Gambar Ikan Oscar

Penyakit Ikan Oscar

Penyakit Ikan Oscar – meski ikan predator ini cukup kebal terhadap penyakit, namun ada beberapa penyakit yang sangat berbahaya bagi ikan oscar. Penyakit ini dapat muncul karena kebersihan aquarium yang tidak terjaga. Karena jika aquatium kotor, berbagai macam penyakit akan menginfeksi dan dapat menular dengan mudah.

 

Nah, bagi sobat yang ingin tahu tentang apa saja penyakit ikan oscar, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Daftar Penyakit Ikan Oscar

 

Penyakit HITH

 

Penyakit yang satu ini dapat timbul karena lingkungan yang kotor dan pemberian pakan yang tidak sesuai. Jenis penyakit ini dapat berkembang pesat jika ikan terus kekurangan nutrisi. Faktor lain yang menyebabkan penyakit ini muncul adalah kurangnya kandungan oksigen di dalam aquarium.

 

Gejala

 

Gejala awal penyakit ini adalah akan muncul bulatan kecil pada wajah, insang, dan mulut ikan. Jika dibiarkan, bulatan tersebut akan berubah menjadi lubang dan mengeluarkan nanah. Jika sudah patah, ikan akan lesu dan nafsu makannya turun drastis dan akan berujung kematian jika tidak ditangani dengan baik.

 

Cara Mengobati Penyakit HITH

 

Untuk mengobati penyakit ini sobat dapat mengganti 30% air aquarium setiap 3 hari sekali secara rutin. Sobat juga dapat memberinya makan secara rutin, jika sebelumnya 2 kali sehari, sobat dapat memberikannya makan 3 kali sehari. Hal ini dangat membantu penyembuhan ikan.

 

Penyakit Jamuran

 

Jenis penyakit ini merupakan yang paling umum dan dapat menyerang hampir semua ikan. Penyakit ini dapat muncul dari luka yang ada pada rubuh ikan, bakteri akan menempel dan mengakibatkan tumbuhnya jamur.

Baca Juga :  Makanan Ikan Guppy

 

 

Selain ikan, penyakit ini juga dapat menyerang telur uang ada di dalam aquarium yang sama. Biasanya jamur yang menyerang ikan oscar adalah jenis saprolegina dan achlya. Jamur ini berukuran sangat kecil dan tidak dapat dilihiat dengan mata telanjang.

 

Gejala

 

Jika ikan terkena jamur, sobat dapat melihatnya dengan jelas pasa bagian sisik ikan. Terlebih lagi jika terdapat luka, penyakit ini akan sangat cepat berkembang. Ikan juga akan sering menggosokkan tubuhnya ke benda di sekitarnya dan nafsu makan ikan akan menurun.

 

Cara Mengobati Penyakit Jamuran

 

Terdapat 2 cara untuk mengobati penyakit ini, yakni:

 

  1. Obati dengan obat merah (mercurochrome) 0,2% dan oleskan pada bagian tubuh yang terkena penyakit menggunakan kapas bersih.
  2. Larutkan malacytgreen 0,2% sebanyak 20 ml ke dalam 20 liter air bersih dan rendam ikan yang sakit selama ½ sampai 1 jam.

 

Penyakit White Spot

 

Penyakit yang biasa disebut penyakit bintik putih ini berasal dari serangan protozoa bernama ichtyyopthirus multiffilis.

 

Gejala

 

Saat ikan terkena penyakit ini, akan muncul bintik putih pada tubuh ikan dan akan menyebar ke seluruh tubuh. Sebelum bintik ini muncul, terdapat beberapa tanda seperti banyaknya lendir pasa sisik ikan, frekuensi pernafasan meningkat drastis, dan warnanya memucat.

 

Cara Mengobati Penyakit White Spot

 

Terdapat 2 cara untuk mengobati penyakit ini, yakni:

 

  1. Larutkan zat chloramine 1% sebanyak 20 ml ke dalam 20 liter air bersih dan rendam ikan selama 1 hari penuh.
  2. Larutkan zat merurochrome 2% sebanyak 10 ml ke dalam 22,5 liter air bersih dan masukkan ikan selama 5 menit. Lakukan selama seminggu sekali sampai ada perubahan.
Baca Juga :  Harga Ikan Nemo

 

Penyakit Sisik Lepas

 

Penyakit unu terjadi karena ada aktifitas mekanis yang tidak sesuai. Misalnya sobat menaruh banyak ikan dalam aquarium yang sempit, maka akan menyebabkan gesekan yang dapat menyebabkan sisik ikan rontok.

 

Sisik ikan yang rontok juga sapat menimbulkan luka dan memunculkan penyakit jamuran yang menyebar ke seluruh tubuh. Sisik yang rontok juga akan mengurangi keindahan dan menurunkan harga jualnya.

 

Cara Mengobati Sisik Ikan Lepas

 

Saat ada sisik ika yang mengelupas, sobat dapay memberikan larutan methelene blue  kedalam aquatium agat bakteri tidak muncul dan menyebabkan penyakit jamuran.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar penyakit ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.