Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 53 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 53 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 53 Kelas 7— Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Mari Uji Kemampuan Kalian ” materi IPA kelas VII BAB II. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobatku semuanya dapat memahami materi tentang Zat dan Perubahannya.

Lebih baik adik adik sebelum mengerjakan soal, membaca dan memahami materinya terlebih dahulu yang ada pada halaman sebelumnya. Dengan membaca materinya terlebih dahulu akan memudahkan adik adik dalam menyelesaikan soal.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 53 Kelas 7

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Jelaskanlah peristiwa-peristiwa di bawah ini dari segi keadaan partikel[1]partikelnya.
a. Kalian tidak dapat menghancurkan baja dengan tangan kalian.
b. Susu dapat mengalir dan mengikuti bentuk gelas atau cangkir atau termos.
c. Kalian dapat merasakan hembusan angin di wajah kalian.

Jawaban

a. Kalian tidak dapat menghancurkan baja dengan tangan kalian.
Penjelasan
Baja merupakan zat padat yang mempunyai jarak partikel rapat serta pola teratur, dan berkaitan secara kuat sehingga sulit untuk dihancurkan.
Baja merupakan benda padat sedangkan zat padat mempunyai sifat bentuk dan volumenya tetap. Bentuknya tetap dikarenakan partikel-partikel pada zat padat saling berdekatan, tersusun teratur dan mempunyai gaya tarik antar partikel sangat kuat. Volumenya tetap dikarenakan partikel pada zat padat dapat bergerak dan berputar pada kedudukannya saja.
Baja adalah paduan logam yang tersusun dari besi sebagai unsur utama dan karbon sebagai unsur penguat. Kandungan baja yang utama adalah Besi (Fe) dengan kadar 97% dan Karbon (C) dengan kadar 0,2% hingga 2,1%, serta unsur paduan lain yaitu Mangan (Mn), Krom (Cr), Vanadium(V), Nikel (Ni), Silikon (Si), tembaga (Cu), sulfur (S), fosfor (P) dan lainnya dengan jumlah yang dibatasi dan berbeda-beda.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Analisis Gambar “Itam dan U”

b. Susu dapat mengalir dan mengikuti bentuk gelas atau cangkir atau termos.
Penjelasan
Susu merupakan zat cair yang mempunyai partikel yang jaraknya tidak sedekat zat padat, dan tidak terikat secara kuat, dapat mengalir, serta bergerak acak sehingga dapat bergerak sesuai dengan bentuk wadahnya.
Zat cair merupakan salah satu wujud zat yang ada di bumi. Zat cair adalah zat yang memiliki sifat utama mengikuti bentuk wadahnya namun memiliki volume yang tetap. Contoh zat cair yaitu air, susu, sirup, minyak goreng, tinta, dan lainnya.
Ciri-ciri Zat Cair
– Bentuk berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya.
– Memiliki volume yang selalu tetap.
– Memiliki susunan partikel yang tidak saling mengikat dengan kuat sehingga dapat bergerak.
– Selalu bergerak menuju ke tempat terbawah.
– Tekanan zat cair disebut juga tekanan hidrostatik.
– Selalu bergerak menutupi semua celah pada wadah.

c. Kalian dapat merasakan hembusan angin di wajah kalian.
Penjelasan
Angin merupakan zat gas yang jarak partikelnya renggang, berikatan lemah, dan dapat menyebar bebas ke segala arah. Zat gas mempunyai sifat bentuk berubah-ubah dan volume berubah-ubah. Bentuknya berubah-ubah dikarenakan partikel-partikel pada zat gas berjauhan, tersusun tidak teratur, gaya tarik antar partikel sangat lemah. Volumenya berubah-ubah dikarenakan partikel pada zat gas dapat bergerak bebas meninggalkan kelompoknya.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Uji Kemampuan No. 1 IPA Halaman 53 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Mencoba Matematika Halaman 223 Kelas 10

Baca Juga

Jawaban Review Bab No 1 dan 2 IPA Halaman 41 Kelas 7
Jawaban Review Bab No 3 IPA Halaman 41 Kelas 7
Jawaban Review Bab No 4 dan 5 IPA Halaman 43 Kelas 7
Jawaban Review Bab No 6 dan 7 IPA Halaman 44 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *