Jawaban Uji Kemampuan No 4 dan 5 IPA Halaman 53 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan No 4 dan 5 IPA Halaman 53 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan No 4 dan 5 IPA Halaman 53 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Mari Uji Kemampuan Kalian ” materi IPA kelas VII BAB II. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Zat dan Perubahannya.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 53 Kelas 7

Mari Uji Kemampuan Kalian

4. Bayangkanlah kalian dan teman-teman kalian adalah partikel air. Buatlah cerita tentang diri kalian, mulailah dengan wujud air sebagai zat padat atau es, uraikanlah perubahan yang terjadi pada diri kalian saat kalian berubah menjadi cair dan kemudian kalian berubah wujud menjadi gas.

Jawaban

Hai kawan-kawan, perkenalkan namaku adalah air. Aku merupakan salah satu partikel penting dalam kehidupan manusia. Wujudku dapat berubah karena pengaruh suhuku.
Jika aku disimpan dalam suhu yang sangat dingin, maka aku berubah menjadi beku dan berubah dari zat zair ke zat padat. Apabila aku berada pada suhu normal, maka aku berbentuk zat cair.
Sedangkan saat aku mendidih sekitar suhu 100 derajat C, maka aku akan berubah menjadi uap air yang merupakan zat gas.
Penjelasan
Zat cair memiliki sifat bentuk yang berubah-ubah dan volume tetap. Berubah-ubah bentuknya, hal yang menyebabkannya karena partikel-partikel pada zat cair berdekatan tetapi renggang, tersusun secara teratur, gaya tarik antar partikel agak lemah. Volume zat cair tetap disebabkan karena partikel pada zat cair mudah berpindah namun tidak bisa meninggalkan kelompoknya.
Jika zat cair dipanaskan, maka akan menyebabkan partikel-partikel zat cair akan bergerak secara cepat dan gaya tarik antarpartikel akan menjadi lemah. Hal ini menyebabkan partikel-partikel bisa berpindah tempat sehingga menyebabkan wujud dari zat berubah dari cair menjadi gas. Pada waktu zat padat dipanaskan, maka menyebabkan partikel-partikel zat padat bergerak lebih cepat dan gaya tarik antarpartikel menjadi lemah. Sebagai akibatnya adalah partikel-partikel bisa berpindah tempat, hal ini menyebabkan wujud zat berubah dari padat menjadi cair

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 239 Bagian 2

5. Ketika Dewi baru pulang sekolah dan hendak memasuki rumahnya, ia sudah dapat merasakan wangi melati padahal sumber pengharum ruangan tersebut diletakkan di ruangan keluarga, yang berada di bagian belakang rumah. Jelaskan mengapa hal ini bisa terjadi.

Jawaban

Aroma melati dibawa oleh udara, yang merupakan zat gas untuk sampai pada indera penciuman. Proses ini disebut difusi. Pada proses tersebut akan terjadi pergerakan partikel dari daerah yang partikelnya lebih banyak ke tempat yang lebih sedikit sampai keadaannya seimbang. Ketika partikel saling bertumbukan, maka bau menjadi menyebar karena bercampur dengan partikel lainnya
Penjelasan
Proses difusi dapat terjadi di zat padat, zat cair, atau zat gas. Dalam hal ini, prosesnya tidak memerlukan energi karena itulah proses difusi disebut juga sebagai sistem transpor pasif. Proses difusi adalah kondisi dimana terjadinya pergerakan partikel zat dengan gerakan acak yang berdifusi dari bagian berkonsentrasi tinggi menuju ke bagian yang lebih rendah melalui membran sel. Sebuah partikel dapat melewati membran tersebut jika ukuran partikel sangat kecil dan dapat larut dalam air maupun lemak.
Proses difusi merupakan proses transport pasif. Di dalam proses difusi partikel zat akan bergerak dari daerah berkonsentrasi tinggi menuju daerah dengan konsentrasi yang lebih rendah, sehingga akan menghasilkan konsentrasi yang sama di dalam zat tersebut.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Uji Kemampuan No 4 dan 5 IPA Halaman 53 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :  Membuat Teks Tanggapan Terhadap Suatu Karya

Baca Juga

Jawaban Uji Kemampuan No.1 IPA Halaman 53 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan No 2 dan 3 IPA Halaman 53 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *