Materi Bagian Bunga dan Perkembangbiakan Tumbuhan

Materi Bagian Bunga dan Perkembangbiakan Tumbuhan

Materi Bagian Bunga dan Perkembangbiakan Tumbuhan – Halo anak anak hebat, Apakah Apakah tumbuhan di hutan ditanam oleh manusia? Jika tidak, lalu bagaimana tumbuhan bisa tumbuh tersebar di mana-mana? Siapa yang menanamnya? Bagaimana cara tumbuhan berkembang biak dan memperbanyak jenisnya?

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan. Apa sajakah jenis-jenis penyerbukan. sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita bahas tentang bagian-bagian dari bunga dab fungsinya.

Bunga terdiri dari dua bagian, yaitu fertil dan steril. Bagian fertil mencakup mikrosporofil yang berperan sebagai benang sari dan makrosporofil yang berperan sebagai sebagai putik yang tersusun atas daun buah.

Sedangkan bagian steril mencakup ibu tangkai bunga, tangkai bunga, dasar bunga, daun pelindung, daun tangkai, dan perhiasan bunga. Bias dikatakan bagian steril merupakan bagian bunga yang hanya berfungsi sebagai perhiasan dan kelengkapan bunga itu sendiri. Ia tidak secara langsung mempengaruhi terjadinya proses penyerbukan dan pembuahan. Perhiasan bunga terdiri atas dua bagian, yaitu daun kelopak dan daun mahkota.

Bagian Bunga dan Fungsinya:

Benang sari
Benang sari merupakan alat kelamin betina bunga. Alat kelamin ini adalah daun fertil yang terdiri atas kepala sari yang berisi serbuk sari, dan tangkai sari serta pendukung kepala sari.

Daun buah
Daun buah juga merupakan daun fertil yang berfungsi sebagai pendukung makrospora berupa bakal biji (ovulum). Bakal biji tersebut secara kolektif akan membentuk putik (pistill).

Tangkai induk atau ibu tangkai bunga
Mengutip buku Anatomi Tumbuhan karya Rizki Nisfi Ramdhini, tangkai bunga adalah awal bagian bunga yang juga merupakan lanjutan dari batang atau cabang.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Kompetensi Pengukuran

Tangkai bunga
Tangkai bunga adalah cabang terakhir yang berfungsi sebagai penyokong bunga

Dasar bunga
Dasar bunga adalah ujung tangkai bunga yang berperan sebagai tempat bertumpunya batang dan tumbuhnya perhiasan bunga.

Daun pelindung
Daun pelindung adalah daun terakhir. Akan tumbuh bunga pada bagian ketiak daun pelindung.

Daun tangkai
Daun tangkai adalah daun pelindung yang berada di bagian pangkal tangkai bunga.

Daun kelopak
Daun kelopak biasanya memiliki warna hijau serta berkelompok untuk membentuk kelopak bunga (calyx). Daun kelopak juga merupakan daun perhiasan bunga yang paling pangkal.

Daun mahkota atau daun tajuk
Daun mahkota adalah daun perhiasan bunga dengan warna yang bervariasi. Mahkota bunga (corolla) terbentuk atas sekumpulan daun mahkota.

Mahkota bunga sering kali mudah dikenali karena ukurannya yang relatif besar dan berwarna mencolok, untuk memikat serangga penyerbuk. Mahkota bunga terletak pada lingkaran di sebelah dalam kelopak bunga. Secara morfologi, mahkota bunga merupakan modifikasi daun dan berfungsi pula untuk melindungi organ reproduksi.

Perkembangbiakan Tumbuhan

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara perkembangbiakan tumbuhan, mari kita pahami terlebih dahulu tentang bunga sempurna dan bunga tidak sempurnya, juga kita pahami dulu apa itu benang sari dan putik.

Benang sari dan putik adalah bagaian bunga sebagai alat perkembangbiakan bunga. Benang sari sebagai alat kelamin jantan, sedangkan putik sebagai alat kelamin betina.

Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) secara bersama-sama dalam satu organ. Jadi bisa dikatakan bahwa bagian bunga ini adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan yang berbunga.

Sedangkan Bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki salah satu kelamin saja. Artinya, bunga tidak sempurna hanya memiliki alat jantan (benang sari) atau alat betina (putik). Hal ini yang menjadi titik pembeda dari bunga sempurna.

Baca Juga :  Tahapan-tahapan dalam Metode Ilmiah (Part 2)

Contoh bunga sempurna adalah bunga stroberi, bunga kembang sepatu, bunga jambu, bunga anggerk dan bunga matahari. Bunga-bunga tersebut memiliki benang sari dan putik yang terletak pada satu bunga yang sama.

Berikut adalah beberapa contoh bunga tidak sempurna yang umum ditemukan di lingkungan sekitar:
– Bunga pepaya.
– Bunga salak.
– Bunga jagung.
– Bunga kelapa.
– Bunga melinjo.
– Bunga kelapa sawit.
– Bunga pakis haji

Tidak semua bunga memiliki mahkota bunga. Ada sekelompok tumbuhan yang mahkota dan kelopak bunganya tidak dapat dibedakan, dan disebut sebagai tenda bunga.

Pada tumbuhan, perkembangbiakan di bagi menjadi dua yaitu 1) perkembangbiakan secara generatif (perkembangbiakan secara kawin), dan 2) perkembangbiakan secara vegetatif (perkembangbiakan secara tak kawin).

1. Perkembangbiakan Generatif

Perkembangbiakan generatif yaitu perkembangbiakan tumbuhan secara kawin melalui proses penyerbukan dan melalui proses penyebaran biji. Proses penyerbukan adalah adalah proses bertemunya serbuk sari/sel kelamin jantan dan kepala putih/sel kelamin betina.

a. Proses Penyerbukan

Proses penyerbukan adalah proses menempelnya serbuk sari ke kepala putik. Selanjutnya, bakal biji yang ada di putik akan berkembang menjadi biji. Proses penyerbukan ini terjadi karena bantuan angin, hewan terutama serangga penghisap madu, dan juga dengan bantuan manusia.

Berikut ada beberapa jenis penyerbukan, antara lain:

1. Penyerbukan sendiri, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putik dalam satu bunga.
2. Penyerbukan tetangga, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putik bunga lain yang masih berada dalam satu pohon.
3. Penyerbukan silang, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putih bunga lain dari tumbuhan yang masih sejenis namun berlainan pohon.
4. Penyerbukan bastar, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putik pada bunga lain yang sejenis tapi berbeda varietasnya.

Baca Juga :  Jawaban Aktivitas 1.9 IPA Halaman 19 Kelas 7

b. Penyebaran biji

Sama seperti pada proses penyerbukan, tumbuhan juga memerlukan bantuan untuk menyebarkan biji. Tumbuhan memerlukan bantuan angin, air, hewan, dan juga bantuan manusia untuk menyebarkan biji yang sudah terbentuk. Hewan yang biasanya membantu penyebaran biji adalah kelelawar.

2. Perkembangbiakan Vegetatif

Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu perkembangbiakan vegetatif buatan dan alami.

a. Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Perkembangbiakan secara vegetatif buatan adalah proses reproduksi tanaman tidak melalui perkawinan tetapi menggunakan campur tangan manusia (dengan bantuan manusia).

Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan adalah : cangkok, okulasi, kopulasi dan stek.

b. Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Perkembangbiakan vegetatif secara alami artinya tumbuhan berkembang biak tanpa adanya bantuan manusia. Perkembangbiakan ini juga tidak melalui perkawinan atau penyerbukan. Namun, perkembangbiakan ini dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri dan juga tumbuhan lain.

Contoh perkembangbiakan vegetatif alami adalah : tunas. spora, umbi lapis, umbi batang, umbi akar, geragih.

Penutup

Demikianlah Materi Bagian Bunga dan Perkembangbiakan Tumbuhan Semoga apa yang kami ulas di atas dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahun untuk sobatku semuanya. Jangan lupa untuk selalu belajar dan nantikan ulasan dari kami selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya
Materi Pengertian Fotosintesis, Proses, Faktor dan Manfaat