Gambar Ikan Guppy

Penyakit Ikan Guppy

Penyakit Ikan Guppy – ikan guppy merupakan ikan yang cukup rentan terkena berbagai macam penyakit jika tidak dirawat dengan baik. Penyakit yang cepat menular dan tak kunjung sembuh akan mengakibatkan kematian. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi para pembudidaya ikan guppy.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja penyakit ikan guppy dan bagaimana cara menanganinya, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Ciri-Ciri Ikan Guppy yang Sedang sakit

 

  • Ikan sering berdiam diri di dasar atau di permukaan aquarium.
  • Ikan bergerak sangat lamban dan terlihat loyo.
  • Warna ikan menjadi pucat.

 

Daftar Penyakit Ikan Guppy

 

Penyakit Kutu Jarum

 

Saat ikan guppy terkena penyakit ini biasanya akan sulit untuk diselamatkan, penyakit ini juga merupakan faktor kematian ikan yang cukup besar. Jika ada ikan yang terkena penyakit ini, sobat harus segera memindahkannya dan melakukan pengobatan karena penyakit ini mudah menular ke ikan lainnya.

 

Berikut cara mengobatinya:

 

Untuk mengobati penyakit ini, sobat dapat menggunakan cairan abate. Sobat juga dapat menaruh aquarium ke tempat yang terpapar sinar matahari, karena penyakit ini tidak dapat berkembang jika ada cahaya matahari.

 

Penyakit White Spot

 

Penyakit ini sangat mudah dikenali karena akan muncul bintik-bintik putih pada tubuh ikan. Jika terkrna penyakit ini ikan akan merasa gatal, ikan tidak bisa tenang dan berenang kesana kemari sembari menggosok-gosokkan tubuhnya.

 

Baca Juga :  Umur Ikan Guppy

Berikut cara mengobatinya:

 

Pisahkan ikan yang terkena penyakit dan berikan obat anti jamur seperti methilyne blue atau produk lainnya yang dapat sobat temukan di toko ikan hias.

 

Penyakit Kembung

 

Penyakit ini merupakan penyakit peradangan pada usus ikan. Jika terkrna penyakit ini, perut ikan akan membengkak dan membuat ikan sulit berenang sehingga ia akan diam di dasar aquarium.

 

Berikut cara mengobatinya:

 

Pisahkan ikan yang sakit dan taruh di aquatium uang terlah diberi garam inggris dengan takaran 1 sendok teh garam untuk ½liter air. Biarkan mengendap sekitar 3 jam dan masukkan ikan yang sakit kedalamnya.

 

Penyakit Jamur Mulut

 

Ciri penyakit ini adalah pembengkakan pada bagian mulut dan berwarna putih. Penyakit ini sangat mengganggu ikan karena ikan akan sulit untuk makan, selain itu penyakit ini juga dapat mengganggu pernafasan.

 

Berikut cara mengobatinya:

 

Pindahkan ikan ke aquarium terpisah dan berikan auremycin dengan takaran 25 mg untuk 1 galon air, kemudian tambahkan 2 tetes metopen, dan 1 tetes obat merah. Biarkan selama 3 hari, jika tidak ada perubahan, ganti air dan ulangi pengobatan dari awal dan lakukan sampai berhasil.

 

Penyakit Kutu Ikan

 

Penyakit yang saru ini berasal dari parasit copepoda. Saat ikan terkena penyakit ini ikan akan gelisah dan nafsu makannya menurun.

 

Berikut cara mengobatinya:

 

Campurkan 4 tetes kalium permanganate dengan 4 liter air bersih dan ganti setiap seminggu sekali sampai ikan terbebas dari penyakit.

 

Sobat dapat membaca artikel seputar penyakit ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.