Kunci Jawaban IPA Halaman 108 dan 110 Kelas 10

Kunci Jawaban IPA Halaman 108 dan 110 Kelas 10 –  Hai, kawan semuanya, salam giat belajar. Kata nano berasal dari Bahasa Yunani yang artinya kerdil. Ukurannya adalah satu perseribu juta atau satu persemilyar. Jika dibandingkan terhadap ukuran meter maka satu nanometer (nm) sama dengan 10–9 m. Bisakah Kalian mengamati benda seukuran ini? Ukuran nano ini digunakan pada rekayasa teknologi sehingga dikenal dengan istilah nanoteknologi.

Istilah ini muncul pada tahun 1974 yaitu saat Norio Taniguchi menyatakan bahwa material dapat dikontrol dan direkayasa hingga ukurannya lebih kecil dari ukuran mikrometer . Nanoteknologi berhubungan dengan rekayasa material di tingkat atom dan molekul. Pada bab 3 dan 4 Kalian telah mengenal pengertian atom, molekul, tabel sistem periodik unsur, unsur, nomor atom, nomor massa atom dan cara menulis lambang unsur.

Ayo ingat kembali materi tersebut. Apa saja bagian-bagian atom? Bagian atom merupakan partikel penyusun atom atau partikel subatom. Atom memiliki bagian inti atom yang disebut nukleus sebagai pusat atom. Inti atom ini menentukan massa atom. Inti atom ditempati oleh partikel atom yaitu proton (partikel atom bermuatan positif) dan neutron (partikel atom tidak bermuatan listrik).

Adapun partikel atom bermuatan negatif menempati bagian di luar nukleus. Ingat kembali ulasan lambang unsur pada bab 4 bahwa nomor massa menyatakan jumlah proton dan neutron sedangkan nomor atom menyatakan jumlah elektron. Dalam sebuah atom yang netral jumlah elektronnya sama dengan jumlah proton. Atom netral artinya atom tersebut tidak membentuk ion yaitu tidak melepas atau menangkap elektron pada kulit terluarnya

Berikut jawaban tentang “Aktivitas 5.1 dan 5.2”. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang Struktur Atom.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Aktivitas GS-K7-01-U Berbagi Tugas dan Peran Kelompok Halaman 17 18 19 Kurikulum Merdeka

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tesebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kunci Jawaban IPA Halaman 108 Kelas 10

Aktivitas 5.1

Petunjuk mengerjakan Aktivitas 5.1.

1) Bekerjalah dalam kelompok.

2. Jawablah pertanyaan berikut:

a. Apakah pengertian nanoteknologi?

b. Apakah pentingnya nanoteknologi?

3. Kalian boleh mencari jawaban dari berbagai sumber informasi lalu catatlah sumber informasi yang dirujuk.

4. Tulis hasil diskusi kelompok pada buku catatan masing-masing.

5. Komunikasikan hasil kerja kelompok Kalian dalam diskusi kelas.

Kunci Jawaban :

pengertian nanoteknologi, Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Diameter atom berkisar antara 62 pikometer sampai 520 pikometer, sedangkan kombinasi dari beberapa atom membentuk molekul dengan kisaran ukuran nano, yaitu ukuran benda yang besarnya: satu per miliar meter atau satu meter dibagi satu miliar

Nanoteknologi penting karena keunggulannya dalam memahami, menggunakan, dan mengendalikan sejumlah kecil materi, mirip dengan tingkat atom, digunakan untuk membuat bahan, instrumen, dan kerangka kerja baru

Kunci Jawaban IPA Halaman 110 Kelas 10 Aktivitas 5.2

Petunjuk mengerjakan Aktivitas 5.2:

1) Bekerjalah dalam kelompok.

2) Bacalah kembali artikel tentang Lumpur Lapindo pada awal bab ini.

3) Temukan 5 unsur kimia yang merupakan LTJ pada artikel tersebut.

4) Buatlah tabel seperti Tabel 5.2 atau format lain yang Kalian suka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Halaman 41 Kelas 10

5) Komunikasikan hasil kerja kelompok Kalian dalam diskusi kelas.

Kunci Jawaban

Lambang unsurNama UnsurNomor massa Nomor atom 
  Jumlah protonJumlah neutronJumlah protonJumlah elektron
Skandium2145-21=242121
Itrium3989-39=503939
Lantanum57138,9-57=81,95757
Serium58140,1-58=82,15858
Neodimium60144-60=846060

Penutup

Teman-teman, itulah pembahasan yang bisa berikut.id bagikan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tersebut, Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lain agar semakin bermanfaat!
Tetap semangat dan jangan lupa simak pembahasan lain di berikut.id ya!

Disclaimer:

1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Latihan 6.5 Matematika Halaman 165 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.9 Matematika Halaman 166 Kelas 10
Jawaban Eksplorasi 6.10 Matematika Halaman 167 Kelas 10
Jawaban Latihan 6.6 Matematika Halaman 168 Kelas 10
Jawaban Uji Kompetensi Matematika Halaman 169-170 Kelas 10

Tinggalkan komentar