Kunci jawaban materi pemuaian
Kunci jawaban materi pemuaian

Kunci Jawaban Materi Pemuaian

Berikut.id – Kunci Jawaban Materi Pemuaian. Teman, kalian sudah mempelajari materi tentang pemuaian. Untuk memperdalam pengetahuan kalian jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

Kunci Jawaban Materi Pemuaian

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Tuliskan dan jelaskanlah salah satu pemanfaatan fenomena pemuaian lainnya yang dapat kalian temukan di rumah/di sekolah.

Jawaban:

Rel kereta api

Trek yang berfungsi sebagai trek selalu dipasang secara berkala. Pemasangan rel tidak pernah ketat, karena bahan padat yang membentuk rel kertas dapat mengembang. Mengencangkan rel berisiko membengkokkannya dan membahayakan kereta yang lewat.
Saat suhu naik di siang hari, trek memanjang. Saat mengembang, relnya menjadi lebih panjang dan lebih lebar, dan relnya lebih rapat di siang hari.

Jendela kaca

Kaca jendela bekerja dengan prinsip yang sama seperti rel kereta api. Saat memasang kaca jendela, akan selalu ada celah di bingkai jendela. Pada suhu tinggi, kaca mengembang dan berubah ukuran, sehingga mendekati bingkai jendela. Kaca jendela kembali ke ukuran aslinya ketika suhu berubah dari tinggi ke rendah. Proses pemuaian kaca jendela bersifat sementara dan dipengaruhi oleh kenaikan suhu lingkungan.

Kabel listrik

Kabel listrik selalu diletakkan dari satu kutub ke kutub lainnya. Memperhatikan hal ini, peletakan kabel listrik selalu dilakukan dengan koneksi yang longgar di antara mereka. Peletakan longgar adalah untuk menjaga kabel agar tidak patah pada suhu rendah.

Hubungkan dua pelat logam

Dua pelat logam bergabung dengan paku keling. Dua pelat dibor dan dihubungkan dan paku keling panas dipasang. Saat kuku mendingin, kuku akan menyusut dan menyatukan dua lembaran logam. Lokasi konstruksi
Cara objek meregang dan berkontraksi sudah dikenal oleh para profesional konstruksi. Bahan elastis sering digunakan untuk jalan, jembatan, dan bangunan. Jalan yang retak dan rusak sering terjadi pada musim kemarau karena panas dan aspal yang mengelupas.

 

Baca Juga :  Proses Kelahiran Pancasila

2. Perhatikan tabel dibawah ini. Jika sebuah bimetal dibuat dari bahan tembaga dan kuningan, gambarkanlah kemana kelengkungan lempeng bimetal tersebut.

Tabel Koefisien Muai Panjang Beberapa Jenis Logam
Tabel Koefisien Muai Panjang Beberapa Jenis Logam

Jawaban:

Rumus perubahan panjang akibat pemuaian adalah sebagai berikut.

ΔL = perubahan panjang

L₀ = panjang awal

α = koefisien muai panjang

ΔT = perubahan suhu

Jika sebuah logam dipanaskan, maka terjadi kenaikan suhu dan pertambahan panjang logam. Pertambahan panjang berbanding lurus dengan kenaikan suhu dan koefisien muai panjang.

Bimetal adalah benda yang disusun oleh dua logam berbeda yang terekat kuat. Ketika bimetal mengalami pemanasan, maka pertambahan panjang salah satu logam akan lebih besar apabila koefisien muai panjangnya lebih besar.

Koefisien muai panjang tembaga = 0,000017/⁰C

Koefisien muai panjang kuningan = 0,000019/⁰C

Karena koefisien muai panjang kuningan lebih besar dari pada tembaga, maka pertambahan panjang kuningan lebih besar dari tembaga. Logam kuningan mendesak logam tembaga, sehingga bimetal akan melengkung ke arah logam dengan koefisien muai yang lebih kecil.

 

3. Carilah informasi lebih jauh tentang festival lomba balon udara yang dilaksanakan tingkat internasional. Apa sajakah kategori sebuah balon udara dinyatakan sebagai pemenang? Tuliskanlah gagasan kalian agar balon udara yang kalian buat dapat menjadi juara.

Jawaban:

Salah satu festival balon udara internasional yang terkenal adalah SAGA. Festival Balon Udara Panas Internasional Saga adalah acara olahraga udara terbesar di Asia. Selama enam hari dari tanggal 31 Oktober hingga awal November, acara ini menggabungkan tiga ‘turnamen’ dengan kembang api yang spektakuler dan pertunjukan cahaya dari segerombolan balon udara panas.

Tergantung pada cuaca, lokasi peluncuran utama biasanya dimulai pada pukul 07.00 dengan pendakian balon. Ada berbagai acara sepanjang hari hingga pukul 5 sore. Pada malam hari, balon dinyalakan dengan api dari balon udara panas dan kegembiraan meningkat dengan musik live band.

Dalam kompetisi balon udara biasa, pilot bersaing untuk melihat seberapa akurat mereka dapat memindahkan balon mereka ke sasaran. Balon hanya bergerak ke atas dan ke bawah, tidak ke samping, sehingga pilot harus menyesuaikan pembakar untuk memaksa balon bergerak mengikuti angin.

Setiap jenis kompetisi balon disebut tugas. Ada sekitar 20 tugas, yang sebagian besar adalah kompetisi akurasi, jarak, dan kecepatan. Tugas yang dilakukan dalam festival ini bergantung pada banyak faktor, termasuk cuaca dan penyelenggara festival.

Kategori sebuah balon udara dinyatakan sebagai pemenang, antara lain: factor kecepatan, ketinggian gerak balon udara, serta ketahanan lama berada di udara.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya

Nah teman, setelah menjawab beberapa pertanyaan diatas semoga kalian semakin paham tentang materi pemuaian ya.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *