Tanda-Tanda Terjadinya Reaksi Kimia
Tanda-Tanda Terjadinya Reaksi Kimia

Tanda-Tanda Terjadinya Reaksi Kimia

Berikut.id – Tanda-Tanda Terjadinya Reaksi Kimia. Teman, masih ingatkah kalian ap aitu perubahan kimia?

Perubahan kimia yaitu materi sebelum perubahan berbeda dengan materi yang ada setelah perubahan itu. Pada saat perubahan kimia terjadi, ilmuwan Sains menyebut bahwa reaksi kimia telah terjadi. Reaksi kimia biasanya dituliskan dalam bentuk persamaan untuk mempermudah para ilmuwan. Persamaan kimia ini dapat ditulis dalam bentuk kata atau simbol.

Ada empat tanda-tanda terjadinya reaksi kimia, yaitu sebagai berikut.

Tanda-Tanda Terjadinya Reaksi Kimia

Tanda-Tanda Terjadinya Reaksi Kimia

a. Ada perubahan warna

Pernahkah kalian melihat orang yang rambutnya dicat menjadi warna rambut yang berbeda dari sebelumnya? Nah ini adalah contoh perubahan kimia yang menunjukkan perubahan warna. Contoh lainnya juga terjadi ketika ibu memanggang kue sampai warnanya kecoklatan.

Lihatlah gambar di bawah ini. Ketika dua macam cairan yang berwarna bening, yaitu cairan timbal (II) nitrat dan cairan kalium iodida dicampurkan maka terbentuklah warna kuning dalam campuran tersebut. Warna kuning ini menunjukan adanya senyawa baru yang terbentuk yaitu timbal (II) iodide. Perubahan ini menunjukkan cairan sebelum reaksi dan sesudah reaksi adalah cairan yang berbeda, tidak sama lagi sehingga disebut perubahan kimia. Persamaan reaksinya dari reaksi tersebut adalah:

timbal (II) nitrat + kalium iodide → timbal (II) iodide + kalium nitrat

Tanda-Tanda Terjadinya Reaksi Kimia
  

b. Terbentuk gas

Tanda kedua dapat dilihat pada reaksi antara logam magnesium dengan larutan bening asam klorida, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Dapatkah kalian lihat gelembung-gelembung kecil yang terbentuk?

Baca Juga :  5 Asmaulhusna dan Artinya

Gelembung ini berbeda, yang terbentuk saat air mendidih karena gelembung ini merupakan hasil reaksi kimia antara magnesium dan asam klorida yang membentuk gas hidrogen. Selain gas hidrogen, dihasilkan pula larutan magnesium klorida. Jadi, dapat kita lihat bahwa zat yang ada sebelum dan sesudah reaksi itu berbeda. Adapun pada saat air mendidih, baik air maupun uap air mengandung zat yang sama, yaitu H2 O.

Dapatkan kalian menulis persamaan kimia untuk reaksi di atas?

Magnesium + Asam klorida → Hidrogen

 

c. Terbentuk endapan

Beberapa reaksi kimia menghasilkan endapan sebagai salah satu produknya, padahal tidak ada endapan atau padatan pada pereaksinya. Reaksi awal biasanya berupa larutan yang keruh setelah dicampur seperti pada gambar di bawah. Larutan yang keruh menunjukkan adanya padatan yang tidah larut. Apabila dibiarkan beberapa saat maka padatan itu akan menumpuk di bagian bawah tabung reaksi. Padatan inilah yang disebut sebagai endapan.

Persamaan reaksi untuk reaksi pada gambar di atas adalah:

Larutan natrium karbonat + Larutan kalsium klorida → Endapan kalsium karbonat + Larutan natrium klorida

 

d. Ada perubahan energi

Reaksi kimia yang terjadi pada saat terjadi ledakan, menunjukkan adanya cahaya dan panas. Cahaya dan panas adalah dua bentuk energi. Reaksi lainnya yang menunjukkan perubahan energi adalah reaksi pembakaran logam magnesium (pembakaran adalah reaksi dengan oksigen), seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Ada cahaya yang sangat terang yang terlihat ketika pembakaran. Setelah pembakaran diperoleh serbuk putih seperti abu, yaitu magnesium oksida. Coba kalian tulis persamaan dari reaksi kimia ini.

Logam Magnesium + Oksigen → Magnesium Oksida

 

Nah teman, itulah empat tanda-tanda terjadinya reaksi kimia dalam perubahan kimia. tanda-tandanya antara lain: ada perubahan warna, terbentuk gas, terbentuk endapan, dan ada perubahan energi.

Baca Juga :  Membuat Peta Pikiran untuk Merangkum

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *