Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Fungi
Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Fungi

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Fungi

Berikut.id – Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Fungi. Teman sebelumnya kita sudah membahas tentang klasifikasi makhluk hidup kingdom monera dan protista. Apakah kalian masih ingat kedua kingdom tersebut?

Monera beranggotakan organisme yang bersifat prokariotik (tidak memiliki membran inti sel). Bentuk dari sel Monera beraneka ragam, ada yang bulat, batang atau spiral. Contoh dari anggota Monera adalah golongan bakteri dan alga biru (Cyanobacteria).

Kingdom Protista merupakan kelompok makhluk hidup eukariotik (sudah memiliki membran inti sel), namun memiliki jaringan yang sederhana dan tidak memiliki organ. Sel tubuh yang menyusun Protista ada yang mirip dengan hewan, tumbuhan dan hewan tergantung jenis organismenya.

Nah, selanjutnya kita akan membahas klasifikasi makhluk hidup kingdom Fungi dan Planate.

 

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Fungi

Pernahkah kalian memakan atau melihat jamur? Apakah jamur lebih mirip tumbuhan atau hewan? Mengapa jamur tidak dikelompokkan ke dalam kerajaan tumbuhan? Bagaimana caranya jamur hidup?

Jamur mirip dengan tumbuhan tetapi tidak dapat melakukan fotosintesis. Struktur tubuh jamur ada yang uniseluler, berupa benang dan memiliki bentuk tertentu yang dapat dilihat oleh mata kita. Jamur hidup dengan cara menguraikan senyawa organik menjadi anorganik. Selain itu beberapa jamur juga hidup parasit pada organisme lainnya.

Organisme yang digolongkan ke dalam kingdom Fungi (jamur) memiliki ciri eukariotik, sel berupa hifa (benang), dinding sel terbuat dari kitin, tidak memiliki kloroplas serta dapat menghasilkan spora untuk perkembangbiakan. Bentuk jamur bervariasi dan memiliki warna yang beragam seperti pada gambar di bawah ini:

Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Fungi
 

Peranan jamur di dalam ekosistem adalah sebagai pengurai (dekomposer). Jamur dapat menguraikan senyawa organik menjadi senyawa anorganik. Jamur juga dapat hidup sebagai parasit pada makhluk hidup lainnya. Berikut adalah peranan jamur dalam kehidupan manusia.

Baca Juga :  Pengukuran dalam Metode Ilmiah (Part 2)

 

Teman, tentunya jenis jamur yang ada dalam tabel diatas dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari ya. Seperti tempe yang bias akita makan untuk lauk kita sehari-hari ternyata dalam proses pembuatannya memanfaatkan jenis jamur yaitu rhizopuz oryzae dan saccharomyces cerevisiae.

Begitu pula dengan gangguan yang ada di rambut berupa ketombe yang mengganggu di kulit kepala ternyata disebabkan oleh jenis jamur malassezia sp. Kalian bisa mencari tahu lagi jenis-jenis jamur yang berperan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu yang menguntungkan ataupun merugikan manusia.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *