Gambar Ikan Guppy

Cara Memelihara Ikan Guppy

Cara Memelihara Ikan Guppy – corak warna yang menarik pada ikan guppy menarik perhatian banyak pecinta ikan hias. Semakin langka dan semakin indah corak ikan guppy, akan semakin mahal pula harganya.

 

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui bagaimana cara memelihara ikan guppy, kami akan mengulasnya di bawah ini.

 

Siapkan Aquarium

 

Pertama, sobat harus menyiapkan aquarium yang cukup luas dan cukup untuk ikan berenang kesana kemari. Aquarium yang terlalu sempit dapat mengganggu pergerakan ikan dan membuatnya stres.

 

Buat Suasana di Aquarium Seperti Suasana di Alam Bebas

 

Sobat dapat menambahkan beberapa tanaman atau hiasan ke dalam aquarium. Namun untuk menambahkan tanaman sobat memerlukan keperluan khusus. Jika masih pemula, sobat dapat menggunakan tanaman plastik. Selain membuat aquarium terlihat lebih indah, tanaman dan hiasan ini dapat membuat hidup ikan lebih damai.

 

Atur Kualitas Air dengan Baik

 

Kualitas air juga berperan penting dalam keberlangsungan hidup ikan guppy. Ikan guppy sangat cocok hidup pada air bersuhu 25 sampai 28°c dengan pH 7,5 sampai 8.

 

Beri Makanan yang Cukup dan Bergizi

 

Selain memberi makan dengan cukup dan teratur, sobat juga harus memperhatikan gizi dari pakan yang diberikan. Karena makanan yang bergizi dapat mempercepat pertumbuhan dan membentuk corak warna pada ikan guppy. Jika ingin memberinya pakan hidup, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu agar tidak ada kotoran atau penyakit yang terbawa.

Baca Juga :  Penyakit Ikan Guppy

 

Ganti Air Aquarium Secara Teratur

 

Ikan guppy adalah ikan yang sangat sensitif terhadap air yang keruh dan kotor. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti air aquarium setiap 2 sampai 4 minggu sekali. So at juga dapat memasang filter aquarium untuk mencegah air aquarium cepat kotor.

 

Jangan Gabungkan Ikan Guppy dengan Ikan Predator

 

Ikan guppy merupakan ikan yang sensitif, terlebih lagi jika masih anakan. Maka dari itu, jangan sesekali menggabungkannya dengan ikan yang agresif karena akan membuat ikan menjadi stres dan berujung pada kematian. Menggabungkan ikan guppy dengan ikan predator juga berbahaya, karena ukurannya yang kecil, ikan malah akan menjadi santapan ikan predator.

 

Sobat dapat membaca cara memelihara ikan lainnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.