unik dan sangat menawan. Jika tanaman ini sudah melewati permukaan air, ia dapat memproduksi bunga yang cantik. Namun perawatannya cukup sulit dan kurang kami rekomendasikan bagi sobat yang masih pemula.

 

Aponogeton Ulvaceus

 

Tanaman yang masuk dalam spesies aponogeton ini berasal dari perairan Madagaskar. Tanaman ini cocok untuk diletakkan di bagian belakang, karena ia dapat tumbuh cukup tinggi. Perawatannya juga cukup mudah karena tidak memerlukan perawatan dan keahlian khusus.

 

CoonTail

 

Seperti namanya, tanaman ini memiliki daun yang unik dan berbentuk seperti ekor rakun. Tanaman ini tidak memiliki akar dan tidak terlalu peduli dengan lingkungan sekitar, sehingga cocok untuk dipelihara oles pemula.

 

Blepharostoma Trichophyllum

 

Tanaman yang masih satu jenis dengan lumut ini dapat dengan mudah tumbuh pada batu dan kayu. Tanaman ini tergolong kuat dan dapat tumbuh di tempat yang minim cahaya.

 

Daftar Harga Tanaman Aquascape

 

Jenis Tanaman Jumlah Harga
Java Moss 1 cup Rp 15.000
Lilaeopsis Brasiliensis 1 cup Rp 15.000
Water Wisteria 1 pot kecil Rp 2.500
Amazon Sword 1 pot kecil Rp 3.000
Java Fern 1 pot kecil Rp 10.000
Anubias Coffeefolia 1 tangkai Rp 75.000
Monte Carlo 1 cup Rp 10.000
Dwarf Baby Tears 10 x 10 cm Rp 15.000
Marsilea Minuta 1 cup Rp 10.000
African Water Fern 1 tangkai Rp 20.000
Anubias Nana 4 – 6 daun Rp 12.000
Bacopa SP Colorata 1 cup Rp 5.000
Bucephalandra Black Phantom 1 cup Rp 20.000
Cryptocoryne Pontederiifolia 1 pot kecil Rp 5.000
Crinum Calamistratum 1 buah Rp 200.000
Cabomba Caroliniana 1 pot kecil Rp 2.500
Elatine Triandra 1 cup Rp 15.000
Marsilea Hirsuta 1 cup Rp 20.000
Didiplis Diandra 5 tangkai Rp 5.000
Aponogeton Ulvaceus 1 tangkai Rp 250.000
Ceratophyllum Demersum 5 tangkai Rp 5.000
Blepharostoma Trichophyllum 1 cup Rp 5.000

 

Sobat dapat melihat daftar harga perlengkapan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.