Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 127 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 127 Kelas 7

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 127 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Mari Uji Kemampuan Kalian” Muatan Pelajaran IPA kelas VII BAB IV. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Gerak dan Gaya.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPA Halaman 127 Kelas 7

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Tuliskanlah contoh lain dari gaya aksi-reaksi lainnya dan berikan penjelasan singkat

Jawaban

Berikut adalah beberapa contoh gaya aksi dan reaksi dalam kehidupan sehari-hari

a. Mundurnya Senjata Api
Mundurnya senjata adalah salah satu demonstrasi terbaik dari gaya aksi-reaksi. Saat peluru ditembakkan dari pistol, pistol bergerak mundur. Gaya aksi yang diberikan karena penembakan berada dalam arah maju yang menyebabkan peluru bergerak maju. Sentakan yang terasa pada pistol yang menariknya ke arah belakang terjadi karena gaya reaksi. Inilah alasan mengapa seseorang yang mengoperasikan senjata mengambil penyangga bahunya untuk menghindari cedera.

Baca Juga :  Jawaban Matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1 halaman 86

b. Berenang
Seseorang yang berenang ke arah depan mendorong air ke arah belakang dengan tangannya. Gaya yang diterapkan oleh orang tersebut bertindak sebagai gaya aksi, yang mengarah pada pembentukan gaya reaksi. Pasangan gaya yang bekerja bersamaan pada tubuh orang tersebut dan air menyebabkan orang tersebut berenang ke arah depan.

c. Mendorong Dinding
Saat seseorang duduk di kursi mendorong dinding dengan kakinya, kursi tersebut bergerak mundur. Gerak kursi tidak mungkin ada tanpa adanya suatu gaya. Oleh karena itu gaya yang bertanggung jawab untuk menggerakan kursi adalah gaya reaksi. Gaya reaksi selalu diberikan ke arah yang berlawanan dengan arah gaya aksi. Makanya, kursi bergerak ke arah belakang.

d. Menyelam dari Rakit
Ketika seseorang melompat keluar dari perahu dan menginjak tepian, perahu itu bergerak kembali ke arah yang berlawanan dengan arah lompatan. Gaya yang diterapkan oleh orang pada permukaan tanah yang kaku disebut gaya aksi. Berbeda dengan gaya aksi, dihasilkan gaya reaksi yang mendorong perahu dan menyebabkannya bergerak.

e. Pesawat Ulang-alik
Ketika roket dinyalakan, serangkaian reaksi kimia terjadi yang menghasilkan sejumlah besar gas. Gas-gas ini ketika menghantam tanah menyebabkan gaya yang membantu roket bergerak ke atas. Proses serupa terjadi pada mesin jet. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa roket harus membawa zat pengoksidasi karena harus memasuki lingkungan yang tidak mengandung oksigen.

f. Melempar Bola
Saat bola dilempar ke lantai atau dinding, bola akan memantul kembali. Gaya yang diberikan oleh bola ke tanah disebut gaya aksi. Gaya yang diberikan tanah pada bola sebagai respons terhadap gaya aksi menyebabkan bola melompat atau memantul kembali. Gaya ini tidak lain adalah gaya reaksi.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Teks Prosedur dalam Novel Amelia

g. Berjalan
Saat kita berjalan, kekuatan dan tekanan diberikan ke tanah oleh kaki kita. Tanah sebagai respons memberikan jumlah gaya yang sama ke arah yang berlawanan. Dengan tidak adanya gaya reaksi yang dihasilkan oleh tanah, kaki kita tenggelam. Demikian pula, jika gaya aksi yang dipasok oleh kaki orang tersebut secara signifikan lebih tinggi, gaya reaksi dapat membantu kita untuk terbang. Oleh karena itu, berjalan kaki dimungkinkan karena sepasang gaya aksi-reaksi bekerja pada kaki dan tanah.

h. Memalu Paku
Saat memalu paku di dinding, ada kekuatan yang dirasakan di tangan orang yang memegang palu. Ini berkembang sebagai hasil dari kekuatan yang diterapkan oleh orang di paku. Kedua gaya tersebut berbanding lurus satu sama lain yang artinya dengan bertambahnya gaya aksi maka gaya reaksi
bertambah.

i. Melompat
Seseorang yang melompat di lantai yang keras akan terluka lebih parah daripada permukaan yang lunak. Ini karena berat orang tersebut menyebabkan suatu tindakan di permukaan. Permukaan, pada gilirannya, menghasilkan gaya reaksi yang bekerja ke arah berlawanan. Permukaan yang keras tidak menyerap gaya apa pun dan menghasilkan jumlah gaya yang sama sebagai respons. Di sisi lain, permukaan lunak bersifat elastis oleh karena itu, menyerap sejumlah besar gaya menghasilkan gaya reaksi yang lebih sedikit.

j. Melepas Balon
Sebuah balon yang berisi udara ketika dilepaskan dengan ujungnya terlepas melepaskan udara dengan gaya. Dengan bantuan gaya aksi yang disebabkan karena udara yang keluar dari balon, gaya reaksi berkembang yang menyebabkan balon bergerak ke atas

2. Jelaskanlah mengapa kotak atau kaleng susu pada Aktivitas 4.4 bergerak-gerak seperti menari-nari.

Jawaban

Peristiwa pada Aktivitas 4.4 adalah fenomena aksi reaksi antara air dan kotak susu yang sama sama saling mendorong dan memunculkan suatu gerakan.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Bereksplorasi Matematika Halaman 88 Kelas 10

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 127 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu sobatku semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 91 Kelas 7
Jawaban Percobaan Aktivitas 3.3 IPA Halaman 95 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 99 Kelas 7
Jawaban Ayo Buat Aktivitas 3.4 IPA Halaman 103 Kelas 7
Jawaban Uji Kemampuan IPA Halaman 119 Kelas 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *