Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya

Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya

Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya – Halo adik-adik hebat, Apakah adik-adik sudah mengenal bagian-bagian tumbuhan? Tidak berbeda dengan manusia dan hewan, tumbuhan juga memiliki bagian-bagian tertentu. Selain itu, bagian tersebut juga memiliki peran atau fungsi masing-msaing dan mempunyai peran yang penting. Pada umumnya, tumbuhan itu terdiri dari bagian daun, batang, akar, biji dan seterusnya. Mari, kita belajar bersama dan simak pembahasan lengkap tentang fungsi bagian-bagian tumbuhan!

Bagian-Bagian pada Tumbuhan

1. Daun

Bagian pertama pada tumbuhan yang kita bahas adalah daun. Daun mempunyai fungsi yang penting dalam tumbuhan. Bagian ini berperan dalam proses terjadinya fotosintesis. Selain itu, daun juga merupakan tempat kloroplas berada. Lebih tepatnya, berada di bagian belakang daun.

Daun itu terdiri dari bagian tulang daun, helai daun, pelepah daun, dan tangkai daun. Semua bagian itu tersusun dengan baik. Daun memiliki beragam bentuk, mulai dari daun yang berdaun sejajar, berbentuk menjari, ada pula yang berbentuk menyirip.

2. Batang

Kemudian bagian yang ke dua adalah batang. Batang pada tumbuhan merupakan tempat tumbuhnya ranting. Bagian tumbuhan ini memiliki beberapa fungsi, antara lain:

a. Mengangkut air dan mineral dari akar ke daun
b. Menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh
c. Sebagai tempat cadangan makanan

Ada beberapa jenis tanaman yang memiliki kambium. Kambium dalam batang juga berperan dalam proses pertumbuhan tanaman. Fungsi kambium pada batang berperan sebagai media pengangkut air dari akar ke daun. Kambium adalah lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang berfungsi dalam pertumbuhan sekunder tumbuhan. Kambium dapat ditemukan pada batang dan akar tumbuhan.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas PLB-K7-04 Piano Sederhana Halaman 251 252 253 254 255 256 257 Kurikulum Merdeka

3. Akar

Akar tanaman terletak di bagian bawah tanaman. Bagian ini biasanya terkubur di dalam media tanam atau tanah. Akar tumbuhan terdiri dari dua jenis, yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Akar serabut merupakan akar yang muncul dari bagian pangkal batang tumbuhan dengan bentuk serabut serta tidak mengalami pembesaran atau perkembangan. Biasanya secara kolektif ukuran akarnya sama.

Ciri-ciri akar serabut antara lain:

– Bentuknya mirip serabut dengan ukuran yang kecil dan hampir satu sama lain ukurannya sama.
– Pertumbuhan akar serabut ada pada pangkal batang dan tidak begitu dalam menancap ke dalam tanah.
– Akarnya bercabang-cabang dan tidak beraturan.
– Jenis akar serabut terbilag lemah, sehingga tumbuhan atau pohon dengan jenis akar ini mudah tumbang.

Kemudian akar tunggang adalah akar yang terus tumbuh dan menjadi akar utama atau pokok. Pertumbuhan akar ini menembus ke dalam tanah dan pada beberapa tumbuhan akar ini menjadi penyimpan cadangan makanan. Jenis akar ini biasanya memiliki cabang akar-akar kecil.

Ciri-ciri akar tunggang yaitu:

– Akar tunggang memiliki ciri yang kuat dan mampu menopang tubuh tanaman dengan baik sehingga kokoh.
– Tidak memiliki tudung akar.
– Akar tunggang memiliki kambium pada akar dan batangnya.
– Batangnya memiliki cabang dan juga beruas.
– Mempunyai akar primer atau akar pokok.

Untuk fungsi dari akar, bagian tumbuhan ini memiliki beberapa fungsi, antara lain:

a. Untuk menopang tanaman
b. Menyerap zat hara pada tanah
c. Menyalurkan zat hara, mineral, dan air ke bagian daun, melewati bagian batang
d. Menyimpan cadangan makanan, seperti kentang dan wortel.

4. Bunga

Ada tumbuhan yang memiliki bunga dan ada yang tidak. Untuk tumbuhan yang memiliki bunga akan terdiri dari putik, benang sari, tangkai, mahkota, dan kelopak bunga. Di dalam bagian ini juga ditemukan proses penyerbukan, antara putih dan benang sari.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 35 dan 36 Kelas 10

Putik adalah alat reproduksi betina, yang biasanya terletak pada lingkaran terdalam dari bunga dan dikelilingi oleh benang sari. Bagian-bagian putik adalah kepala putik (stigma), tangkai putik (stylus), bakal buah (ovarium), dan bakal biji (ovulum). Sedangkan, benang sari adalah alat reproduksi jantan.

5. Biji

Biji juga dikenal sebagai isi buah. Biasanya biji tumbuhan memiliki peran yang penting, yakni sebagai cikal bakal tanaman baru. Biji itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu biji yang berkeping dua atau dikenal dengan tumbuhan dikotil. Biji yang berkeping satu atau yang dikenal dengan sebutan tumbuhan monokotil.

Tumbuhan monokotil memiliki daun tunggal, kecuali untuk tanaman palem. Daun tumbuhan monokotil berbentuk memanjang dengan bentuk tulang daun sejajar. Tumbuhan dikotil memiliki tulang daun yang berbentuk menjari atau bisa saja menyirip. Daun pada tumbuhan dikotil juga memiliki jaringan tiang di dalamnya.

Penutup

Itulah ulasan Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya. Semoga apa yang kami ulas di atas dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahun untuk adi-adik semuanya. Jangan lupa untuk selalu belajar dan nantikan ulasan dari kami selanjutnya. Semoga bermanfaat.