Hyundai Casper, Si Mungil untuk Kaum Muda

Hyundai Casper, Si Mungil untuk Kaum Muda

Akhirnya Hyundai mengumumkan secara remsi mobil SUV kecilnya yaitu Hyundai Casper. Nama Casper mengingatkan kita pada film kartun tentang hantu kecil yang lucu. Melihat dimensinya mobil ini lebih kecil dari produk sebelumnya yaitu Hyndai Venue. Hyundai Casper hadir dengan dimensi panjang 3.595 mm, lebar 1.595 mm, tinggi 1.575 mm, dan jarak sumbu roda 2,4 meter.

Karena dimensi yang tidak terlalu besar itu, Hyundai mencoba untuk memaksimalkan setiap ruang yang ada pada bagian dalam mobil tersebut.

Terlihat dari bentuk interiornya yang praktis serta dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Terutama pada 2 jok baris depannya yang dapat disetel bahkan ditidurkan seolah membuatnya seperti meja lipat.

Untuk bagian jok depan juga tidak dilengkapi dengan konsol tengah. Namun sebagai gantinya, mobil ini menyematkan sandaran tangan yang berukuran mini serta terdapat 2 buah cup holder. Adapun tuas persnelingnya, ditempatkan menyatu pada dasbor, tepatnya di bawah tombol pengaturan AC.

Tak hanya itu, pada jok baris keduanya juga bisa diatur maju mundur sejauh 160 mm, sehingga dapat memberikan ruang kaki yang lebih maksimal. Untuk pelipatan joknya, dapat dilipat rata lantai dengan konfigurasi pelipatan 50:50.

Yang menarik pada jok baris kedua Hyundai Casper ini ternyata tidak hanya bisa dilipat ke depan namun juga bisa direbahkan ke belakang dengan tingkat kemiringan 39 derajat.

Selain pada kabin penumpangnya, Hyundai tampaknya juga mencoba memaksimalkan kapasitas bagasi dari Casper. Bagi Anda yang membutuhkan bagasi lebih lega, maka dapat melipat jok baris kedua Casper dan bisa menghasilkan kapasitas bagasi hingga 301 liter.

Hyundai Casper sudah menjalani debutnya pada awal bulan ini. Terungkap bahwa mobil ini merupakan crossover kecil dan praktis yang mempunyai sejumlah fasilitas standar dan fitur keselamatan yang luar biasa.

Fitur Keselamatan

Membahas fitur keselamatan, Produk Hyundai memang tidak pernah setengah-setengah dalam membenamkan ragam fitur keselamatannya.

Baca Juga :  Nissan Leaf one tone, Performa, Kenyamanan dan Spesifikasi

Untuk Hyundai Casper, fitur keselamatannya dilengkapi dengan airbags sebanyak 7 titik, kemudian ada juga fitur keselamatan aktif Forward Collision Mitigation System, Lane Keeping Assist, Adaptive Cruise Control, hingga Auto High Beam.

Kemudian dilihat dari desainnya, crossover ini terlihat muda dari bentuk gril dan lampu depan yang membulat, dengan lis hitam menambah karakter pada desainnya yang berbentuk kotak.

Overhand yang pendek menonjolkan kekokohannya. Walaupun ukurannya kecil, itu sama sekali tidak mengurangi kenyamanan interiornya. Semua kursi dapat dilipat rata untuk membuat area penyimpanan yang besar. Interiornya juga dikemas dengan beberapa fitur apik.

Contohnya seperti cluster instrumen digital 4,0 inci, area penyimpanan luas yang dirancang rapi di dasbor, sepasang cupholder dengan cubby ponsel, dan banyak lagi. Mesin orisinalnya adalah unit 1,0 liter tiga silinder naturally aspirated yang menghasilkan tenaga 75 hp (55 kW) dan torsi 70 lb-ft (95 Nm).

Rencananya, Hyundai Casper ini akan mulai dipasarkan pada akhir September 2021 dengan menyasar pasar Korea Selatan terlebih dahulu. Hyundai Casper dibandrol dengan 13,85 juta won (Rp 166.790.429) untuk model dasar dan 18,7 juta won untuk varian teratas Inspiration. Barulah pada 2022, mobil ini juga akan dijual di India.

Belum jelas kapan Hyundai Casper akan mengaspal di Indonesia dan untuk saat ini Hyundai Casper masih dipasarkan di Korea Selatan, pasar yang cepat menerima kendaraan listrik. Tetapi faktanya mobil mesin bensi ini larius manis bahkan sebelum resmi diluncurkan.

Berikut Dimensi dan Detail mesin Hyndai Casper

Dimensi

Tinggi  (mm)1575
Panjang (mm)3595
Jarak sumbu roda (mm)2400
Lebar (mm)1595

Detail Mesin

Isi silinder (cc)1000 cc
Konfigurasi mesinPetrol Engine Turbo 1.0L
Jenis bahan bakarBensin
Konfigurasi TransmisiManual & Automatic

Baca Juga

Baca Juga :  Hyundai Kona Electric, Performa, Kenyamanan dan Spesifikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.