Gambar Penyakit White Spot

Penyakit White Spot

Penyakit White Spot – ada banyak penyakit yang dapat menyerang ikan hias, salah satunya white spot. Penyakit ini menyebabkan bintik putih pada kulit atau sisik ikan, penyakit ini sering menyerang ikan air tawar. Jika dibiarkan, bintik ini akan bertambah banyak dan mengganggu kehidupan ikan, bahkan dapat menyebabkan kematian.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit white spot, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Tingkatkan Oksigen di Dalam Aquarium

 

Selain untuk mengurangi stres pada ikan, oksigen juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ikan dan membuat kualitas hidup ikan menjadi lebih baik. Penyakit white spot dapat menyebabkan ikan sulit bernafas, adanya sistem aerasi yang baik akan membantu pernafasan ikan. Dengan menggunakan aerator pada aquarium juga dapat mencegah ikan terkena penyakit ini.

 

Berikan Metil Biru

 

Obat ini biasa digunakan oleh pembudidaya ikan hias untuk mengobati ikan yang terkena jamur, protozoa, dan mikroorganisme lain. Sobat dapat dengan mudah menemukan metil biru di toko ikan, wujud obat ini berupa cairan berwarna biru. Harga metil biru juga cukup murah dan terjangkau.

 

Untuk penggunaannya, sobat dapat memberikan 1 sampai 2 tetes metil biru untuk akuarium berukuran 20 cm. Kami sarankan agar sobat mencampurkan metil biru dengan sedikit air terlebih dahulu, lalu masukkan secara merata ke seluruh aquarium.

 

Atur Suhu Air

 

Cara selanjutnya, sobat dapat mengatur suhu air pada suhu 30°C. Suhu air yang tinggi dapat mempersulit parasit white spot menggandakan diri, lama kelamaan parasit akan mati pada suhu yang tinggi. Namun suhu dalam aquarium jangan sampai terlalu tinggi, karena ikan dapat ikut mati.

Baca Juga :  Penyakit Ikan Koi

 

Gunakan Garam Ikan

 

Cara ini merupakan yang paling sering dilakukan karena mudah dan murah. Sobat cukup memasukkan garam ikan secukupnya ke dalam aquarium yang berisi ikan hias yang ingin diobati. Sobat juga dapat menggunakan garam ikan pada aquarium biasa untuk mencegah penyakit white spot, namun dengan dosis yang rendah.

 

Beri Daun Ketapang

 

Pengobatan penyakit white spot juga bisa menggunakan daun ketapang. Pengobatan ini tidak memerlukan biaya karena sobat dapat dengan mudah menemukan daun ketapang. Daun ketapang ini befungsi untuk menurunkan pH air, banyak orang percaya daun ketapang dapat mengobati banyak penyakit ikan hias.

 

Cara penggunaannya sangat mudah, sobat cukup menaruh daun ketapang ke dalam aquarium. Lama kelamaan zat dari daun ketapang akan menyebar dan air akan berubah menjadi kecoklatan, proses ini dapat membatu menghilangkan bakteri white spot. Setelah 3 hari, sobat dapat menggantinya dengan air yang baru.

 

Kuras Seperempat Air Aquarium

 

Cara ini juga cukup efektif untuk mengurangi resiko ikan terkena penyakit karena dapat membuang bakteri di dalam aquarium. Namun jangan terlalu sering menguras aquarium, karena dapat menghilangkan zat klorin yang akan membuat ikan menjadi stres.

 

Berikan Makanan yang Higienis

 

Pemberian pakan yang higienis juga penting untuk mencegah penyakit, jika sobat masih pemula, sebaiknya sobat memberikan pakan berupa pelet saja. Namun jika sobat memelihara ikan predator, sobat dapat mengkarantina ikan yang akan dijadikan sebagai makanan terlebih dahulu.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.